Agama Kabanjahe Retak

Kabanjahe |pa-kabanjahe.net (11/4/2012)
Sementra untuk kerusakan lainnya di daerah Kabupaten Karo belum diketahui.
Rapat Pengawasan dan Pemantapan Persiapan
Audit Kinerja Pengadilan Agama Kabanjahe
Gbr : Ketua PA Kabanjahe, Drs. Zulkifli Siregar, SH., MH
sedang menyampaikan arahannya.
Kabanjahe |pa-kabanjahe.net (11/04/2012).
Untuk mengevaluasi kerja dan pemantapan persiapan Audit Kinerja Reformasi Birokrasi di lingkungan Pengadilan Agama Kabanjahe, bertempat di ruang sidang Sibayak pada hari Rabu (11/04/2012) diadakan rapat koordinasi. Acara yang diikuti oleh Pimpinan, hakim, Panitera/Sekretaris dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Kabanjahe itu mengagendakan dua materi, yaitu penyampaian hasil pengawasan hakim pengawas bidang dan pemantapan dari persiapan menghadapi audit kinerja oleh Tim Quality Assurance (QA).
Rapat dipandu dan dibuka oleh Panitera/Sekretaris, Jasman, SH dimulai pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua Pengadilan Agama Kabanjahe (KPA), Drs. Zulkifli Siregar, SH., MH. Dalam kata pengarahannya, KPA menyampaikan beberapa hal diantaranya, bahwa seluruh tim yang ditunjuk untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan audit kinerja harus telah menyelesaikan tugas-tugas yang telah ditentukan. KPA lebih lanjut menyampaikan, bahwa seluruh pegawai harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan tepat waktu.
Selanjutnya KPA menyampaikan informasi, bahwa TQA akan berkunjung untuk melakukan audit di PN, PT, PTUN, PT TUN, PA dan PTA yang ada di Sumatera Utara tanggal 16 s.d 20 April 2012. Meskipun tidak semua peradilan akan dapat dikunjungi, namun seluruh pegawai harus siap untuk dikunjungi dan diaudit kenerjanya. Demikian KPA dalam arahannya. Sedangkan dalam bidang evaluasi hasil pengawasan oleh hakim pengawas bidang, KPA menyatakan terima kasih kepada seluruh hakim pengawas yang telah melaksanakan tugas pengawasan. Hasil pengawasan, demikian KPA, bukan ditujukan untuk mencari kesalahan, tetapi untuk mengetahui apakah ada kekeliruan dalam melkasanakan tugas, sehingga dapat dijadikan bahan untuk perbaikan pada hari-hari selanjutnya. Kemudian, kata KPA, hasil pengawasan harus menjadi perhatian agar tidak melakukan kekeliruan yang sama dalam bekerja.
Laporan pengawasan Hakim
Acara selanjutnya adalah penyampaian hasil pengawasan oleh hakim pengawas bidang yang di sampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Kabanjahe (WKPA), Drs. Muhammad Amin, SH.,MH, sebagai koordinator pengawasan. Dalam kesempatan tersebut dibacakan laporan hakim pengawas bidang yang terdiri dari bidang Administrasi persidangan dan pelaksanaan putusan, dengan hakim pengawas Drs. Maimuddin, bidang Administrasi Perkara, Ahmad Syafruddin, SH.I,. MH, bidang Administrasi Umum, Yulistia, SH., S.Sy., bidang Manajemen peradilan dan Kinerja Pelayanan Publik, Ibrahim Lubis, SH.I., MH, dan bidang Organisasi non Dinas, Fitri, SH.I.
Pegawai sedang mengikuti Rapat Koordinasi
Menurut laporan yang disampaikan oleh WKPA, pada bidang Administrasi persidangan dan pelaksanaan putusan, terdapat 14 perkara yang diperiksa yang pada umumnya kekeliruan terjadi akibat kurang telitinya majelis dan panitera pengganti serta kurang cepat dalam penyelesaian minutasi. Hal tersebut sebagian disebabkan karena ada yang berkaitan dengan belum sampainya PA lain, misalnya relaas-relaas yang belum diterima di Pengadilan Agama Kabanjahe.
Pada bidang Manajemen peradilan dan Kinerja Pelayanan Publik, dilaporkan oleh hakim pengawas, Ibrahim Lubis., SH.I., MH, bahwa untuk jabatan-jabatan struktural yang masih kosong agar segera diisi dengan mengusulkannya ke PTA Medan sedangkan untuk petugas pelayanan publi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya di bidang yang menyangkut Tupoksi Peradilan serta pelayanan kepada masyarakat.
Pada bidang Administrasi umum, Yulistia, SH., S.Sy., dalam laporannya menyampaikan agar semua kelengkapan yang berkaitan bidang umum lebih disempurnakan lagi. Untuk bidang Administrasi Perkara, Ahmad Syafruddin SH.I., MH, dan Bidang Organisasi non Dinas, Fitri, SH.I menyampaikan tidak terdapat temuan yang berarti karena petugasnya telah bekerja dengan maksimal. Demikian hasil laporan hakim pengawas bidang yang dilaporkan untuk periode triwulan pertama tahun 2012.
Adapun mengenai agenda pemantapan dalam persiapan audit kinerja, WKPA, dengan perkenan KPA, menyampaikan evaluasi akhir dari penyiapan dokumen ke delapan area dan khususnya stressing yang harus dilakukan segera diselesaikan.
Pada bagian tanya jawab, para pegawai diberi kesempatan untuk menyampaikan saran-saran, dan selanjutnya beberapa hakim dan pegawai telah menyampaikan berbagai masukan dan saran untuk kesempurnaan pelaksanaan tugas.
Diakhir acara rapat, KPA mengemukakan bahwa semua hasil evaluasi pengawasan serta evaluasi pemantapan persiapan audit kinerja harus segera ditindaklanjuti dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Selanjutnya acara rapat koordinasi ditutup tepat pukul 11.45 WIB. (ma)
Regularly Meeting di PA SIBOLGA
Sibolga, 27,30/3/2012 | pa-sibolga.net
Bertempat di ruangan sidang Pengadilan Agama Sibolga, tepat pukul 08.00 Wib, pada hari Selasa dan Jum’at , tanggal 27 Maret dan 30 Maret 2012, rapat koordinasi intern seluruh pegawai pengadilan Agama Sibolga yang dipimpin langsung oleh ketua PA Sibolga, Bapak Drs.Sahnan, SH,MH dan yang dimoderatori oleh Panitera Sekretaris Khamami, S.Ag, serta dihadiri oleh Wakil Ketua PA Sibolga Bapak Drs.Zulkarnain Lubis, Hakim PA Sibolga, Pegawai PA Sibolga serta pegawai Honorer PA Sibolga.
Dalam rapat koordinasi tersebut, banyak hal yang dibahas diantaranya membahas tindak lanjut hasil rapat-rapat minggu sebelumnya, serta tindak lanjut dari temuan hakim pengawas bidang, serta kendala-kendala dan masalah teknis maupun non teknis yang terjadi, baik di meja kerja kesekretariatan dan meja kerja kepaniteraan.
Dalam setiap rapat rutin ini, Ketua Pengadilan Sibolga dalam setiap pengambilan kebijakan kantor, atau pemecahan suatu masalah tidak serta merta otoriter dan atas kemauan sendiri, tetapi seluruh para bapak-bapak hakim dan pegawai PA Sibolga selalu dimintai sumbang sarannya, sehingga setiap rapat-rapat yang dilaksanakan selalu mendapatkan solusi yang berilian, tetapi ada juga masalah2 yang lainnya yang harus di fending pemecahannya.
Khusus untuk setiap hari Selasa, rapat koordinasi difokuskan pada pembahasan masalah kendala-kendala teknis yang ada pada meja kerja Kesekretariatan maupun meja Kepaniteraan serta pembahasan laporan pengawasan hakim . pejabat kesekretariatan dan pejabat kepaniteraan dipersilahkan oleh Ketua PA Sibolga untuk mengutarakan apa yang menjadi kendala dan menghambat kerja dimasing2 meja tugasnya, setelah penyampaian selasai, seluruh masalah yang ditampung dan untuk mencari solusinya masalah yang ada dilempar kepada forum rapat untuk dimintai sumbang sarannya terhadap permasalahan yang ada.
Dalam kesempatan rapat pada hari jumat, tanggal 30 Maret 2012 agenda rapat yang dibahas adalah rencana akan diadakan setiap hari Jumat diisi dengan Bintal (bimbingan mental) yang nantnya pematerinya diambil para Hakim dan Panitera Sekretaris Pengadilan, eksaminasi putusan, dan paling bersejarah pada moment ini yakni PENGENALAN SIADPA kepada seluruh Pegawai, dan Ketua Pengadilan Agama Sibolga yang langsung jadi pembicara utama dalam pengenalan SIADPA kepada selurah pegawai Pengadilan Agama Sibolga.
Dan didalam kesempatan ini pula, Bapak Ketua Pengadilan Agama Sibolga terus menghimbau kepada seluruh pegawai agar terus meningkatkan pemanfaatan Website dan pemanfaatan SIADPA agar lebih mempermudah dalam menyelesaikan perkara.
Di akhir penghujung acara, Ketua Pengadilan Agama menginggatkan kepada seluruh peserta rapat untuk selalu berinovatif dalam segala hal, dan jangan segan-segan untuk memberikan sumbang sarannya untuk kepentingan bersama dan selalu mengadakan koordinasi dengan seluruh pihak, tepat pukul 11.00 Wib, Panitera Pengadilan Agama Sibolga menutup acara rapat tersebut.
sumber: www.pa-sibolga.net (05/04/2012)
MENGGALI POTENSI DAN PENINGKATAN SDM DI PENGADILAN AGAMA BALIGE
Dalam kerangka pembinaan pengembangan Sumber Daya Manusia Pegawai di Pengadilan Agama Balige terhadap beban tugas dan tanggungjawab sekaligus untuk meminimalisir kekeliruan dan keterlambatan dalam pelaksanaan tugas dengan harapan bahwa sumber daya manusia (SDM) sekarang ini mampu untuk menjawab tantangan birokrasi. Drs. Mazharuddin, MH selaku Ketua Pengadilan Agama Balige menekankan kepada setiap Hakim dan Pegawai PA. Balige yang mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Medan maupun Mahkamah Agung wajib mensosialisasikan kepada seluruh Pegawai dan Honorer Pengadilan Agama Balige dari suatu ilmu yang didapatkan selama pelatihan tersebut.
Tuesday Meeting tanggal 27 Maret 2012 Pengadilan Agama Balige diisi dengan sosialisasi seluruh kegiatan pelatihan-pelatihan yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim dan Pegawai dalam paruh bulan Maret 2012, terdiri dari Bimtek yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua dan Hakim. SIMAK BMN yang diikuti oleh Kaur Keuangan dan Kaur Umum. Pelatihan Jurnalistik dan Website yang diikuti oleh Humas dan Admin IT/Wesite. Presentasi setiap kegiatan mendapat apresiasi yang cukup tinggi dari seluruh Pegawai dan Honorer Pengadilan Agama Balige, terukir dengan banyaknya tanggapan serta tanya jawab dari seluruh Pegawai dan Honorer.
Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Balige mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan supaya pengetahuan yang didapat semakin matang dalam bidang tugasnya dan seluruh Pegawai PA. Balige saling memahami dan mengerti bidang tugas lain selain tugasnya masing-masing.(Shalahudin).
(sumber : pa-balige.net)
Kegiatan Senam Pagi di PA Medan
Tampak seluruh Aparat Pengadilan Agama Medan sangat antusias dan semangat dalam mengikuti senam yang di koordinir oleh instruktur senam
Jum'at, 25 Mei 2012
Setiap orang memerlukan aktivitas fisik agar tetap bugar dan sehat. Kemajuan teknologi di era modern membuat kehidupan menjadi serba instan, disadari atau tidak hal ini berdampak negatif terhadap kesehatan. Duduk berlama-lama di depan PC, berkutat seharian dengan tugas-tugas kantor, kemana-mana menggunakan kendaraan bermotor, menyebabkan tidak adanya kesempatan bagi kita untuk melakukan aktivitas fisik. Padahal melakukan aktivitas fisik secara teratur minimal 30 menit per hari dapat memberikan efek positif bagi jantung dan paru-paru serta organ tubuh lainnya.
Jika tubuh tidak sehat dan sering sakit-sakitan tentu pekerjaan tidak akan tuntas, tidak bisa dilaksanakan dengan optimal, sehingga agenda kerja yang sudah dirancang sebelumnya tidak tercapainya. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita memberikan perhatian serius terhadap masalah ini.
Pengadilan Agama Medan menyiasati hal tersebut dengan melaksanakan senam aerobik setiap Jum'at pagi. Kegiatan yang dimulai jam 7.30 WIB dan berakhir jam 8.30 WIB ini diikuti oleh Pimpinan PA Medan dan seluruh pegawai PA Medan beserta cakim magang (mentee) yang baru-baru ini "berlabuh" di PA Medan. Rutinitas yang berdurasi lebih kurang satu jam tersebut berhasil membuat Pimpinan beserta pegawai PA Medan "banjir keringat".
Tampak beberapa Pegawai Pengadilan Agama Medan sedang ria gembira menikmati sabu (sarapan bubur) seusai senam yang lumayan letih
KPA Medan, WKPA, Panitera, Hakim beserta seluruh pegawai dan staff tampak sangat menikmati aktivitas fisik tersebut. Memang jauh-jauh hari KPA Medan Drs. H. Mohd. Nor Huldrien, SH, MH sudah menginstruksikan agar setiap Jum'at pagi pegawai PA Medan dapat melakukan aktivitas fisik, sebab olahraga yang teratur akan menimbulkan dampak positif bagi tubuh, dan pikiran yang sehat juga terdapat pada fisik yang sehat dan bugar.
Kegiatan ini semakin lengkap rasanya dengan aroma bubur kacang hijau yang menggugah selera, sarapan pagi yang memang khusus disediakan bagi Pegawai PA Medan secara cuma-cuma ini, memang sangat lezat jika dinikmati secara "berjamaah", apalagi setelah menjalani aktifitas fisik yang menyenangkan. (Fathurrizqi)
(sumber : pa-medan.net(25/05/12))