Kunjungan Mahasiswa Program Pasca Sarjana Universitas Sain Malaysia
Medan, 12/04/12
Sejumlah 50 orang rombongan mahasiswa pasca sarjana S2 dan S3 Universitas Sains Malaysia yang dipimpin Pengasuh Program Studi Isdev Universitas Sains Malaysia Prof. Dr. Mhd. Syukri Salleh, Kamis siang (12/4/12) melakukan kunjungan silaturrahmi ke Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Utara di Jalan Kapten Sumarsono 12 Helvetia Medan.
Kunjungan tersebut diterima Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sumut Drs. H. Soufyan M Saleh, SH, Wakil Ketua PTA Medan Drs. H. Syahron Nasution, SH, MH, Hakim Tinggi dan Pejabat PTA Medan, kunjungan ini merupakan lawatan para mahasiswa ke Medan sembari melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan di UMSU yaitu Wokshop dan seminar serta tukar menukar informasi.
Hadir pada acara silaturrahmi tersebut Wakil Rektor IV UMSU Dr. H. Suhrawardi K Lubis, SH, S.pN dan Dekan Fakultas Hukum UMSU M. Farid Wajdi, SH. M. Hum, beberapa Ketua Pengadilan Agama wilayah I seperti Medan, Binjai, Kabanjahe dan beberapa undangan lainnya.
Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Utara Drs. H. Soufyan M Saleh, SH dalam sambutannya memperkenalkan etnis dan budaya di Sumatera Utara dengan berbagai suku. Selain itu juga memaparkan keadaan geografis serta memaparkan profil Pengadilan Agama se Sumatera Utara.
Sementara Pimpinan Rombongan Universitas Sains Malaysia Prof.Dr.H.Muhammad Syukri dalam sambutannya mengatakan rombongan mahasiswa USM berkunjung ke Medan dikejutkan dengan terjadinya gempa bumi yang menggoncangkan kota Medan tapi syukur peristiwa gempa yang begitu kuat tersebut tidak banyak kerusakan dan tidak ada menimbulkan korban jiwa.
Lanjutnya; “kunjungan ini adalah sebagai wahana menambah wawasan dan tukar-menukar informasi serta memperdalam ilmu pengetahuan dan bersilaturrahmi, apalagi di Malaysia juga ada Pengadilan Tinggi Agama yang biasa disebut Mahkamah Tinggi Syariah yang sumber hukumnya sama dengan yang ada di Indonesia yaitu Hukum Islam.
Setelah kata sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan menyerahkan Cendramata beruapa piagam ucapan terima kasih dan buku berjudul “Ulama Di Mata Ummat, Hakim Di Mata Hukum (sebuah kenangan ketika Ulama memimpin Pengadilan ) dan buku Pintar Tehnis Yustisial Dalam Praktek Peradilan Agama yang dibuat dan disusun Pengadilan Tinggi Agama Medan.
Acara diakhiri dengan makan siang bersama dan ramah tamah. (bahar)
Penyusunan Program dan Anggaran Tahun 2013
MA RI dengan 4 Lingkungan Peradilan
Medan, 13-15 April 2012
Bertempat di Sibayak Hotel Berastagi, Rabu, 13 April 2012 dilaksanakan Penyusunan Program dan RKA-KL Tahun 2013 Mahkamah Agung RI dengan 4 lingkungan Peradilan. Acara ini dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi MA RI, Ketua Pengadilan Tingkat Banding dari 4 Lingkungan Peradilan, Panitera/Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dari 4 lingkungan peradilan, beberapa Ketua dari lingkungan PT Medan dan PTA Medan dan para peserta kegiatan. Peserta kegiatan ini adalah KPA, PPK dan operator RKA-KL dari 4 Lingkungan Peradilan.
Dalam laporan panitia, Tjatur Wahyoe, B.Sp, SH, M.Hum, menyampaikan agar para peserta kegiatan disiplin dan dengan sungguh-sungguh agar dalam merencanakan kegiatan tahun 2013 tidak salah sasaran. Dan pada kegiatan ini, Ketua PT TUN Medan, Arpani Mansur, SH, MH, berkesempatan untuk membuka secara resmi. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Drs. H. Bahrin Lubis , SH, MH (Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi MA RI), Titi Suprapti, SH, MM, Emie Yuliati, SE, ME, dan Adriansjah dari Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan. Materi yang disampaikan adalah: Kebijakan PT/PTA/PTTUN/Militer; Kebijakan Pengawasan Anggaran; Sosialisasi RKA-KL Tahun 2013; Penjelasan dan Penyusunan TOR (Penyusunan dan Acuan Kerangka Kerja) dan RAB (Rincian Anggaran Biaya); Penjelasan Revisi; Kebijakan dan Penjelasan Penyusunan Anggaran Tahun 2013.
Kemudian peserta menyusun anggaran tahun 2013 pada aplikasi RKA-KL yang dibimbing oleh H. Syahwan, SH, MH. Pada penutupan acara Panitera/Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan, Tukiran, SH, menyampaikan bahwa pada dasarnya kegiatan ini merupakan pelatihan penyusunan RKA-KL karena pada penyusunan anggaran tahun 2012 setiap satker masih mengalami berbagai permasalahan, dan diharapkan untuk penyusunan program dan anggaran tahun 2013 ini tidak lagi mengalami masalah karena Tim Biro Perencanaan dan Organisasi MA RI akan melakukan asistensi terhadap perencanaan program tahun 2013. System anggaran haruslah benar-benar kuat sehingga membantu tim untuk menyampaikan usulan rencana program dan anggaran yang akan memberikan dampak positif seperti apa yang kita harap dan rencanakan. (zul/ty)
Sosialisasi Dan Supervisi Reformasi Birokrasi pada 4 Lingkungan Peradilan se SUMUT
Medan | pta-medan.go.id (03/04/12)
Berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 118-1/SEK/KU.01/3/2012 tanggal 19 Maret 2012 perihal kunjungan Sosialisasi dan Supervisi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, maka pada hari Senin 02/04/2012 telah terlaksana acara sosialisasi dan supervisi dimaksud. Bertempat di aula Pengadilan Tinggi Medan, Jln.Pengadilan No.10 Medan, acara tersebut berlangsung secara maraton dari pagi hingga menjelang sore hari. Sekeretaris Mahkamah Agung RI, Bapak Nurhadi SH, MH, yang didampingi oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi MA RI, Bapak H. Bahrin Lubis SH, MH, terjun langsung menyampaikan materi sosialisasi dan supervisi Reformasi Birokrasi itu. Acara dihadiri oleh Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding , para Hakim Tinggi serta Ketua dan Panitera/Sekretaris empat lingkungan Pengadilan se Sumatera Utara.
Acara dimulai dengan laporan Ketua Pengadilan Tinggi Medan, ibu Dr. Hj. Marni Emmy Mustafa, SH, MH. Beliau menyampaikan bahwa Reformasi Birokrasi menyangkut aspek yang luas, mulai dari Informasi Teknologi (IT) hingga nantinya sampai kepada pengelolaan register perkara tidak dengan cara manual lagi, tapi semuanya sudah komputerisasi. Problem di lingkungan Pengadilan Tinggi Medan antara lain adalah kurangnya tenaga IT.
Dalam paparannya, Sekretaris Mahkamah Agung, yang baru menjabat selama dua bulan, menyampaikan bawa ia telah mencoba melakukan beberapa perubahan, antara lain penataan gedung, penertiban kenderaan dinas dan performa karyawan dalam dinas. Secara panjang lebar disampaikan tentang bagaimana seharusnya semua jajaran Mahkamah Agung, dari pusat sampai ke daerah, melaksanakan program Reformasi Birokrasi dengan baik. Dalam waktu dekat akan dilakukan audit kinerja oleh tim Reformasi Birokrasi Nasional (Tim Penjamin Kwalitas/Quality Assurance) yang dikoordinasikan oleh Kantor Wakil Presiden ke satker-satker di lingkungan Mahkamah Agung dari pusat sampai ke daerah. Untuk itu diharapkan semua unsur pimpinan dan jajaran Mahkamah Agung dapat mempersiapkan diri menyambut tim audit tersebut di satkernya masing-masing.
Agar antisipasi masalah ini dapat dilakukan dengan baik, para pimpinan satker dapat mengunduh bahan Reformasi Birokrasi di halaman depan website PTA Medan, di http://pta-medan.go.id.
Sekretaris MA RI juga Mampir ke PTA Medan
Hari yang sama pukul 16.00 WIB, Sekretaris MA RI dan rombongan juga menyempatkan mampir ke Pengadilan Tinggi Agama Medan. Bapak KPTA Medan menyambut dengan berbangga hati. Selain mendengar arahan dan bimbingan dari Bapak Sekretaris MA RI, dala kesempatan tersebut Bapak KPTA Medan secara resmi memberikan Buku “House of Justice Museum, Museum Rumah Keadilan, The First and The Only One in Indonesia”.
(Syafriana, Busra)
Tindak Lanjut Program Penghijauan di PA se Sumut
Perjanjian Kontrak Kinerja PA se Sumut
Penandatangan Perjanjian Kontrak Kinerja Ketua dan Pansek PA se Sumut
Medan, 2 April 2011 | pta-medan.go.id
Sebagai tindak lanjut hasil rapat tim pengelola dan pembinaan website PTA Medan serta tim SIADPA PTA Medan dan PA se Sumut, maka pada Selasa, 27 Maret 2012, di aula PTA Medan, Ketua dan Panitera/Sekretaris PA se Sumut telah menandatangani perjanjian kontrak kinerja.
Surat kontrak kinerja tersebut adalah perjanjian dalam upaya mengoptimalkan penerapan implementasi SIADPA dan SIADPA Plus secara efektif, yang merupakan optimasi administrasi perkara. Kontrak kinerja itu juga dimaksudkan agar seluruh PA se Sumatera Utara, selalu secara terus menerus mengupdate menu-menu website Pengadilan Agama sebagaimana ketentuan menu terbaru yang telah ditetapkan oleh Ditjen Badilag dan PTA Medan. Diharapkan Ketua, Wakil Ketua dan Panitera/Sekretaris secara aktif melakukan supervisi evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap capaian kinerja dari perjanjian ini serta mengambil tindakan yang diperlukan dalam rangka pemberian penghargaan dan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Waka dan Pansek PTA Medan dalam memonitoring info perkara PA se Sumut infoperkara.badilag.net
Surat ini adalah bentuk keseriusan semua pihak dalam mendorong dan mengupayakan transparansi informasi perkara masing-masing satker yang berbasis teknologi. Surat kontrak kinerja ini ditandatangani oleh Ketua dan Pansek PA se Sumut dan diketahui oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Pada waktu kontrak kinerja ini ditandatangani ternyata 80 persen PA se Sumatera Utara ternyata telah menunjukkan komitmen yang positif, dan ini terbukti dengan telah menghijaunya data PA se Sumatera Utara di portal infoperkara.badilag.net. Pada foto di atas kelihatan sekali seriusnya Panitera/Sekretaris PA Medan, H. Hilman Lubis SH menandatangani surat kontrak kinerja dimaksud.
(busra/zul).
Konsolidasi dan Asistensi SAKIP Pada Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama se SUMUT Tahun 2012
Medan, 27-29 Maret 2012
Berdasarkan surat Kepala Badan Urusan Administrasi MA RI Nomor : 20d/BUA/OT.01.2/I/2012 tanggal 24 Januari 2012, dilaksanakanlah Konsolidasi dan Asistensi SAKIP Tahun 2012 Pada Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama se SUMUT Tahun 2012 yang dilaksanakan pada tanggal 27 s/d 29 Maret 2012 bertempat di Hotel Grand Antares Medan.
Adapun jumlah peserta sebanyak 102 orang terdiri dari 6 orang dari Pengadilan Tinggi Medan, 2 orang dari Pengadilan Tinggi Agama Medan, 2 orang dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan, 49 orang dari Pengadilan Negeri se Sumatera Utara, 40 orang dari Pengadilan Agama se Sumatera Utara dan 3 orang dari Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.
Tjatur Wahjoe, B.S.P, SH, M.Hum, sebagai Ketua Panitia menyampaikan laporannya bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah berdasarkan Inpres Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Pada 4 lingkungan peradilan se Sumatera Utara ini masih banyak kekuarangan dalam bidang SDM, maka harus bekerja sebaik-baiknya lebih baik dari tahun lalu untuk mengejar ketertinggalan dari instansi-instansi lain.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua PT Medan, Dr. Hj. Marni Emmy Mustafa, SH. MH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Agenda reformasi menghendaki adanya perwujudan tata kelola pemerintahan yang bersih (clean government) dan baik (Good government), seluruh pejabat publik termasuk pejabat lingkungan kekuasaan kehakiman yaitu Mahkamah Agung RI dan Badan-badan yang ada dibawahnya, diwajibkan dapat menerapkan asas-asas pemerintahan yang baik dan bersih dalam setiap perbuatan/ tindakan hukum dan/ atau mengambil keputusan pemerintahan.
Lebih lanjut Ketua PT menyampaikan, pentingnya memahami good government, agar masyarakat mengetahui bahwa tolak ukur yang diperlukan guna menilai kinerja para pegawai, kemudian didayagunakan secara efektif, melaksanakan kontrol sosial secara optimal, sehingga diperlukan pengembangan dan penerapan suatu sistem pelaporan pertanggung-jawaban instansi pemerintah yang tepat, dan akurat sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan dapat berdaya guna dan bertanggung jawab serta bebas KKN.
Adapun Narasumber kegiatan ini adalah Bapak Dodo Suganda, S.H., M.Pd., (Kabag Evaluasi dan Pelaporan Biro Keuangan MARI) Nursani, S.H., (Kabag Penyelenggara Program Biro Perencanaan MA RI). Cakupan materi yang disampaikan narasumber adalah Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Renstra sebagai salah satu unsur dari Reformasi Birokrasi; Rencana, Penyusunan Rencana dan Penyusunan Penetapan Kinerja; dan Penyusunan LAKIP.
Acara yang berlangsung selama 3 hari ini bertujuan agar setiap satker dapat menyusun LAKIP dengan baik sesuai dengan Renstra, Penetapan Kinerja serta Rencana Kerja yang telah disusun di awal tahun.
(zul/ty)