1

Sedikit berbeda pagi ini dengan hari-hari biasa Pengadilan Tinggi Agama Medan pada Senin, 22 Oktober 2018 lalu. Beberapa orang pegawai dan tenaga honorer sibuk mengangkat TV berukuran 60 inchi yang seyogyanya berada di ruang rapat, untuk diletakkan di lobby bawah gedung Pengadilan Tinggi Agama Medan. Beberapa kursi dari ruangan pun dikeluarkan untuk disusun di lobby bawah tersebut.

Tim teknologi informasi tampak sibuk mengecek dan menstabilkan koneksi internet untuk sebuah laptop yang terhubung ke TV tersebut. Setelah semua terkoneksi dengan baik, 15 menit menuju pukul 9 WIB, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. H. Ahsin Abdul Hamid, S.H.; Hakim Tinggi, pejabat, pegawai dan tenaga honorer Pengadilan Tinggi Agama Medan tampak memenuhi lobby bawah tersebut.

Peresmian 85 pengadilan baru di ujung utara Indonesia: Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud disaksikan langsung dari kota Medan yang berada di belahan selatan Selat Malaka secara langsung melalui akun Youtube resmi Mahkamah Agung RI pada tautan: https://www.youtube.com/watch?v=KNbWd3C84uk. Tepat pukul 9:00 WIB atau 10:00 WITA di Kepulauan Talaud acara peresmian pun dimulai.

2

Acara utama yang berdurasi kurang lebih satu jam ini disaksikan dengan penuh antusias oleh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan yang berhadir. Walaupun ada beberapa kendala yang ditemukan saat live streaming ini, seperti suara dan gambar yang kurang sinkron, namun secara keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar. Selama acara, di berbagai kesempatan terlihat juga melalui layar kaca Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. yang hadir di acara tersebut. Beliau bertolak dari Bandar Udara Internasional Kualanamu menuju Kepuluan Talaud pada hari Jum’at 19 Oktober 2018.

3   4

Acara peresmian 85 pengadilan baru kali ini memiliki arti tersendiri bagi Pengadilan Tinggi Agama Medan dan Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara. Karena setelah penantian panjang semenjak diterbitkannya Keputusan Presiden RI no. 15 tahun 2016, akhirnya dua satuan kerja baru Pengadilan Agama di Provinsi Sumatera Utara pun diresmikan; yaitu Pengadilan Agama Sei Rampah yang berwilayah yurisdiksi Kabupaten Serdang Berdagai; dan Pengadilan Agama Sibuhuan yang berwilayah yurisdiksi Kabupaten Padang Lawas.

Di akhir acara, Drs. H. Ahsin Abdul Hamid, S.H. mengapresiasi kerja keras tim di Mahkamah Agung RI yang telah berhasil menyiarkan acara ini secara langsung dari Kepulauan Talaud yang berjarak sekitar 3.000 km dari kota Medan, dan berharap semoga pada event-event besar berikutnya dapat disiarkan langsung seperti ini dengan hasil yang lebih baik lagi. (ap)

  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg
  • 976-s-rokhanah.jpg
  • 977-s-zainullah.jpg
  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png