Pengadilan Tinggi Agama Medan melaksanakan pelatihan service excellent bagi petugas PTSP, Security dan Driver serta Cleaning Service. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan agar Security, Petugas PTSP, driver dan petugas cleaning service dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan benar sehingga memberikan pelayanan yang prima.
Pelatihan service excellent ini dilaksanakan di Kantor Pengadilan Tinggi Agama Medan pada hari Kamis, tanggal 22 Mei 2025 mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.30 WIB. Hadir dalam acara tersebut yaitu Wakil Ketua PTA Medan Dra. Hj. Rosliani, S.H., M.A., Panitera PTA Medan, Heri Eka Siswanta, S.H., M.H. Sekretaris PTA Medan H.Hilman LUbis, S.H., M.H. dan Panmud Hukum Amrani, S.H., M.M. dan para peserta pelatihan service excellent terdiri dari Satpam 4 orang, Petugas PTSP, 4 orang, Driver 4 orang dan Petugas pramubakti/cleaning service 4 orang.
Wakil Ketua PTA Medan Dra. Hj. Rosliani, S.H., M.A., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya service excellent dalam melayani masyarakat yang datang ke PTA Medan, baik sebagai tamu, atau pencari keadilan, atau Pemohon informasi maupun yang mengajukan keluhan/pengaduan semua harus dilayani dengan sebaik-baiknya. Oleh karenanya pelatihan pelayanan prima ini sangat penting. Dalam Latihan ini para petugas layanan akan diberikan bimbingan bagaimana cara melayani, bagaimana cara menyambut tamu, bagaimana cara bersikap dan bagaimana cara berbicara sehingga masyarakat yang dilayani merasa senang dan puas dengan layanan kita.
Sekretaris PTA Medan juga memberikan arahan kepada peserta pelatihan pentingnya sikap profesional dalam menjalankan tugas baik sebagai Satpam/Security, Petugas PTSP, Driver maupun Petugas Cleaning service. Bahkan Sekretaris menilai kinerja Security dalam mengatur keamanan keluar masuk kenderaan di PTA Medan belum maksimal masih banyak yang harus diperbaiki dan dipelajari. Demikian juga petugas lainnya termasuk supir, petugas PTSP dan Cleaning service .
Sementara itu Hadi Eka Siswanta, S.H., M.H. menyampaikan memberikan bimbingan, bahwa para peserta harus mengerti bagaimana cara melayani, dan mengerti tugas dengan baik, memperbaiki mindset, mempunyai sikap mental yang gentlemen, mempunyai empati dan kepedulian yang besar.
Pemateri tentang cara bersikap dan cara berbicara dengan menerapkan pola 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) disampaikan oleh Renny Suratman, Amd (mantan pegawai Bank Sumut) dan Dwi Bunga Anggraini, S.H. (mantan Pegawai BRI). Mereka berkolaborasi menyampaikan materi baik secara teori maupun praktik. Dan diakhir acara diberikan doorprice bagi peserta yang beruntung.