Bertempat di Aula Lantai tiga Pengadilan Tinggi Agama Medan, dilaksanakan Rapat Rencana Kerja Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bersih dan Melayani (WBBM) pada hari Senin tanggal 26 Februari 2024 dimulai pada pukul 09.00 Wib setelah acara Pembinaan Mental PTA Medan. Rapat dihadiri oleh Seluruh Aparatur dan PPNPN pada Pengadilan Tinggi Agama Medan. Rapat ini dilaksanakan berdasarkan Surat Undangan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Nomor 239/KPTA.W2-A/UND.OT1.6/II/2024 tanggal 23 Februari 2024.

Dalam arahannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Dr. H. Zulkifli Yus, M.H. menyampaikan bahwa pada hari ini kita akan melaksanakan Sosialisasi Rencana Kerja Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama Medan Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kita sudah meraih WBK dengan perjuangan yang sangat berat, oleh karena itu mari kita buktikan bagaimana kita bekerja di Satker yang sudah meraih prestasi WBK. Kita harus meningkatkan disiplin kerja secara terus menerus. Rencana Kerja merupakan acuan kinerja yang digunakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Medan untuk Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi ini harus dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan seperti birokrasi yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi; birokrasi yang efektif dan efisien; dan birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas. Birokrasi sebagai pelaksana tugas pemerintah terus melakukan perubahan dalam mencapai sasaran Reformasi Birokrasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Agar masyarakat merasakan hasil percepatan Reformasi Birokrasi yang telah dilakukan pemerintah, terutama pada unit kerja, Pembangunan Zona Integritas dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas. Dengan demikian pembangunan Zona Integritas menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan.

Acara dilanjutkan sosialisasi Rencana Kerja Pembangunan ZI menuju WBBM Tahun 2024 pada Pengadilan Tinggi Agama Medan oleh Drs. H. Alaidin,  M.H. Wakil Ketua PTA Medan selaku Ketua Pembangunan Zona Integritas PTA Medan. Ketua Pembangunan ZI manyampaikan Rencana Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dilakukan Ikrar/Komitmen Bersama Pengadilan Tinggi Agama Medan dengan penandatanganan Naskah Ikrar Bersama (Naskah Perjanjian dan Penandatanganan Pakta Integritas seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Medan. Langkah Aksi yang harus kita lakukan yang Pertama : menyusun Rencana Kerja Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kedua : Menetapkan Rencana Kerja Pembangunan Zona Integritas dalam bentuk Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Ketiga : Mensosialisasikan rencana kerja Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Tinggi Agama Medan. Keempat : Mensosialisasikan rencana kerja Pembangunan Zona Integritas kepada masyarakat / Stakeholder dan Kelima : Membuat laporan sosialisasi Zona Integritas. Ketua Pembangunan ZI agar Rencana Kerja Tahun 2024 dilaksanakan oleh segenap aparatur Pengadilan Tinggi Agama Medan yang telah berkomitmen penuh, ZI bukan kerja tim, tim hanya mengumpulkan dokumen/eviden.

Terakhir Narasumber menyampaikan bahwa Integrity atau integritas diartikan sebagai sikap ataupun budaya yang menunjukkan konsistensi antara perkataan dan perbuatan serta sikap untuk menolak segala tindakan tercela yang dapat merugikan diri dan instansinya.

Demikian Rapat Rencana Kerja Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bersih dan Melayani (WBBM) semoga Pengadilan Tinggi Agama Medan dapat mempertahankan predikat WBK dan menuju predikat WBBM Tahun 2024. (tsf)

  • 781-s-imbalo-rev.jpg
  • 782-s-kaloko-rev.jpg
  • 783-s-erpidesrina-rev.jpg