1

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, H. Sahrudin, melepas jamaah calon haji di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Medan yang akan menunaikan rukun Islam kelima tahun ini. Pelepasan jemaah calon haji berlangsung di Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan, Senin (22/5).

Pada musim haji tahun 2023 M/1444 H ini, sebanyak dua orang  aparatur Pengadilan Tinggi Agama Medan memenuhi panggilan untuk menunaikan ibadah haji. Kedua tamu Allah tersebut adalah Zulkifli Siregar (Hakim Tinggi) dan Khairuddin (Sekretaris). Keduanya berangkat haji didampingi isteri masing-masing.

2

Turut hadir pada pelepasan tersebut antara lain para Hakim Tinggi, pejabat struktural/fungsional, pegawai dan PPNPN Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Acara yang dipandu oleh H. Amrani (Panmud Hukum), diawali dengan lantunan kalam Ilahi yang dibacakan oleh Jamalauddin (Panitera Pengganti).

Dalam sambutannya, Zulkifli Siregar mengucapkan terimakasih atas diselenggarakannya acara ini. Selaku jemaah calon haji, beliau menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan dan memohon do’a dari seluruh hakim dan pegawai. “Izinkan saya beserta isteri memohon doa supaya perjalanan ibadah kami lancar dan tanpa ada halangan berarti,” harapnya.

Hal senada disampaikan oleh Khairuddin. “Dalam kesempatan yang baik ini, saya beserta istri mengharapkan doa dari Bapak dan ibu semoga kami diberikan kesehatan selama menjalankan ibadah haji dan mendapatkan haji yang mabrur,” ujarnya.

3

Sementara itu, dalam bimbingan dan arahannya, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan berpesan kepada jemaah calon haji, mengingat dalam menjalankan rukun Islam yang ke lima ini membutuhkan aktifitas yang cukup berat maka beliau berpesan agar para jamaah calon haji bisa menjaga kesehatan selama berada di tanah suci dan tetap fokus di dalam beribadah. “Dengan cara khusu (pasrah) dan semata-mata didasari mencari dan mendapatkan ridho Ilahi”, pintanya.

Acara pelepasan jemaah calon haji ini juga diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh al-ustaz H. Syofyan Sauri. “Berusahalah untuk mendapatkan haji yang mabrur, sebab haji mabrur itu balasannya tak lain adalah surga” demikian pesan Syofyan Sauri mengawali ceramah.

Menurut H. Syofyan Sauri, untuk mendapatkan haji yang diterima Allah SWT tidaklah mudah, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dalam artian menjauhi perbuatan fasik selama mengerjakan ibadah haji khususnya saat beriharam.

6 7

Jika ingin mendapatkan haji yang diterima, hendaknya meninggalkan perbuatan yang tidak diridhai Allah SWT selama menunaikan ibadah haji,” pungkasnya.

Usai menyampaikan ceramah, H. Soufyan Sauri langsung memimpin do’a selamat bagi kedua jemaah calon haji.

Untuk diketahui, Zulkifli Siregar tergabung dalam kloter 3 Embarkasi Medan asal Kabanjahe Kabupaten Karo yang akan berangkat pada tanggal 26 Mei 2023, sedangkan Khairuddin tergabung dalam kloter 9 Embarkasi Aceh yang akan berangkat pada tanggal 1 Juni 2023.

4

Akhirnya, acara ditutup dengan ucapan selamat jalan dan bersalam-salaman dari seluruh hakim dan pegawai, diiringi dengan lantunan talbiyah.

Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak".

Selamat jalan Dhuyufurrahman, semoga dapat menjalankan prosesi ibadah haji dengan baik dan menjadi haji mabrur. (Nas)

  • 781-s-fakhruddin.jpg
  • 782-s-mnasri.jpg
  • 783-s-arief.jpg
  • 784-s-tiwi.jpg
  • 785-s-anang.jpg
  • 786-s-ramadhan.jpg