dp1

Ketua PTA Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H. ditetapkan sebagai salah seorang penguji disertasi (tertutup) di UIN Sumatera Utara. Hal ini sebagaimana tertuang dalam surat Direktur Pascasarjana UIN SU yang menetapkan Tim Pengujui sebanyak 5 (lima) orang yaitu Prof. Dr. Hasan Bakti Nasution, M.A. sebagai Ketua Sidang. Dr. Phil. Zainul Fuad, MA sebagai Sekretaris Sidang. Prof. Dr. Pagar, M.Ag sebagai Promotor/Penguji.  Dr. Budi Sastra Panjaitan, S.H., M. Hum sebagai Promotor/Penguji. Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H. sebagai penguji eksternal serta Dr. Fauziah, M. Hum dan Dr. Zulham, M. Hum masing-masing sebagai penguji Internal. Ujian disertasi tersebut dialaksanakan di UIN Sumatera Utara pada hari Selasa tanggal 9 Mei 2023.

Mahasiswi yang diuji adalah Helmilawati,  Program Studi Hukum Islam dengan Judul Disertasi “Perlindungan Hak-Hak Perempuan Dalam Gugatan Perceraian Pada Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Medan”. Helmilawati sendiri sekarang ini menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Kisaran.2

Adapun yang meminpin ujian Disertasi tersebut adalah Direktur Pascasarjana UIN Sumatera Utara Prof. Dr. Hasan Bakti Nasution, M.A. Ujian berlangsung selama lebih kurang satu setengah jam dan hasil dari ujian Disertasi ini, Helmilawati dinyatakan lulus dengan memuaskan. Bagi Helmilawati sendiri diberikan waktu untuk melakukan perbaikan atas pertanyaan-pertanyaan maupun saran dari para penguji paling lama 6 (enam) bulan. “Ibu Helmilawati dinyatakan lulus dengan nilai memuaskan dan diberi waktu untuk melakukan perbaikan selama 6 (enam) bulan, tapi lebih cepat lebih baik,” ungkap Direktur Pascasarjana UIN SU Prof. Hasan Bakti Nasution ketika mengumumkan hasil ujian tersebut.

Ketua PTA Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H. merasa bersyukur atas ikut sertanya sebagai salah seorang penguji dalam ujian Disertasi di UIN Sumatera Utara. Apatah lagi, Mahasiswi yang diuji tersebut adalah warga PA dan merupakan bawahannya. Oleh sebab itu, dirinya bersemangat dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada calon doktor tersebut. “Saya senang menjadi salah seorang penguji Disertasi ini karena Mahasiswinya adalah generasi penerus dan sebagai pimpinan PA,” ujarnya tersenyum.

Dirinya berharap, Helmilawati segera maju dalam ujian Disertasi terbuka sebagai wujud promosi Doktor sehingga bertambah Hakim PA yang berpredikat Doktor di lingkungan PTA Medan. Selain itu, ungkapnya lagi, bagi Mahasiswa yang sedang menulis Disertasi supaya segera menyelesaikannya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. “Saya harap Helmilawati segera menyelesaikan perbaikan-perbaikan Disertasinya supaya dapat ujian Disertasi terbuka atau promosi Doktor dalam waktu yang tidak lama lagi,” ungkapnya memotivasi. (ahp)  

  • 779-s-alaidin.jpg
  • 780-s-sahrudin.jpg
  • 781-s-fakhruddin.jpg
  • 782-s-mnasri.jpg
  • 783-s-arief.jpg
  • 784-s-tiwi.jpg
  • 785-s-anang.jpg
  • 786-s-ramadhan.jpg