Purnabakti1

Ketua PTA Bandung Dr. H. Samparaja, S.H., M.H. dan Ketua PTA Bali Drs. H. M. Shaleh, M. Hum memasuki pensiun atau purnabakti bulan Mei 2023 karena telah genap berusia 67 tahun. Sebagaimana biasa, setiap Ketua Pengadilan Tingkat Banding memasuki purnabakti, maka Ketua Mahkamah Agung RI YM. Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H. M.H. melepas secara resmi dalam suatu upacara purnabakti.

Upacara purnabakti Ketua PTA Bandung H. Samparaja dan Ketua PTA Bali H. M. Shaleh dilaksanakan pada hari Rabu (03/05) tersebut selain dihadiri Ketua MA YM YM Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. beserta istri, juga dihadiri Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. beserta istri, Ketua Kamar Agama Prof. Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. beserta istri dan Panitera MA Dr. Ridwan Mansyur, S.H.,M.H. serta Sekretaris MA sekaligus Plt Dirjen Badilag Prof. Dr. H. Hasbi Hasan, S.H., M.H.

Ketua PTA Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H. bersama dengan Wakil Ketua Drs. H. Sahrudin, S.H., M.H.I. dan segenap hakim tinggi mengikuti upacara purnabakti yang dimulai pada pukul 10.00 Wib secara virtual di command center.

Purnabakti2

Ketua PTA Bandung H. Samparaja mengawali karir sebagai CPNS di PA Serui tahun 1984. Selanjutnya, beliau meniti karir sebagai hakim dan pimpinan pengadilan dan terakhir sebagai Ketua PTA Bandung sejak Februari 2022 sampai pensiun. Sementara itu, Ketua PTA Bali H.M. Shaleh memulai karir sebagai CPNS tahun 1982 di PA Bawean. Beliau berpindah dari satu daerah ke daerah yang lain dan terakhir bertugas di PTA Bali sebagai Ketua sejak Desember 2022 yang lalu. Dan beliau adalah Ketua pertama PTA Bali sejak diresmikan Desember 2022.

Dalam kata sambutannya, Ketua MA YM H. Muhammad Syarifuddin menyampaikan selamat dan sukses kepada H. Samparaja dan H.M. Shaleh yang telah berhasil menyelesaikan pengabdian di lingkungan peradilan agama dengan selamat tanpa ada catatan noda sedikitpun. Disebutkan oleh YM H. Muhammad Syarifuddin, bahwa jabatan Ketua PTA yang diemban H. Samparaja dan H.M. Shaleh selama ini tergolong karir yang sukses. Sebab, urainya memberi alasan, para Wisudawan dapat menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya sampai memasuki pensiun hari ini.

“Atas nama pimpinan MA, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Bapak H. Samparaja dan Bapak H.M. Shaleh yang telah sukses meniti karir selama ini semoga pengabdian tersebut menjadi amal ibadah,” ujar Ketua MA YM H. Muhammad Syarifuddin.

Dalam sambutannya,  Ketua MA YM H. Muhammad Syarifuddin mengutip ayat suci al-Qur’an maupun Hadits, antara lain ayat al-Qur’an yang artinya setiap orang yang beramal kebajikan akan melihat nilai pahalanya sekalipun sebiji zarroh. Oleh karena kegiatan acara purnabakti Ketua PTA Bandung dan Ketua PTA Bali dilakukan secara virtual, maka semua prosesi dilaksanakan oleh Wakil Ketua PTA masing-masing seperti pelepasan kalung jabatan dan pemberian vandel MA.

Acara yang sakral tersebut diakhiri dengan kirab Ketua PTA Bandung H. Samparaja dan Ketua PTA Bali H.M. Shaleh bersama istri yang diikuti hakim tinggi dan Ketua PA dalam wilayah PTA Bandung dan Ketua PA dalam wilayah PTA Bali. (ahp)

 

  • 779-s-alaidin.jpg
  • 780-s-sahrudin.jpg
  • 781-s-fakhruddin.jpg
  • 782-s-mnasri.jpg
  • 783-s-arief.jpg
  • 784-s-tiwi.jpg
  • 785-s-anang.jpg
  • 786-s-ramadhan.jpg