3

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa Komisi Yudisial (KY) melaksanakan penjaringan calon Hakim Agung (CHA) tahun 2022 – 2023 dan sekarang ini memasuki tahap klarifikasi atas rekam jejak terhadap CHA tersebut. Terdapat 5 (lima) CHA yang akan mengisi untuk Kamar Agama dan salah seorang di antaranya berasal dari salah seorang Hakim Tinggi PTA Medan yaitu Dr. H. Syaifuddin, S.H., M.Hum. Lalu, pada hari Jum’at (20/01) KY melakukan klarifikasi di PTA Medan. Tim klarifikasi berjumlah 3 (tiga) orang yang dipimpin oleh Wakil Ketua KY M. Taufik HZ. “Pada hari ini kami mengadakan klarifikasi atas rekam jejak CHA di PTA Medan yaitu atas nama H. Syaifuddin,” kata M. Taufik HZ menjelaskan.

Menurut Kepala Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah sebagaimana diinformasikan dari website KY, bahwa klarifikasi rekam jejak CHA ini bersumber dari Bawas Mahkamag Agung RI hingga masyarakat atau teman sejawat. “Klarifikasi rekam jejak ini dilakukan di kantor CHA bekerja dan juga sekaligus di kediaman CHA tersebut,” kata Siti Nurdjanah.

Sasaran klarifikasi ini adalah teman sejawat CHA bekerja di PTA Medan yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Anggota Majelis Hakim, Panitera dan Panitera Pengganti. Secara bergiliran, KY melakukan klarifikasi rekam jejak CHA tersebut. Klarifikasi ini dilaksanakan secara tertutup dan berjalan dengan baik dan lancar serta selesai menjelang jam istirahat. “Alhamdulillah, Klarifikasi rekam jejak CHA an. H. Syaifuddin telah selesai. Terima kasih atas partisipasinya sehingga klarifikasi ini dapat tuntas dilaksanakan,” kata M. Taufik HZ.

Menurut M. Taufik HZ, hasil rekam jejak ini akan diumumkan akhir Januari 2023 dan selanjutnya bagi CHA yang dinyatakan lulus akan mengikuti wawancara terbuka yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. “Awal Februari 2023, hasil seleksi CHA akan diserahkan ke DPR untuk dilakukan fit and proper test,” ujar Wakil Ketua KY M. Taufik HZ yang mantan Ketua PTA Bandung tersebut.

Sementara itu, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, menyampaikan selamat dan sukses kepada CHA H. Syaifuddin yang telah selesai mengikuti rekam jejak. Dirinya mendo’akan semoga H. Syaifuddin dinyatakan lulus dan dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya. “Alhamdulillah, proses klarifikasi rekam jejak CHA H. Syaifuddin telah selesai semoga berhasil dengan baik,” ujarnya mendo’akan.

Sebelum meninggalkan PTA Medan, M. Taufik HZ menyampaikan ucapan selamat dan sukses serta apresiasi yang tinggi atas prestasi PTA Medan yang meraih WBK tahun 2022. “Saya bangga PTA Medan meraih WBK tahun 2022 yang lalu, selamat dan sukses,” kata M. Taufik HZ tersenyum. Proses klarifikasi tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama. (ahp)

  • 790-d-kurniawan.jpg
  • 791-d-khoirul.jpg
  • 792-d-almihan.jpg
  • 793-s-rafi.jpg
  • 794-s-munzir.jpg
  • 795-s-sahrudin.jpg