1

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung RI merupakan salah satu unit eselon I di MA yang selama ini telah menorehkan prestasi gemilang seperti meraih WBK dan WBBM, Top Digital dan lain-lain. Prestasi spektakuler ini telah mengharumkan nama baik peradilan agama pada khususnya dan nama baik MA pada umumnya.

Lalu, pada awal tahun 2023 ini , Badilag menetapkan program prioritas yang tertuang dalam SK Dirjen Badilag nomor 044/DJA/HK.00/SK/1/2023 tanggal 09 Januari 2023. Program prioritas ini menjadi acuan bagi kemajuan peradilan agama. Ada 4 (empat) kategori program prioritas tahun 2023 ini yaitu penguatan kelembagaan, penguatan integritas, penguatan sumber daya manusia (SDM) dan penguatan pemanfaatan teknologi informasi (TI). Dari empat kategori program prioritas ini, Badilag konsisten agar peradilan agama menjadi Pengadilan yang modern dan berkelas dunia.

Dalam menyahuti dan merespon program prioritas Badilag ini, PTA Medan mendukung sepenuhnya dan akan mensosialisasikannya kepada seluruh Hakim dan aparatur lainnya maupun kepada masyarakat umum. Selain itu, PTA Medan juga akan memerintahkan kepada PA agar  mensosialisasikan program prioritas Badilag tersebut dengan cara membuat banner di area resepsionis maupun di ruang tunggu sidang Pengadilan. “Akan kita sosialisasikan program prioritas Badilag tersebut dengan cara membuat banner secara digital yang diinformasikan melalui TV media di ruang PTSP,” ungkap Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan.

Selain itu, ujar H. Abd. Hamid Pulungan, dirinya akan memerintahkan PA supaya mengimplementasikan program prioritas Badilag tersebut, misalnya saja tentang pembangunan zona integritas menuju WBK. Disebutkannya  lebih lanjut, bahwa PTA Medan akan melakukan pendampingan bagi PA yang diprioritaskan meraih WBK tahun 2023. Menurutnya, pada tahun 2023 ini, PTA Medan akan melakukan penilaian pendahuluan tentang PMPZI yang akan menjaring 5 (lima) PA dan kelima PA tersebut diupayakan supaya lolos dalam penilaian TPI. “Pada tahun 2023 ini, PTA Medan akan melakukan pendampingan pembangunan zona integritas terhadap PA yang lolos dalam penilaian pendahuluan dan diharapkan lolos dalam penilaian TPI,” papar H. Abd. Hamid Pulungan.

Di sisi lain, lanjutnya lagi, PTA Medan selaku kawal depan MA mensupport PA supaya mengimplementasikan penerapan teknologi informasi dalam roses penerimaan perkara seperti e-cort, e-litigasi dan lain-lain. Oleh sebab itu, tambahnya lagi, PA harus selalu berinovasi untuk memberikan pelayanan yang mudah dan murah bagi masyarakat pencari keadilan sesuai dengan asas sederhana, cepat dan biaya ringan. “Buatlah inovasi yang bermanfaat guna pelayanan yang bermutu dan berkualitas sehingga PA modern dan berkelas dunia,” pungkas H. Abd. Hamid Pulungan memotivasi. (ahp)

  • 790-d-kurniawan.jpg
  • 791-d-khoirul.jpg
  • 792-d-almihan.jpg
  • 793-s-rafi.jpg
  • 794-s-munzir.jpg
  • 795-s-sahrudin.jpg