1

Daftar isian penggunaan anggaran (DIPA) 2023 telah diterima dan akan digunakan mulai Januari 2023. DIPA yang terdiri dari 01 yang bersumber dari BUA MA dan 04 yang berasal dari Badilag MA tersebut menjadi modal bagi PTA Medan untuk melaksanakan kegiatan guna menjalankan fungsi pengadilan.

Untuk menetapkan progres kegiatan, PTA Medan menggelar rapat yang dilaksanakan pada hari Rabu (04/01). Rapat tersebut dihadiri pimpinan, hakim tinggi, panitera, sekretaris dan pejabat struktural dan fungsional serta staf dan PPNPN.   

Dalam kata sambutannya ketika membuka rapat tersebut, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan meminta kepada peserta rapat untuk menetapkan rencana dan waktu kegiatan dengan memperhatikan penyerapan anggaran setiap triwulan. Disebutkannya, penetapan waktu kegiatan sangat penting agar tidak terjadi tumpang tindih antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya.

“Tetapkanlah waktu kegiatan dengan cermat sehingga menggambarkan penyerapan anggaran tepat waktu,” pinta H. Abd. Hamid Pulungan.

2 3

Selain menyinggung tentang penetapan waktu kegiatan, H. Abd. Hamid Pulungan juga meminta kepada pengelola keuangan agar menggunakan setiap rupiah yang terdapat dalam DIPA sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dirinya berpesan supaya anggaran yang diberikan negara tersebut bermanfaat untuk sebesar-besarnya kemajuan bersama.

“Saya pesankan kepada pengelola anggaran supaya menggunakan DIPA sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga bermanfaat untuk kemajuan kita bersama,” tandas H. Abd. Hamid Pulungan.

Dalam pembahasan DIPA 2023 tersebut, peserta rapat memberikan kontribusi pemikiran supaya DIPA dapat dipergunakan dengan baik. Misalnya saja tentang waktu pembinaan dan pengawasan terhadap PA. Salah seorang hakim tinggi H. Syaifuddin mengusulkan agar semua PA dapat dikunjungi. “Binwas itu sangat penting agar teman-teman di daerah bekerja secara maksimal,” urai H. Syaifuddin mengingatkan.

Sementara itu, Wakil Ketua PTA Medan H. Sahrudin berharap DIPA 2023 dapat diserap dengan baik. Untuk itu, tambahnya lagi, pelaksanaan binwas dan bimtek dilaksanakan pada triwulan pertama tahun 2023. Selain itu, lanjutnya lagi, pada triwulan pertama 2023 dilaksanakan rapat koordinasi yang diikuti PA untuk menjelaskan kebijakan pimpinan maupun penetapan program yang akan dilaksanakan.

“Pada triwulan pertama telah dimulai binwas dan bimtek serta rakor sehingga penyerapan anggaran terlaksana dengan baik,” pinta H. Sahrudin.

Sekretaris PTA Medan Khairuddin selaku kuasa pengguna anggaran memandu secara rinci penetapan progres kegiatan DIPA 2023 sehingga terurai dengan jelas dan akurat. Kegiatan rapat yang dilaksanakan sejak pukul 11.00 Wib tersebut selesai menjelang pukul 12.00. Wib. (ahp)

  • 790-d-kurniawan.jpg
  • 791-d-khoirul.jpg
  • 792-d-almihan.jpg
  • 793-s-rafi.jpg
  • 794-s-munzir.jpg
  • 795-s-sahrudin.jpg