1

Perhelatan akbar Munas IKAHI ke XX di Hotel Intercontinental Bandung berakhir sudah. Segala kegiatan maupun perdebatan sengit dalam pembahasan materi pada Komisi A dan Komisi B pun sudah selesai. Peserta Munas dari daerah yang terdiri dari Utusan dan Peninjau pun sudah dapat beristirahat setelah sebelumnya harus bekerja keras dalam mengikuti serangkaian Munas yang begitu padat. Hal ini setelah Ketua MA Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. menutup pelaksanaan Munas IKAHI pada hari Rabu tanggal 16 November 2022 pukul 20.00 Wib. Selain dihadiri Ketua MA, hadir juga pada acara penutupan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Dr. H. Samsan Nganro, S.H., M.H. Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. para Ketua Kamar, dan beberapa orang Hakim Agung.

Sebelum acara penutupan dimulai, tampil Ketua IKAHI terpilih Dr. H. Yasardin, S.H., M. Hum dan pengurus lainnya di atas mimbar untuk membacakan Deklarasi Bandung yang berisikan sikap untuk selalu konsisten menjaga integritas dan martabat serta marwah kehormatan Hakim dalam menjalankan tugas sebagai seorang pengadil.

Dalam kata sambutannya, Ketua MA Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan beberapa hal antara lain permohonan maaf beliau tidak bisa menghadiri acara pembukaan Munas IKAHI karena menghadiri KTT G20 di Denpasar Bali. Tadi pagi, lanjutnya, saya berangkat dari Bali menuju Jakarta untuk menghadiri suatu acara dan siangnya menuju Bandung ini dan sampai tadi sore sekitar pukul 17.00 Wib.

Menyikapi peristiwa Hakim Agung dan beberapa aparatur MA yang terlibat dalam kasus pidana, dirinya menyerahkan sepenuhnya proses hukum yang berjalan. Namun demikian, ujarnya lagi, sudah barang tentu harus mengedepankan asas praduga tidak bersalah. “Kita prihatin atas kasus ini, oleh sebab itu, saya mengajak kita semua untuk menjaga integritas,” katanya menjelaskan. Diuraikan lebih lanjut oleh Guru Besar Universitas Diponegoro ini, bahwa MA telah melakukan pembenahan dan perbaikan di berbagai sektor antara lain diadakan mutasi dan rotasi di antara sesama aparatur.

Adapun terkait dengan pelaksanaan Munas IKAHI ke XX, dirinya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menggelar Munas dengan sebaik-baiknya dan telah dapat diselesaikan sesuai dengan yang direncanakan. Disebutkannya, dengan Munas IKAHI ini adalah momentum untuk introspeksi diri agar lebih baik pada masa yang akan datang. Selain itu, ungkapnya lagi, untuk memberikan semangat dan pemicu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Kita tetap semangat dan kita berkomitmen untuk menjaga integritas sesuai dengan tema Munas kali ini yaitu gelorakan semangat untuk bangkit bersama, tegakkan keadilan,” ujarnya.

2

Ketua MA Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan selamat dan sukses kepada Ketua Umum IKAHI yang baru saja terpilih yaitu Dr. H. Yasardin, S.H., M. Hum. Dirinya mengajak kepada peserta Munas untuk mendukungnya agar IKAHI lebih maju lagi pada masa yang akan datang. “Selamat dan sukses kepada Ketua Umum IKAHI terpilih dan kita dukung bersama sehingga membawa kemajuan IKAHI,” ungkapnya memberikan apresiasi. Selanjutnya, dengan mengucapkan Alhamdulillahirobbil’alamin, Ketua MA Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. menutup kegiatan Munas IKAHI ke XX secara resmi. (ahp)

  • 796-d-manan.jpg
  • 797-s-amrani.jpg
  • 798-s-syarwani.jpg
  • 799-s-asran.jpg
  • 800-s-armiwati.jpg
  • 801-s-edy.jpg
  • 802-p-rohyan.jpg