2

Perhelatan akbar dalam bentuk Munas Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) ke XX tahun 2022 dilaksanakan di Hotel Intercontinental Bandung yang digelar pada tanggal 15 s.d. tanggal 17 November 2022.  Hadir Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H., M.H. Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. Para Ketua Kamar dan beberapa orang Hakim Agung. Selain itu, hadir juga mantan Ketua MA Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. Sedangkan Ketua MA Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H.,M.H. tidak hadir karena mengikuti kegiatan KTT G20 di Bali.

1

Kegiatan Munas IKAHI tersebut diikuti oleh PD IKAHI seluruh Indonesia yang terdiri dari Utusan dan Peninjau. Dari PD IKAHI Sumatera Utara sendiri sejumlah 8 (delapan) orang terdiri dari Utusan 5 (lima) orang dan Peninjau 3 (tiga) orang. Adapun sebagai Utusan adalah Ketua PT Medan Dr. Drs. H. Panusunan Harahap, S.H., M.H. Ketua PTA Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H. Ketua PT TUN Medan. Dr. Arifin Marpaung, S.H., M.Hum. Kepala Dilmilti Medan Laksamana Pertama Tuti Kiptiani, S.H., M.H. dan Wakil Ketua PT Medan selaku Ketua PD IKAHI Sumatera Utara Dr. Herdi Agusten, S.H., M.Hum. Sedangkan sebagai peninjau adalah Wakil Ketua PTA Medan Dr. Drs. H. Rafiuddin, S.H., M.H. Ketua PN Medan Setyanto Hermawan, S.H., M. Hum dan Ketua PA Medan Drs. Muslim, S.H., M.A.

Acara pembukaan Munas IKAHI ke XX dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 15 November 2022 pukul 20.00 WIB. Dalam laporannya, Ketua Panitia Munas IKAHI ke XX  Dr. Yodi Martono Wahyunadi, S.H. M.H. menyebutkan bahwa pelaksanan Munas kali ini mengambil tema Gelorakan Semangat Untuk Bangkit Bersama Tegakkan Keadilan. Tema ini sangat penting, kata Yodi, untuk memacu semangat anggota IKAHI seluruh Indonesia agar tetap semangat sekalipun ada peristiwa yang menjatuhkan citra dan wibawa badan peradilan. “Kita tetap semangat dan kita memperbaiki diri agar citra dan wibawa badan peradilan bangkit kembali,” kaya Yodi Martono Wahyudi yang juga adalah Hakim Agung dari Kamar TUN Mahkamah Agung RI.

Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H., M.M. yang membuka acara Munas IKAHI tersebut menyebutkan bahwa IKAHI harus menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari. Dirinya mengajak IKAHI supaya berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dan menghindarkan perbuatan yang tidak baik. “Kita prihatin dengan kejadian yang menimpa teman kita yang menjadikan harkat dan wibawa MA dan badan peradilan di bawahnya berada di titik yang sulit. Oleh sebab itu, momentum Munas IKAHI ini adalah wadah untuk memulihkan kembali kepercayaan masyarakat,” ujar Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H., M.H.  

3

Pembukaan Munas IKAHI ke XX yang berlangsung dengan meriah tersebut, diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Himne MA. Disusul dengan pembacaan do’a yang dipandu oleh Dr. Saiful, S.Ag., M.H. dan pengucapan Tri Prasetya Hakim Indonesia. (ahp)

  • 796-d-manan.jpg
  • 797-s-amrani.jpg
  • 798-s-syarwani.jpg
  • 799-s-asran.jpg
  • 800-s-armiwati.jpg
  • 801-s-edy.jpg
  • 802-p-rohyan.jpg