1

Berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis ASN di Pengadilan Tingkat Banding pada empat lingkungan Peradilan dan DIPA PTA Medan Nomor SP DIPA - 005.01.2.401777/2022 tanggal 17 Nopember 2021 serta Keputusan  Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Nomor W2-A/2548/KP.04.6/XI/2022 tanggal 1 November 2022 Tentang Panitia Bimtek Penyusunan Program dan Anggaran PA se Wilayah PTA Medan, maka PTA Medan melaksanakan bimbingan teknis penyusunan rencana dan program. Pembukaan Bimtek ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 10 November 2022 pukul 20.00 Wib di Hotel Emerald Garden Medan, dihadiri Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Wakil Ketua H. Rafiuddin, Hakim Tinggi, Panitera dan pejabat lainnya.

2

Menurut laporan Panitia yang disampaikan Kabag Perencanaan dan Kepegawaian Muhammad Nasri menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu dari tanggal 10 s.d 12 November 2022, bertempat di Hotel Emerald Garden Jln. Kolonel Yos Sudarso Nomor 1 Medan. Peserta kegiatan Bimtek Penyusunan Program dan Anggaran seluruhnya berjumlah 54 orang dengan rincian yaitu Panitera, Kepala Bagian Umum dan Keuangan, Kasubbag, pejabat fungsional serta pelaksana pada PTA Medan berjumlah 10 orang. Kemudian Sekretaris PA berjumlah 22 orang dan Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan serta pelaksana PA berjumlah 22  orang.

Adapun materi Bimtek terdiri dari regulasi dan teknis terkait penyusunan program dan anggaran dengan jam pelajaran berjumlah 20 JPL. Sedangkan  nara sumber Bimtek ini berjumlah 4 (empat) orang yang seluruhnya berasal dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara. Pelaksanaan Bimtek ASN ini bertujuan untuk pemenuhan hak peningkatan kompetensi ASN yang bertugas di Kesekretariatan PA dan menjaga konsistensi program dan anggaran terhadap target yang telah ditetapkan serta meningkatkan kompetensi ASN PTA Medan dan PA dalam rangka penyusunan dan penatausahaan program dan anggaran.

3

“Sasaran  penyelenggaraan kegiatan Bimtek ini adalah meningkatnya kompetensi ASN yang bertugas pada Kesekretariatan PTA  Medan dan PA dan meningkatnya kualitas pelayanan administrasi pada Kesekretariatan PTA Medan dan PA,” kata Muhammad Nasri menjelaskan.

Sementara itu, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan dalam kata sambutannya menyebutkan, kegiatan Bimtek tersebut sangat penting agar penyusunan rencana dan program terlaksana dengan sebaik-baiknya. Diuraikannya lebih lanjut, bahwa apabila rencana dan program tersusun dengan baik, maka output dan outcomenya akan baik. Dirinya meminta kepada peserta Bimtek agar mengikuti bimtek dengan sungguh-sungguh supaya mendapatkan hasil yang optimal.

“Saya menyambut baik pelaksanaan Bimtek penyusunan rencana dan program ini dan saya minta kepada peserta supaya mengikutinya dengan sungguh-sungguh,” pinta H. Abd. Hamid Pulungan.

Akhirnya, pembukaan Bimtek dilakukan oleh Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, maka Bimtek penyusunan rencana dan program saya nyatakan dibuka secara resmi,” kata H. Abd. Hamid Pulungan seraya memukul gong sebanyak 4 (empat) kali. (ahp)

  • 796-d-manan.jpg
  • 797-s-amrani.jpg
  • 798-s-syarwani.jpg
  • 799-s-asran.jpg
  • 800-s-armiwati.jpg
  • 801-s-edy.jpg
  • 802-p-rohyan.jpg