1

Pelaksanaan verifikasi lapangan yang dilakukan Kemenpan RB di PTA Medan pada hari Senin tanggal 7 November 2022 berlangsung sekitar 3,5 jam. Pelaksanaan verifikasi lapangan ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian antara isi LKE dan paparan Desk Evaluasi dengan fakta di lapangan. Oleh sebab itu, verifikasi lapangan ini sangat penting untuk meyakinkan Tim Penilai Nasional Kemenpan RB akan layak tidaknya unit kerja yang diusulkan meraih WBK/WBBM. Atau dengan kata lain, unit kerja yang bersangkutan harus mampu memberikan jawaban terhadap isu-isu yang berkembang selama proses pembangunan zona integritas.

Sekaitan dengan itu, PTA Medan sebagai unit kerja yang diusulkan meraih WBK tahun 2022 berusaha dengan sungguh-sungguh untuk membuktikan perubahan yang telah dilaksanakan maupun inovasi yang dirancang sebagai jawaban atas peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. “Kita berusaha all out dalam meraih WBK tahun 2022,” kata Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan pada beberapa kesempatan.

2

Lalu, pada pelaksanaan verifikasi lapangan oleh Kemenpan RB di PTA Medan, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan dan Wakil Ketua H. Rafiuddin maupun Hakim Tinggi lainnya menjelaskan kepada Tim verifikasi lapangan Kemenpan RB yang terdiri dari Ibu Hatni dan Laurensia tentang perubahan yang dilaksanakan. Yaitu antara lain tentang disiplin kerja dan perubahan pola pikir serta budaya kerja. Menurut H. Abd. Hamid Pulungan, untuk mewujudkan ASN yang berkualitas dicapai dengan pembinaan secara berkelanjutan seperti penyampaian ketika apel maupun pada waktu pembinaan mental yang dilaksanakan setiap hari Rabu. “Pada waktu apel, kami sampaikan 8 nilai utama MA dan 6 area pembangunan zona integritas guna mencapai perubahan pola pikir dan budaya kerja yang berkualitas,” papar H. Abd. Hamid Pulungan di depan Tim verifikasi.

Adapun pembinaan ke PA-PA yang dilakukan selama ini adalah pembinaan dan pengawasan langsung dengan cara mengunjungi setiap satker yang ditentukan. Selain itu, dilakukan dengan cara virtual yang dilaksanakan setiap hari Jum’at. Hal ini, kata H. Abd. Hamid Pulungan lagi, adalah komitmen pimpinan PTA Medan sebagai kawal depan MA.  Selain itu, sambungnya lagi, PTA Medan melakukan pengawasan dengan cara iptimalisasi pemanfaatan access CCTV online (ACO). “PTA Medan selaku kawal depan MA melakukan pembinaan dan pengawasan kepada PA, baik secara langsung maupun dengan cara virtual zoom meeting,” ujar H. Rafiuddin menambahkan.

Atas penjelasan dan uraian yang disampaikan, Tim verifikasi lapangan Kemenpan RB merasa puas dan senang. Mereka menyampaikan agar apa yang telah dilaksanakan selama ini supaya dipertahankan dan ditingkatkan. Di pengujung pelaksanaan verifikasi lapangan tersebut, PTA Medan menyerahkan catatan sejarah pelaksanaan pembangunan zona integritas yang dilampiri inovasi-inovasi dan manual booknya.

3

Terakhir, upaya dan usaha serta ikhtiar telah dilaksanakan dengan maksimal. Sudah barang tentu disertai dengan menyerahkan diri kepada Allah SWT, semoga niat dan hajat diijabah dan dikabulkan oleh-Nya. Teriring ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi positif atas pembangunan zona integritas selama ini. Ya Allah, kami telah berbuat, kami telah berjuang. Pada akhirnya, semuanya kami serahkan kepada-Mu. Amiin Ya Robbal ‘Alamin. (ahp)

  • 796-d-manan.jpg
  • 797-s-amrani.jpg
  • 798-s-syarwani.jpg
  • 799-s-asran.jpg
  • 800-s-armiwati.jpg
  • 801-s-edy.jpg
  • 802-p-rohyan.jpg