1

Pada hari Rabu (15/06), Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan berangkat ke Jakarta guna memenuhi Undangan Sekretaris MA untuk menghadiri acara purnabakti pimpinan MA dan beberapa orang Hakim Agung yang akan digelar pada hari Kamis (16/06) di ruang Prof. Dr. Mr. Koesoemah Atmadja, Tower Lt. 14 Mahkamah Agung RI. Sehari sebelumnya, Sekretaris PTA Medan Khairuddin telah tiba di Jakarta untuk konsultasi di Biro Perencanaan MA.

Lalu, pada hari Rabu (15/06) pukul 15.00 Wib H. Abd. Hamid Pulungan dan Khairuddin menemui Direktur Binganis Badilag Dr. H. Candra Boy Seroza, S. Ag., M. Ag. untuk menyampaikan tentang peningkatan kualitas SDM tenaga teknis dan yang lainnya. “Kita sampaikan dulu peningkatan kualitas SDM tenaga teknis PTA Medan kepada Direktur Binganis,” ajak H. Abd. Hamid Pulungan kepada Khairuddin.

Setelah menemui Direktur Binganis, selanjutnya H. Abd. Hamid Pulungan dan Khairuddin menemui Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. di ruang kerjanya. Pertemuan tersebut juga dihadiri Ketua PTA Bandung H. Samparaja dan Ketua PTA Manado H. Iskandar Paputungan.

Dalam perbincangan yang berlangsung dalam suasana santai dan terkadang disertai dengan canda tawa tersebut, H. Abd. Hamid Pulungan menyampaikan tentang capaian PTA Medan dan PA di wilayah hukumnya terutama mengenai pembangunan zona integritas. Disebutkan oleh H. Abd. Hamid Pulungan, pada tahun 2022 ini terdapat 7 (tujuh) satuan kerja yang dilakukan evaluasi lapangan dan ferivikasi dokumen oleh Badan Pengawasan MA sebagai TPI. “Baru-baru Bawas melakukan evaluasi lapangan dan ferivikasi dokumen zona integritas terhadap 7 satker di wilayah PTA Medan,” ujar H. Abd. Hamid Pulungan melaporkan.

Selain menjelaskan tentang pembangunan zona integritas, H. Abd. Hamid Pulungan juga menyampaikan tentang persiapan kunjungan Ketua MA dan rombongan yang akan datang ke Medan tanggal 23 – 26 Juni 2022 yang akan datang. Maksud kunjungan tersebut adalah untuk melakukan pembinaan kepada 4 (empat) lingkungan peradilan di Sumatera Utara. Selain itu, dalam rangka purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Medan Dr. Robinson Tarigan, S.H., M.H.

“Persiapan kunjungan Ketua MA dan rombongan telah dilaksanakan dengan baik. Panitia Daerah telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, insya Allah akan berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” tandas H. Ab. Hamid Pulungan.

Sementara itu. Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dalam bimbingannya menyebutkan, agar PTA Medan melakukan evaluasi dan memetakan permasalahan supaya pembangunan zona integritas berhasil pada tahun 2022 ini. Dirinya meminta agar dilakukan usaha yang sungguh-sungguh sehingga banyak satker yang meraih WBK. “Lakukan evaluasi atas kelemahan selama ini supaya banyak satker di wilayah PTA Medan yang berhasil meraih WBK,” ujar Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. berpesan.

Adapun setentang kunjungan Ketua MA yang akan melakukan pembinaan di Medan, Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. meminta agar dilakukan persiapan yang sebaik-baiknya. “Lakukan persiapan yang baik supaya kunjungan Ketua MA berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” pungkasnya.

Setelah melakukan pertemuan dengan Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. selama lebih kurang 45 menit, akhirnya H. Abd. Hamid Pulungan mohon pamit dan dilanjutkan dengan foto bersama. (ahp)

  • 802-p-rohyan.jpg
  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg