1

Bertempat di Hotel KHAS Parapat Sumatera Utara, pada hari Kamis tanggal 2 Juni 2022 pukul 20.00 – 22.30 Wib dilaksanakan Konsultasi dan Pembinaan PA Se Wilayah PTA Medan. Acara Konsultasi dan Pembinaan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Ketua PTA Medan Nomor W2-A/1193/KP.04.6/V/2022 tanggal 21 Mei 2022. Konsultasi dan Pembinaan ini diikuti oleh Hakim Tinggi PTA Medan, Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PA Se Sumatera Utara. Acara dibuka oleh protokol Muhammad Nasri, S.H., M.M. (Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Medan).

Ketua PTA Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H. menyampaikan agar PA melaksanakan MoU dengan Dinas Kesehatan setempat sesuai dengan surat Dirjen Badilag Nomor 2449/DjA/HM.00/4/2022 tanggal 22 April 2022. Disebutkannya, koordinasi dan MoU telah selesai pada bulan Juni 2022 dan melaporkannya ke PTA Medan. “Lakukan koordinasi dan MoU dengan Dinas Kesehatan sebagaimana maksud surat Dirjen Badilag di atas pada bulan Juni 2022 ini,” pinta H. Abd. Hamid Pulungan.

2

Dalam pembinaannya, H. Abd. Hamid Pulungan meminta Majelis Hakim di PA agar tuntas memeriksa perkara sesuai dengan prosedur dan hukum acara. Hal ini sangat penting, lanjutnya lagi, agar apabila perkara tersebut dimonhonkan banding ke PTA Medan, tidak ada permintaan pemeriksaan tambahan. PTA Medan telah berkomitmen untuk dapat menyelesaikan perkara banding selama 30 hari agar SIPP dapat menempati peringkat 1 (satu) dengan nilai 100% seperti yang telah diraih selama ini. “Alhamdulillah, SIPP PTA Medan meraih peringkat 1 (satu) karena dapat memutus perkara dalam waktu 30 hari,” ujar H. Abd. Hamid Pulungan yang mendapat tepuk tangan dari peserta pembinaan.

Selain itu, H. Abd. Hamid Pulungan meminta kepada PA supaya menggunakan aplikasi gugatan mandiri dalam pembuatan surat gugat dengan cara menyampaikan hal tersebut kepada Posbakum di satuan kerja masing-masing. “Sampaikan kepada Posbakum agar membuat surat gugat dengan menggunakan aplikasi gugatan mandiri supaya nilai Kinerja Triwulan meningkat,” tandasnya menjelaskan.

Dalam pembinaan tersebut, H. Abd. Hamid Pulungan menguraikan tentang hasil kinerja Triwulan I tahun 2022. Disebutkannya, masih terdapat beberapa PA dalam wilayah PTA Medan yang menempati peringkat di bawah. Hal ini, sambungnya lagi, supaya diperbaiki dengan cara melakukan evaluasi dan memetakan masalahnya sehingga nilainya meningkat. Dirinya menguraikan beberapa item penilaian yang harus diperbaiki seperti nilai inovasi, nilai e-court dan yang lainnya.

“Saya perintahkan agar dilakukan evaluasi terhadap hasil nilai prestasi kinerja Triwulan I 2022 sehingga meningkat peringkatnya pada penilaian Triwulan II yang akan datang,” pungkas H. Abd. Hamid Pulungan.

Terakhir, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan menyampaikan bahwa untuk dipanggil fit and proper test harus bagus kinerja SIPP dan Kinerja Triwulan, oleh karena itu dirinya berharap kepada pimpinan PA Se Wilayah Sumatera Utara meningkatkan kinerjanya dengan sungguh-sungguh supaya mendapatkan prestasi yang membanggakan. Demikian acara Konsultasi dan Pembinaan Se Wilayah PTA Medan ini semoga dapat bermanfaan bagi kita semua.  (Jas)

  • 802-p-rohyan.jpg
  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg