1

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, PTA Medan melakukan pendampingan uji coba presentasi desk evaluasi menuju WBK di depan TPN Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi selama 2 (dua) hari yaitu hari Selasa dan Rabu (21 – 22/09) yang diikuti 8 (delapan) satuan kerja yaitu PTA Medan, PA Stabat, PA Lubuk Pakam, PA Kabanjahe, PA Tanjung Balai, PA Balige, PA Tarutung dan PA Kota Padangsidempuan.

Hadir Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Wakil Ketua H. Abdullah dan tim evaluator yang terdiri dari H. Syaifuddin dan H. Basuni. Dan yang bertindak sebagai moderator adalah Panitera H. Abdul Wahid. Selain itu, hadir 7 (tujuh) Ketua PA dengan pendampingnya yang mengikuti uji coba presentasi.

Pada hari pertama yaitu hari Selasa (21/09) tampil 4 (empat) pimpinan pengadilan yaitu Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Ketua PA Stabat Febrizal Lubis, Ketua PA Lubuk Pakam Hj. Dian Ingrasanti Lubis dan Ketua PA Kabanjahe Sri Harmaini. Sedangkan pada hari kedua yaitu hari Rabu (22/09) tampil 4 (empat) PA lagi yaitu Ketua PA Kota Padangsidempuan Arif Hidayat, Ketua PA Tanjung Balai Rosyid Mumtaz, Ketua PA Tarutung H. M. Jazuli dan Ketua PA Balige Ramsyah Sihombing.

Atas penampilan uji coba presentasi yang berdurasi sekitar 20 menit tersebut, masing-masing evaluator memberikan komentar maupun saran perbaikan. “Penampilannya sudah bagus, tetapi materi yang disampaikan perlu perbaikan dan penyempurnaan supaya bermutu,” kata H. Syaifuddin memberikan saran terhadap salah seorang peserta uji coba.

2

Uji coba presentasi pembangunan zona integritas sebagai simulasi penampilan di depan TPN Kementerian PAN dan RB berjalan dengan tertib dan lancar. Diharapkan, dengan uji coba ini akan tampil prima ketika presentasi pada saatnya nanti, semoga.

Dalam arahannya, Wakil Ketua PTA Medan H. Abdullah ketika menutup kegiatan uji coba presentasi tersebut menyampaikan pesan supaya menguasai dengan baik materi presentasi. Menghindari sikap terpaku hanya membaca slide karena slide sifatnya hanya pengingat, selebihnya uraian presenter. Selain itu, sambungnya lagi, perhatikan dengan seksama waktu yang digunakan dan pilih hal yang menjadi unggulan satker karena waktunya singkat.

“Kuasai dengan baik materi presentasi dan hindari hanya terpaku pada slide serta buatlah model slide yang menarik dan enak dilihat,” kata H. Abdullah berpesan.

Selain menyinggung tentang penguasaan materi presentasi, H. Abdullah juga berpesan supaya intonasi suara diatur dan dikendalikan,  tidak terburu buru, penuh semangat, ambil jeda dengan menyapa TPN Kementerian PAN dan RB sehingga penyampaian materi konsisten dari awal hingga akhir, diimbangi dengan gerak tubuh yang terlatih sehingga tidak terlihat kaku supaya menarik.

“Ketika presentasi di depan TPN Kementerian PAN dan RB agar presenter dan tim zona integritas yang hadir berpakaian jas lengkap sehingga performanya bagus,” kata H. Abdullah mengingatkan.

3

Di akhir arahannya, H. Abdullah memuji pelaksanaan uji coba presentasi tersebut. Disebutkannya, semua peserta presentasi telah tampil dengan baik. Namun demikian, sambungnya lagi, selalulah latihan agar ketika presentasi di depan TPN Kementerian PAN dan RB tampil prima dan memuaskan.  “Berjuang keras disertai do’a, insya Allah sukses meraih WBK tahun 2021,” kata H. Abdullah sambil menutup kegiatan tersebut dengan ucapan hamdalah dan ketukan tiga kali.  (ahp)

  • 807-d-bahrin.jpg
  • 808-d-syukron.jpg
  • 809-d-syarifuddin.jpg
  • 900-d-parlan.jpg
  • 901-s-basuni.jpg
  • 901-s-mazharuddin.jpg
  • 902-s-syaifuddin.jpg
  • 903-s-syaiful.jpg
  • 904-s-abdullah.jpg
  • 905-s-nurhayati.jpg
  • 906-s-jamaluddin.jpg