1

PTA Medan selaku kawal depan MA selalu melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap PA, baik secara langsung dengan mengunjungi satuan kerja yang bersangkutan maupun melalui virtual. Hal ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi aparatur PA dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat pencari keadilan. Dengan cara seperti ini diharapkan PA dapat melayani dengan baik dan masyarakat merasa puas atas pelayanan tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut di atas, kali ini PTA Medan melaksanakan bimbingan teknis administrasi Kesekretariatan PA sewilayah PTA Medan selama tiga hari yaitu hari Rabu - Jum’at (16-18 Juni 2021) bertempat di Hotel Polonia Medan.

Menurut laporan Ketua Panitia Fakhruddin Siregar, peserta bimtek terdiri dari Sekretaris dan Kasubbag PA serta Panmud Banding dan Panmud Hukum PTA Medan yang berjumlah 109 orang.  Bimbingan teknis difokuskan kepada peningkatan kinerja terutama mengenai bidang keuangan, bidang perencanaan dan barang milik negara.

“Peserta bimtek adalah pejabat Kesekretariatan yaitu Sekretaris dan Kasubbag sejumlah 109 orang yang berlangsung selama tiga hari dan dilaksanakan di Hotel Polonia Medan,” ungkap Fakhruddin Siregar yang sehari-hari adalah Kabag Umum dan Keuangan PTA Medan.

“Adapun nara sumbernya adalah pejabat Kesekretariatan yaitu Sekretaris dan pejabat lainnya yang berasal dari PTA Medan,” tandas Fakhruddin Siregar.

2

Sementara itu, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan dalam sambutannya ketika membuka bimbingan teknis Kesekretariatan tersebut menjelaskan, bahwa bimtek seperti ini sangat penting bagi pejabat Kesekretariatan seperti Sekretaris dan yang lainnya karena tugasnya sebagai supporting unit dalam mendukung tugas pokok pengadilan yaitu agar pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dapat dilakukan dengan prima.

“Tugas pengadilan adalah menerima, memeriksa, mengadili, memutus dan menyelesaikan perkara yang diajukan kepadanya. Oleh sebab itu, bimtek ini sangat penting supaya Bapak/Ibu dapat mendukung dengan baik tugas pokok pengadilan yaitu memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat pencari keadilan,” kata H. Abd. Hamid Pulungan berpesan.

“Saya minta Bapak/Ibu mengikuti bimbingan teknis ini dengan seksama untuk menambah ilmu dan wawasan,” tandasnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, H. Abd. Hamid Pulungan berharap kepada peserta bimtek sebagai berikut :

  1. Ada perubahan yang lebih baik terhadap potensi pejabat Kesekretariatan dalam pengelolaan administrasi, agar tercipta organisasi yang rapi, teratur dan efektif.
  2. Ada peningkatan kompetensi dan kapasitas bagi para aparatur pejabat Kesekretariatan dalam rangka perbaikan pelayanan publik sesuai tupoksi.
  3. Mendapatkan pengetahuan baru dan mengimplementasikannya dalam tugas pokok dan fungsi sehingga ada peningkatan kinerja.

3

Kegiatan bimbingan teknis administrasi Kesekretariatan yang dilaksanakan pada sore hari tersebut dihadiri Sekretaris PTA Medan H. Hilman Lubis. Bimtek digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (ahp)

  • 779-s-alaidin.jpg
  • 780-s-sahrudin.jpg
  • 781-s-fakhruddin.jpg
  • 782-s-mnasri.jpg
  • 783-s-arief.jpg
  • 784-s-tiwi.jpg
  • 785-s-anang.jpg
  • 786-s-ramadhan.jpg