1

Senin, 30 September 2019, Pengadilan Agama Lubukpakam melaksanakan sosialisasi hasil pembinaan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung kepada seluruh Hakim, Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan, dan seluruh Pegawai serta tenaga honor, Sosialisasi ini dilaksanakan sehubungan perintah Langsung Dirjen Badilag kepada para Ketua  Pengadilan Agama se-Sumatera Utara yang menjadi peserta Rapat Koordinasi yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 26 September 2019 bertempat di Hotel Grand Kanaya Medan.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubukpakam, sebagai pimpinan di Pengadilan Agama Lubukpakam menyampaikan hasil Pembinaan Dirjen Badilag yang pada intinya dengan diterbitkannya PERMA NO. 1 Tahun 2019 sebagai pengembangan PERMA No. 3 Tahun 2018 memuat hal-hal baru yakni

  1. Pengguna layanan e-court tidak terbatas pada pengguna terdaftar (Advocat) tetapi juga telah bisa digunakan oleh penggunat yang meliputi : Perorangan, Jaksa, Pengacara Negara, Biro Hukum Pemerintah/TNI/POLRI, Kejaksaan Negeri RI, Direksi/Pengurus atau karyawan yang ditunjuk Badan hokum, kuasa insidentil yang ditentukan oleh Undang-undang.
  2. Proses persidangan yaitu pada tahap jawaban, replik, duplik dan kesimpulan bisa dilakukan secara elektronik.
  3. Dalam proses pembuktian dimungkinkan pemeriksaan saksi secara jarak jauh dengan menggunakan media elektronik
  4. Pembacaan putusan dilakukan secara elektronik
  5. Upaya hokum jBanding, Kasasi dan Peninjauan Kembali bisa dilakukan secara elektronik
  6. Penggunaan secara elektornik tidak hanya perkara gugatan, perkara permohonan dan gugatan sederhana juga bisa dilakukan.

Dengan diterbitkannya PERMA Nomor 1 Tahun 2019 Sistem Peradilan Secara Elektronik (e-Court) di Pengadilan meliputi :

  • e-filling (Pendaftaran)
  • e-Payment (Pembayaran)
  • e- Summons ( Pemanggilan)
  • e- Litigation (Persidangan)

e- filling (pendaftaran) dan e-Payment (Pembayaran) telah dilaksanakan dan telah berjalan sesuai dengan petunjuk PERMA Nomor 3 Tahun 2018 akan tetapi untuk e- Summons (Pemanggilan) dan e-Litigation (Persidangan) belum dilaksanakan,  berdasarkan arahan dan bimbingan Ketua Mahkamah Agung RI pada Louncing e-Litigation sebelum ayam berkokok pada awal tahun 2020 e-Litigation diseluruh Pengadilan sudah berjalan secara efektif dan efesien.

Atas perintah dari Ketua Mahkamah Agung RI, Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubukpakam menekankan kepada Panitera dan Sekretaris untuk mempersiapkan sarana dan prasarana pelaksanaan e-Litigation sekarang,  sehingga e- Litigation di Pengadilan Agama Lubukpakam  dapat dioperasikan se segara mungkin, hal ini merupakan dari upaya Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya untuk meningkatkan pelayanan kepada pencari keadilan secara teknologi informasi yang modern.

2

Setelah dilakukan sosialiasi kemudian dilaanjutkan dengan rapat koordinasi, untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan tugas-tugas. Berdasarkan pembinaan Dirjen Badilag  peringkat SIPP dan penyerapan Anggaran DIPA 01 serta DIPA 04 Pengadilan Agama Lubukpakam berada ditengah-tengah, dengan demikian Pelaksanaan tugas di Pengadilan Agama Lubukpakam berjalan dengan normal tidak ada yang menonjol dan tidak pula ada yang tertinggal dari Pengadilan Agama lain baik  Pengadilan Agama se wilayah Sumatera Uatara maupun Pengadilan Agama se Indonesia, Akan tetapi penyerapan anggaran DIPA 04 Pengadilan Agama Lubukpakam peringkat nomor 3 dari bawah. Sesuai dengan arahan Wakil Ketua Penyerapan Anggaran DIPA 04 supaya lebih diperhatikan dan ditingkatkan sehingga tidak menimbulkan permasalahan dalam serapannya sampai bulan Desember 2019. Disamping itu juga Wakil Ketua menekankan kepada Kasubag Umum dan jajarannya supaya lebih meningkatkan kebersihan kantor baik di dalam maupun di luar karena dengan bersihnya lingkan kantor pegawai yang melaksakan tugas-tugas terutama pelayanan lebih nyaman.

  • 956-d-bj-habibie.jpg
  • 957-s-mhd-nuh.jpg
  • 958-s-yayan-liana.jpg
  • 959-s-shalahuddin.jpg
  • 960-s-masalan-bainon.jpg
  • 961-s-royid-mumtaz.jpg
  • 962-s-zubaidah-hanoum.jpg
  • 963-s-basuni.jpg
  • 965-s-eldi-harponi.jpg
  • 966-s-dian-ingrasanti.jpg