Rap1 1

Jum’at tanggal 10 Mei 2019 tepat di 5 Ramadhan 1440 H Pengadilan Agama Rantauprapat mengadakan Bintal perdana di bulan Ramadhan yang di laksanakan di aula kantor Pengadilan Agama Rantauprapat. Bintal yang dibawakan oleh Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat itu diikuti oleh Wakil Ketua, Para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta tenaga Honorer PA Rantauprapat.

Rap1 2

Ada 6 paket ibadah dibulan Ramadhan , antara lain :

1. SHIYAM / PUASA

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS Albaqarah ayat 183 )

2. Qiyam Ramadhan /

Qiyam Ramadhan adalah menegakkan malam-malam Ramadhan dengan ibadah sholat.

 من قام رمضان ايماناواحتسابا غفرله : عن ابي هريرة رضي الله عنه ان رسول الله صلي الله عليه وسلم قال رواه البخاري.  ماتقدم من ذنبه.

“Barangsiapa yang menegakkan (malam-malam) bulan Ramadhan dengan keimanan dan mencari keridhaan Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

3. Qiraatul Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan Alquran, maka dari itu hendaknya seorang muslim memberikan porsi perhatian yang lebih terhadap Alquran di bulan ini. Sedangkan keutamaan membaca Al-Quran sangat banyak dijelaskan, salah satunya adalah Sabda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam,

وَلاَمٌ حَرْفٌ أَلِفٌ وَلَكِنْ حرْفٌ الم أَقُولُ لاَ بِعَشْرِ وَالْحَسَنَةُ حَسَنَةٌ بِهِ فَلَهُ اللَّهِ كِتَابِ مِنْ حَرْفً قَرَأَ مَنْ

حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

4. Shadaqah

Diantara amal ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan Ramadhan adalah memperbanyak shadaqah. Karena sesungguhnya shadaqah yang paling utama adalah

shadaqah di bulan Ramadhan sebagaimana sabda Rasulullah saw.

رَمَضَانَ فِى صَدَقَةٌ : قَالَ اَفْضَلُ؟ الصَّدَقَةِ اَيُّ اللهِ يَارَسُولَ قِيْلَ اَنَسٍ عَنْ

Dar Anas r.a, dikatakan: "wahai Rasulullah s.a.w, shadaqah apa yang nilainya paling utama?" Nabi s.a.w, menjawab: "Shadaqah di dalam bulan Ramadhan" (Hadit Shahih, riwayat al-Tirmidzi).

Apalagi jika shadaqah itu berupa makanan yang ditasharufkan (dipergunakan) sebagai bahan berbuka puasa. Maka pahala seperti pahala orang yang berpuasa.

5. Zikir ( Tasbih Tahmid dan Takbir )

“Ya Rasulullah, amalan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Engkau berpisah dari dunia dalam keadaan lisanmu basah dengan berdzikir pada Allah.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi

Di antara aktifitas dzikir yang bisa dilakukan oleh seorang muslim adalah dengan bertasbih, bertahmid, dan bertakbir Yang dimaksud dengan bertasbih adalah mengucapkan “subhanallah ( الله سبحان)”, dan bertahmid adalah mengucapkan “alhamdulillah ( للهالحمد)”, sedangkan bertakbir mengucapkan “Allahu-akbar (أكبر الله)”

6. Doa

Dalam rangkaian ayat Al-Qur’an mengenai puasa di bulan Ramadhan terselip suatu ayat yang secara khusus membicarakan soal berdoa. Di dalamnya Allah subhaanahu wa ta’aala perintahkan orang beriman untuk berdoa kepadaNya. Dan Allah subhaanahu wa ta’aala berjanji untuk mengabulkan doa siapapun asalkan memenuhi tiga syarat: (1) Memohon hanya kepada Allah subhaanahu wa ta’aala, bukan selainNya. (2) Memenuhi segala perintahNya dan (3) Beriman kepada Allah subhaanahu wa ta’aala sebagai Rabb yang Maha Kuasa mengabulkan permintaan dan menetapkan taqdir segalanya.

“Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah ayat 186)

  • 965-s-eldi-harponi.jpg
  • 966-s-dian-ingrasanti.jpg
  • 967-s-arif-hidayat.jpg
  • 968-s-syarif-mappiasse.jpg
  • 969-s-rafiuddin.jpg
  • 970-s-abdul-mannan-hasyim.jpg
  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg