1

Sei Rampah, Kamis, 4 April 2019, setelah menghadiri acara launching “GO-SAK” di halaman kantor Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai. Ketua Pengadilan Agama Sei Rampah selanjutnya mengikuti acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Serdang Bedagai.

Pada kesempatan itu, Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman mengatakan Masjid Agung Serdang Bedagai ini bisa diisi 1000 orang jamaah di dalam Masjid dan di luar Masjid dapat menampung 4000 orang jamaah, sehingga total dapat menampung 5000 jamaah yang akan digunakan pada sholat Ied. Ia berharap Kabupaten Serdang Bedagai tidak akan tertinggal dengan Kabupaten lain dengan dibangunnya Masjid Agung Sergai ini, serta menghimbau kepada masyarakat untuk rutin mengisi Masjid Agung Serdang Bedagai ini nantinya. Karena Masjid merupakan tempat terbaik dimuka bumi dan disanalah seorang hamba beribadah kepada Allah SWT.

Masjid Agung Serdang Bedagai ini dibangun dengan biaya APBD 2019 dengan total nilai 51 milyar, sehingga Masjid ini harus kita makmurkan bersama-sama. Masjid ini juga bisa menjadi rest area karena letaknya yang berdekatan dengan pintu tol. Masyarakat akan melihat oase yang menjadi tempat berkumpul orang-orang pada saat Adzan, juga ada taman dan pusat kuliner serta akan ada menara yang akan dibangun yang bisa melihat garis pantai Selat Malaka.

2

Perhatian Pemerintah Daerah untuk Masjid ini, setelah selesai dibangun nantinya akan dibuat kelembagaan Imam Masjid, Kajian Ilmu Agama, dan Media Dakwah yang memiliki Sekretariat di Masjid ini, yang akan menjadi pusat di Serdang Bedagai ini. “Dengan mengucap Bismillah pembukaan peletakan batu pertama Masjid Agung Serdang Bedagai pada tanggal 4 April 2019 resmi dibuka”, ujar Bupati.

Ketua MUI Kabupaten Serdang Bedagai H. Lukman Yahya yang hadir pada acara tersebut mengatakan “orang yang terlibat dalam pembangunan masjid walau seperti sangkar burung saja maka Allah SWT akan membangun rumah untuknya di surga”. Kita berharap tangan-tangan yang meletakkan batu ini adalah tangan yang di ridhoi Allah SWT, “ucapnya”.

Sedangkan Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Serdang Bedagai, H. Darwis Rambe mengaku bangga atas pembangunan Masjid Agung ini. Dikatakannya, semenjak dimekarkannya Kabupaten Serdang Bedagai ini tahun 2004 berdasarkan data telah berdiri 668 Masjid yang tersebar di 17 Kecamatan dan diantaranya terdapat masjid peninggalan Sultan, ini membuktikan bahwa masyarakat Serdang Bedagai adalah masyarakat yang beriman dan bertaqwa dengan kualitas dan kuantitas masyarakat yang terus bertambah dan kerukunan masyarakat yang harmonis dan damai. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Bupati, karena telah bekerja untuk pembangunan Masjid ini serta mengajak masyarakat mengisi dan memakmurkan Masjid Agung Serdang Bedagai ini nantinya.

3

Selanjutnya Kajati Sumatera Utara Bapak Fachruddin S.H., M.H. yang turut hadir pada acara ini mengaku kaget karena dikasih tengkuluk, ia menganggap bahwa ini adalah sebuah penghargaan kepada dirinya. “Mari kita ucapkan syukur Alhamdulillah atas prakarsa bapak Bupati terlaksana pembangunan Masjid ini. Semoga dengan dibangunnya Masjid Agung ini menjadi tempat pemersatu masyarakat dan bukan menjadi tempat mengkotak-kotakan masyarakat”, tutup Kajati. (Red)

  • 968-s-syarif-mappiasse.jpg
  • 969-s-rafiuddin.jpg
  • 970-s-abdul-mannan-hasyim.jpg
  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg
  • 976-s-rokhanah.jpg
  • 977-s-zainullah.jpg
  • 978-s-nasri.png