1

Jumat, 15 Maret 2019 – Pengadilan Agama Rantauprapat juga Pengadilan Agama Sidikalang berkunjung ke Pengadilan Agama Stabat, adapun maksud dari kunjungan tersebut selain menjalin tali silaturahim juga untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani ( WBBM ) yang telah dicanangkan pada tanggal 11 Februari 2019 di Pengadilan Agama Rantauprapat.PA Rantauprapat memilih PA Stabat sebagai tempat studi banding karena PA Stabat telah terlebih dahulu melaksanakan Zona Integrtas pada tahun 2016.

2

Ketua Pengadilan Agama Stabat (Drs. H. Imaluddin, S.H., M.H), menyambut baik kedatangan rombongan Pengadilan Agama Rantauprapat diruang rapat Pengadilan Agama Stabat. Kemudian Wakil Ketua Pengadilan Agama Stabat ( Drs MHD Nuh S.H., M.H ) memberikan penjelasan mengenai beberapa hal tentang Pembangunan Zona Integritas, “ program prioritas Mahkamah Agung sekarang adalah Zona Integritas, dan Zona Integritas ini adalah bagian dari Reformasi Birokrasi. Untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya harus di dukung dengan Akreditasi Penjaminan Mutu ( APM ), Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ), Zona Integritas ( ZI ) dan pelaksanaan 8 area reformasi birokrasi karena Reformasi Birokrasi ini merupakan langkah awal untuk melakukan penataan terhadap system penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional”, tuturnya .

Sesi diskusi dibuka setelah pemaparan dari wakil ketua PA Stabat, panitera dan sekretaris selesai, Diskusi berlangsung hangat dan diwarnai tanya jawab seputar langkah-langkah penting dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Selanjutnya PA Stabat mempersilahkan untuk melihat dan mempelajari dokumen Zona Integritas dan aplikasi pendukung yang dimiliki PA. Stabat sebagai pedoman perbandingan untuk dapat melaksanakan Pembangunan Zona Integritas.

Dari studi banding ini dapat disimpulkan bahwa kunci dari keberhasilan dari Pembangunan Zona Integritas adalah komitmen, kesepahaman, dan kerja sama yang baik antara pimpinan dan pelaksana.

4

Ucapan terimakasih Pengadilan Agama Rantauprapat disampaikan oleh Ketua Drs H Bakti Ritonga S.H., M.H kepada Pengadilan Agama Stabat karena telah menerima kedatangan dan memberikan pemahaman dan dokumen seputar Zona Integritas. Kemudian besar harapan Pengadilan Agama Rantauprapat untuk dapat mensukseskan pembangunan zona integritas dan sharing yang diberikan terkait langkah-langkah untuk mendorong suksesnya pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Rantauprapat dapat dilakukan lebih mendalam.

  • 968-s-syarif-mappiasse.jpg
  • 969-s-rafiuddin.jpg
  • 970-s-abdul-mannan-hasyim.jpg
  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg
  • 976-s-rokhanah.jpg
  • 977-s-zainullah.jpg
  • 978-s-nasri.png