1

Beberapa hari disibukkan dengan bermacam kegiatan yang menguras waktu dan tenaga, setelah sehari sebelumnya pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Padangsidimpuan yang Baru, selasa 27 Nopember 2018. Pengadilan Agama Padangsidimpuan kedatangan tamu yang sudah di tunggu-tunggu. namun jadwal kedatangan tamu penting ini lebih cepat dari yang dijadwalkan, sehingga membuat persiapan yang dilakukan oleh Personel dari Pengadilan Agama Padangsidimpuan Kurang Maksimal. Tamu tersebut berasal dari Tim Assesment Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Agama Badan Peradilan Agama (Badilag). Assesor Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama tersebut adalah Bapak Irsyadi S.Ag., M.Ag. yang sekaligus merupakan sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Padang dan Bapak Annang Achminata Hadi Eka Prasetyo, S.Kom. berasal dari Pengadilan Tinggi Agama Medan yang juga merupakan Kasubbag Keuangan dan Pelaporan di Pengadilan Tinggi Agama Medan.

2 3

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Padangsidimpuan acara tersebut dibuka langsung oleh Bapak Buniyamin Hasibuan, S.Ag yang merupakan Ketua Pengadilan Agama Padangsidimpuan. Dalam Opening Meeting tersebut Assessor Eksternal Bapak Irsyadi S.Ag., M.Ag. mengutarakan bahwa Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pencari keadilan, serta menuju modernisasi pelayanan dengan berbasis teknologi dan pelayanan yang efisien. Indikator-indikator yang termuat dalam APM membuat standarisasi yang sama di setiap pengadilan di Indonesia sehingga pelayanan yang didapat pencari keadilan sama di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu inovasi dalam pelayanan yang sedang dilakukan adalah dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Pelayanan ini memperuntukkan segala urusan di Pengadilan dalam 1 (satu) ruangan, mulai dari informasi, pendaftaran perkara sampai pengambilan produk pengadilan dalam satu meja yang sudah di desain khusus untuk memberikan kenyamanan para pencari keadilan.

4

Penilaian yang dilakukan selama 2 (dua) hari membuat seluruh Personel Pengadilan Agama Padangsidimpuan tak kenal lelah untuk mempersiapkan seluruh dokumen yang diminta oleh assessor eksternal,walaupun sudah lembur selama seminggu sebelumnya, namun semangat akreditasi Penjaminan mutu (APM) di Pengadilan Agama Padangsidimpuan tetap eksis sampai akhir penilaian. Akhirnya, closing meeting pun tiba, arahan dan masukan dari assessor ekternal sangat memberikan warna baru dan pencerahan bagi seluruh personel Pengadilan Agama padangsidimpuan. Tinggal menunggu hasil yang sangat di harapkan “A Ecxellent” Semoga……(Jurdilaga Pasid).

  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg
  • 976-s-rokhanah.jpg
  • 977-s-zainullah.jpg
  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png