PA.Rap - Rapat Koordinasi PA Rantauprapat Kelas I-B

1

Rapat koordinasi kembali diadakan oleh Pengadilan Agama Rantauprapat pada hari Senin tanggal 24 Juli 2018, tepat pada pukul 08.00 dilaksanakan di aula kantor Pengadilan Agama Rantauprapat ,rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat Bapak Drs H Bhakti Ritonga S.H., M.H, didampingi oleh Sekretaris dan Panitera Pengadilan Agama Rantauprapat, serta dihadiri oleh suluruh Hakim, Pegawai dan Honorer Pengadilan Agama Rantauprapat.

2

Rapat membahas tentang Implementasi Administrasi yang berhubungan dengan SAPM berbasis TI di lingkungan Pengadilan Agama Rantauprapat . Menurut Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat disetiap bidang pekerjaan di Pengadilan Agama Rantauprapat dalam implementasinya terhadap system administrasi yang berhubungan dengan SAPM berbasis TI sudah bejalan namun belum maksimal, disini pemimpin rapat selaku ketua Pengadilan Agama Rantauprapat menekankan kembali bahwa dalam setiap item pekerjaan harus berbasis TI kaitannya dengan rangkaian pekerjaan kebidang lain.

Adapun rancangan kesimpulan dalam rapat koordinasi Pengadilan Agama Rantauprapat Senin 24 Juli 2018 antara lain :

1. Kewajiban Hakim dan Panitera Sidang dalam Implementasi SAPM Berbasis TI untuk kepentingan Meja II kaitannya dengan pengisian buku register dan peng-inputan data ke SIPP.
2. Kepentingan administrasi keuangan oleh petugas kasir, dimana kasir melaksanakan instruksi dari persidangan sesuai dengan instrument maupun formulir yang yang ditandatangani oleh majelis dan diserahkan majelis kepada pihak didalam persidangan untuk diteruskan ke kasir.
3. Kepentingan Meja III, Panitera sidang diwajibkan mengisi instrument ikrar dan menyerahkannya kepada petugas meja III untuk penerbitan AC dan pengisian data dalam buku register yang bersangkutan.
4. Mediasi, dalam penerapan Perma No 1 Tahun 2016 tentang prosedur mediasi di Pengadilan semua formulir dipakai dan tidak dibenarkan dengan tulis tangan, kemudian petugas mediasi wajib meng-input data ke SIPP.

Pada sesi terakhir Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat menambahkan sedikit himbauan tentang prosedur cuti bagi Hakim dan Panitera sidang yang ingin mengambil cuti , didalam permohonan cutinya harus ada persetujuan dari Ketua Majelis dan melampirkan data persidangan yang akan disidangkan . Kemudian Ketua menegaskan serta mendorong kembali kepada segenap aparatur untuk berkomitmen terhadap pekerjaan masing-masing , dan terus meningkatkan kebersamaan dan persaudaraan. Acara Rapat Koordinasi ini ditutup oleh sekretaris dengan bacaan Hamdalah.