Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id

Aparatur Pengadilan Agama (PA) Kisaran mengikuti kegiatan Zoom Launching dan Talkshow Panduan Praktis Pelaksanaan Strategi Nasional Pencegahan Perkawinan Anak pada Selasa, 30 April 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Deputi Bidang Pemenuhan Anak secara Online.

 

Kegiatan ini diikuti oleh Kasubbag Umum dan Keuangan, Bapak Fakhrur Razi, S.H, Kasubbag PTIP, Ibu Nur Ilmayati, S.H., Juru Sita, Bapak Syaiful Anwar, S.H. dan Pengelola Perkara Peradilan, Harry Tri Andhika, A.Md.A.B.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada aparatur PA Kisaran tentang Panduan Praktis Pelaksanaan Strategi Nasional Pencegahan Perkawinan Anak di Daerah.

Salah satu narasumber dalam acara tersebut adalah Bapak Yudi Hermawan, Hakim Yustisial Mahkamah Agung Republik Indonesia. Dalam talkshownya, Bapak Yudi Hermawan menyampaikan tentang pentingnya peran PA dalam mencegah perkawinan anak.

PA memiliki kewenangan untuk mengadili perkara dispensasi kawin yang diajukan oleh anak di bawah umur. Dalam mengadili perkara ini, PA harus mempertimbangkan kepentingan terbaik bagi anak.

PA juga dapat bekerja sama dengan instansi lain, seperti Kementrian PPPA, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dan Dinas Kesehatan untuk mencegah perkawinan anak. (nrl)

  • 781-s-imbalo-rev.jpg
  • 782-s-kaloko-rev.jpg
  • 783-s-erpidesrina-rev.jpg