Balige | www.pa-balige.go.id

Rabu, 17 Mei 2023. Pengadilan Agama Balige melaksanakan sidang di luar Gedung yang bertempat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Habinsaran dimana KUA Kec. Habinsaran juga Melingkupi Kec. Pasuburan dan Kec. Nassau. Hakim Tunggal yang bertugas dalam sidang tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Balige, Panitera dan Analis Perkara turut membantu jalannya sidang mempersiapkan kelengkapan sidang. Pelaksanaan sidang di luar Gedung tersebut juga mempertegas salah satu misi Pengadilan Agama Balige yakni mewujudkan pelayanan cepat, sederhana dan biaya ringan. rombongan Tim Sidang di luar Gedung Berangkat Dari Kantor Menuju Lokasi Pada Pukul 08.05 Wib. Sampai ditempat Lokasi Sidang Pukul 11.00 Wib. Sidang di luar Gedung dilaksnakan pada pukul 11.25 Wib dan selesai Pukul 13.30 Wib. adapun Perkara yang disidangkan Adalah Perkara Dispensasi Nikah.

 

Ketua Pengadilan Agama Balige Sudarman, S.Ag, M.H., mengatakan bahwa masih ada beberapa kendala yang dialami oleh masyarakat pencari keadilan ketika melakukan proses persidangan, ada yang mengalami kendala akses jalan serta jarak menuju pengadilan yang sangat jauh, setidaknya ketika kita hadir di tengah masyarakat bisa mempermudah para pencari keadilan. “Bahkan tidak jarang para pencari keadilan merasa minder apabila datang ke kantor atau suasananya terkesan formal, tetapi ketika ada sidang di luar Gedung seperti saat ini justru terlihat antusias.” ungkap sang Ketua Pengadilan Agama Balige pada hari itu.

Kepala KUA Kec. Habinsaran, Bapak Ikhsan Yasin Siregar, S.H.I, juga mengapresiasi adanya sidang di luar Gedung yang diadakan oleh Pengadilan Agama Balige ini, masyarakat menjadi sangat terbantu sekali. “Syukur Alhamdulillah sidang kali ini dapat dilaksanakan di kantor kami, selain bisa memudahkan hambatan-hambatan bagi masyarakat pelosok di Kabupaten Toba, di lain sisi bisa memberi pencerahan bagi masyarakat yang masih awam tentang hukum agama, maupun perkara yang bisa diselesaikan di Pengadilan Agama. Kami berharap kedepannya bisa tetap bekerjasama dalam hal ini, pada intinya kita niatkan membantu mempermudah urusan umat” ujar Ikhsan. (TIP)

  • 779-s-alaidin.jpg
  • 780-s-sahrudin.jpg
  • 781-s-fakhruddin.jpg
  • 782-s-mnasri.jpg
  • 783-s-arief.jpg
  • 784-s-tiwi.jpg
  • 785-s-anang.jpg
  • 786-s-ramadhan.jpg