Bina mental pada Kamis, 16 Juni 2022 dibawakan oleh Wahyu Kurniati Lubis, S.Ag. Panitera Pengadilan Agama Pematangsiantar. Bina mental ini dimulai pada pukul 08.30 WIB di Ruang Sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar.

 

            Panitera pun memulai bintal ini dengan bercerita mengenai tiga orang penyelam yang diberikan tugas untuk mencari mutiara. Ketiga penyelam mutiara ini dibekali tabung oksigen yang telah terpasang dipunggungnya. Kisah ini pun dimulai dengan penyelam pertama yang mempunyai niat bulat untuk mencari mutiara sebanyak-banyaknya. Tetapi setelah sampai di dasar laut, ia tercengang dengan keindahannya yang mempesona. Penyelam pertama pun terpana sehingga ia terhanyut bermain dengan karang dan ikan-ikan dan lupa akan tugas semulanya. Hingga ia tersadar oksigen yang dipunggungnya tinggal sedikit dan terburu-buru naik ke atas tanpa membawa mutiara.

 

Selanjutnya giliran penyelam kedua pun turun ke dasar laut. Ia pun fokus dengan tugasnya mencari mutiara tanpa tergoda dengan panorama bawah laut yang mempesona. Setelah mengumpulkan mutiara sebanyak-banyaknya, tibalah waktu bagi penyelam kedua untuk naik ke permukaan disebabkan tabung oksigennya telah menipis. Namun, karena terburu-buru ia tidak mengikat kantong mutiaranya dengan baik. Sehingga saat sampai dipermukaan kantong tersebut tidak berisi mutiara yang ia harapkan. Lalu tibalah gilaran penyelam ketiga untuk turun mencari mutiara. Ketika sampai di bawah laut, penyelam ketiga ini terpesona dengan pemandangan di dasar laut. Namun, ia tidak lupa dengan tujuannya mencari mutiara. Selagi menyelam mencari mutiara ia pun menikmati pemadangan laut nan indah yang sayang untuk dilewatkan. Ketika tabung oksigen akan habis, ia pun segera naik ke permukaan.

Kisah ketiga penyelam tersebut mirip dengan perjalanan hidup manuasia. Dengan tabung oksigen melambangkan jatah umur manusia, mutiara sebagai pahala yang kita kumpulkan, sedangkan keindahan bawah laut adalah godaan-godaan kenikmatan duniawi. Wahyu Kurniati Lubis pun berpesan “Marilah kita instropeksi, sudah cukupkah mutiara yang kita peroleh sehingga bila suatu saat ketika kita harus muncul kepermukaan menemui Allah SWT, ia ridha menerima kita” ucap beliau. Bina mental hari ini pun berakhir pada pukul 09:00 WIB.

 

Tim IT PA Pematangsiantar

  • 802-p-rohyan.jpg
  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg