Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Asri Handayani, S.H.I., M.E. mengikuti kegiatan Kuliah Umum mengenai “Penerapan Perbankan Syariah di Mesir dan Arab Saudi serta Permasalahannya” secara online melalui zoom meeting  pada Rabu, 15 Juni 2022. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) pada pukul 10.00 WIB.

 

Direktur Jenderal Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. membuka kuliah umum ini secara resmi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan melalui kegiatan ketua dan hakim akan mendapatkan pengetahuan lebih mendalam mengenai Perbankan Syariah dan Penerapannya di Mesir dan Arab Saudi beserta permasalahannya. Adapun tujuan dari pelaksanaan kuliah umum ini adalah untuk memperkuat sistem ekonomi syariah dan penegakan hukumnya dalam mendukung perkembangan perekonomian di Indonesia yang berbasis ekonomi Islam.

Narasumber pada kuliah umum ini ialah Direktur Pusat Kajian Ekonomi Islam Shaleh Kamil Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, Prof. Dr. Mustofa Dasuki Kesba. Abu Jahid Darso Atmojo, Lc., LL.M., Ph.D., Hakim Yustisial Dirjen Badilag Mahkamah Agung selaku moderator menyampaikan target yang akan dicapai dari kuliah umum ini ialah meningkatkan kapasitas para Hakim Pengadilan Agama dalam mengadili sengketa ekonomi syariah sehingga memperkuat kepercayaan masyarakat dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah, menyamakan persepsi atas penerapan hukum ekonomi syariah, serta mensosialisasikan ekonomi syariah dan prospek penerapan hukum perbankan syariah di Indonesia.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta. Dipenghujung acara,  Direktur Jenderal Badilag memberikan cinderamata kepada narasumber serta diadakan sesi foto bersama. Kuliah umum ini pun berakhir pada pukul 12.30 WIB.

 

Tim IT PA Pematangsiantar.

  • 802-p-rohyan.jpg
  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg