Sibolga, Jum'at (17/6/2022), Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA Rl nomor 2867/DWPP.001612022 tanggal 9 Juni 2022, dilaksanakan pembinaan teknis dengan tema "Temuan Problematika Penerapan Hukum Acara dalam Berkas Kasasi dan Peninjauan Kembali", yang disampaikan oleh Yang Mulia Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung Republik lndonesia, Bapak Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H.

Bimtek Temuan Problematika Penerapan Hukum Acara 2022

Sebelum di mulainya pembinaan teknis yustisial, acara di buka terlebih dahulu oleh Bapak Dr. H. Aco Nur, S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, yang berpesan bahwa : "Penerapan hukum acara dalam peradilan agama yang tidak tepat, dapat diminimalisir oleh adanya peningkatan sumber daya manusia dengan cara keikutsertaan pada pembinaan teknis yang diadakan oleh Badan Peradilan Agama. Sehingga para pencari keadilan mempunyai rasa puas dengan adanya penerimaan putusan dari tingkat pertama, tingkat banding, dan tingkat kasasi yang telah sesuai dengan prosedur beracara di pengadilan agama."

Dengan moderator Bapak Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag., sebagai  Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama. Beberapa hal yang bisa kita petik dari penyelenggaraan kegiatan bimbingan teknis ini yakni seperti disampaikan oleh Yang Mulia Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung Republik lndonesia, Bapak Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H., bahwa :
" Apabila Hakim salah menerapkan hukum acara secara prosedural, maka akan berakibat fatal pada substansial yang ada dalam suatu proses pembuatan putusan pengadilan. Ada beberapa penemuan dalam penerapan hukum acara, diantaranya:
- Eksepsi kompetensi relatif tanpa jawaban pokok perkara;
- Penerapan eksepsi kompetensi relatif;
- Kapan Hakim menjatuhkan putusan yang dinilai kabur?;
- Akta autentik tidak ada aslinya;
- Penerapan sumpah decissoir."

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan bimbingan teknis seperti ini dapat memberikan pencerahan-pencerahan khususnya dalam menangani problematika terkait hukum acara dalam kasasi dan peninjauan kembali. (AL/FAG)

  • 802-p-rohyan.jpg
  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg