1

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Pengadilan Tinggi Agama Medan sudah berjalan sejak tahun 2012 dan terus berkelanjutan sampai saat ini. Reformasi Birokrasi yang sedang dan telah berjalan dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala guna mengetahui sejauh mana reformasi birokrasi berjalan secara efektif dan efisien.

Sejak dicanangkannya Pembangunan Zona Integritas yang merupakan bagian dari Reformasi Birokrasi pada Pengadilan Tinggi Agama Medan menuju WBK dan WBBM pada tanggal 5 April 2019, PTA Medan terus berbenah untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan penataan sistem penyelenggaraan Negara  dan pemerintah yang baik, efektif dan efisien.

9

Untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi Pengadilan Tinggi Agama Medan terus berusaha melaksanakan Reformasi Birokrasi dan membangun Zona Integritas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas. Penilaian Mandiri ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pencapaian Pembangunan Zona Integritas yang telah dilaksanakan dan permasalahan apa saja yang timbul dalam membangun Zona Integritas serta solusi apa yang dapat dilakukan agar pembangunan zona integritas dapat berjalan dengan lancar sehingga Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dapat segera terwujud. Penilaian Mandiri Zona Integritas oleh Tim PMPRB ZI pada tanggal 6 Mei 2019 dengan nilai 82,60 %;

Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas berjalan beriring dengan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Agama Medan yang mendapat nilai A Excellent  telah memberikan dampak positif bagi peningkatan kinerja pelaksanaan tugas, peningkatan pelayanan dan kepercayaan masyarakat. Keberhasilan kegiatan pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM memang bukan jaminan bagi tercapainya institusi yang konsisten pada prinsip integritas dan melayani, namun ini adalah komitmen pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Medan dan jajarannya untuk melaksanakan Pembangunan Zona Integritas.

Kemudian tanggal 17 Mei 2019 Tim Evaluator dari Badan Pengawasan MARI telah melakukan penilaian Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas PTA Medan dengan nilai 87,88.

Kemudian Tanggal 17 Mei 2019 Tim Evaluator dari Badan Pengawasan MARI telah melakukan penilaian Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas pada  PTA Medan dengan nilai 87,88. Dengan capaian nilai ZI PTA Medan yang terus meningkat tersebut, maka pada tanggal 11 Juni 2019 PTA Medan diusulkan oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI untuk mengikuti penilaian lanjutan Zona Integritas dari Tim MenpanRB bersamaan dengan 176 Satker dari Mahkamah Agung RI.

Selanjutnya tanggal 8 Juli 2019 PTA Medan mengikuti pembekalan Reviu Tim Penilai Nasional dari Kemenpan RB di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Jakarta dan pada tanggal 12 September 2019, PTA Medan bersama PA Stabat mengikuti Desk Evaluasi yang dilaksanakan oleh Tim Menpan di Hotel Kemang Jakarta;

Kemudian pada tanggal 18 September 2019 Tim Survey Eksternal Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi dari Badan Pusat Statistik Sumatera Utara telah melakukan survey di PTA Medan;

Setelah tahap demi tahap penilaian pembangunan zona integritas dilalui oleh PTA Medan, maka tahap selanjutnya adalah menunggu Tim evaluator Zona Integritas dari Kemenpan RB meninjau secara langsung pelaksanaan pembangunan zona integritas pada PTA Medan.

Hari yang ditunggu tunggu telah datang, tepatnya Selasa, tanggal 5 Nopember 2019 pukul 10.30 WIB, PTA Medan dikunjungi oleh Tim Evaluator Zona Integritas dari Kemenpan RB (Ibu Anesia Ribka, S.A.P dan Sdr Novan) didampingi Tim dari Biro Perencanaan Mahkamah Agung RI. (ibu Tiroi) Kedatangan Tim evaluator disambut oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris dan Pegawai PTA Medan.

2 3

Acara penyambutan dilakukan dengan sederhana, yaitu dengan pengalungan ulos kepada Tim Evaluator tanpa diiringi dengan tari-tarian. Setelah acara penyambutan, Tim langsung menuju ruang tamu pimpinan. Setelah memperkenalkan diri, Tim langsung dipandu ke ruang layanan (PTSP), kemudian ruang sidang, ruang arsip dan ruang lainnya.

Pada saat kunjungan ke PTSP, Tim IT PTA Medan memperlihatkan 8 inovasi yang telah dilaunching pada bulan 5 September 2019  dan 2 aplikasi baru diciptakan oleh Tim IT PTA Medan. Tim Evaluator memberikan apresiasi atas diluncurkannya dan digunakan aplikasi tersebut untuk mendukung peningkatan kinerja agar lebih efektif dan efisien.

4 5

Setelah memantau, mengamati dan langsung memberikan masukan dan saran agar  sarana dan prasarana layanan publik yang ada di PTA Medan, Tim kembali ke ruang pertemuan untuk berdiskusi dan dialog dengan pimpinan dan pejabat struktural/fungsjonal PTA Medan.  Tim memberikan arahan agar Aplikasi yang telah dibuat terus dikembangkan dan bisa digunakan tidak hanya untuk PTA tetapi juga untuk PA yang ada diwilayah hukum PTA Medan. Dialog berjalan interaktif, santai namun serius.

Dalam acara kunjungan Tim Evaluator ZI Kemenpan RB, hadir juga wartawan online meliputi kegiatan tersebut dan mengadakan wawancara langsung dengan Ketua Tim (Ibu Anesia Ribka, S.A.P).

Tepat pukul 12.00 WIB Tim evaluator pamit karena akan mengunjungi PN Medan dalam rangka acara yang sama.

6

Acara ditutup dengan foto bersama. (amr)

  • 955-s-rosmawardani.jpg
  • 956-d-bj-habibie.jpg
  • 957-s-mhd-nuh.jpg
  • 958-s-yayan-liana.jpg
  • 959-s-shalahuddin.jpg
  • 960-s-masalan-bainon.jpg
  • 961-s-royid-mumtaz.jpg
  • 962-s-zubaidah-hanoum.jpg
  • 963-s-basuni.jpg
  • 965-s-eldi-harponi.jpg