1

Setelah Badilag sukses meluncurkan 9 Aplikasi mendukung E-Litigasi pada tanggal 18 September 2019 yang dilaunching oleh Ketua Mahkamah Agung RI, yang mulia Prof. Dr. H.M. Hatta Ali, S.H., M.H.,di hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta, hanya berselang satu minggu kemudian setelah badilag meluncurkan 9 aplikasi, PTA Medan meluncurkan 8 aplikasi untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi bidang kepaniteraan dan kesekretariatan.

3 4

Acara Launching 8 Aplikasi PTA Medan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 26 September 2019, pukul 14.30 WIB, bertempat di Hotel Grand Kanaya Medan. Hadir dalam acara launching tersebut, Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai dan Honorer PTA Medan,  Ketua , Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PA se Sumatera Utara. Hadir juga undangan khusus, Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dan Ketua PTA Kupang.

Acara peluncuran dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne MARI. Kemudian Pembacaan doa, lalu dilanjutkan dengan sambutan Ketua PTA Medan.

2

Ketua PTA Medan, Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H, M.H., dalam sambutannya menyampaikan  bahwa PTA Medan sudah membuat 8 aplikasi ini bukan untuk menandingi aplikasi yang telah diluncurkan Badilag tetapi untuk melengkapi dan memudahkan pelaksanaan tugas agar lebih efektif dan efisien. 8 Aplikasi yang akan diluncurkan adalah :

5

  1. Aplikasi Antrian PTSP

Aplikasi ini untuk mendukung kebijakan Dirjen Badilag tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (SK Dirjen No. 1403.b/DJA/SK/OT.01.3/8/2018) dan Tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU No. 14 Tahun 2008), tujuannya untuk mewujudkan peradilan yang modern, transparan, mudah dan cepat serta terintegrasi dengan SIPP.

Inovasi ini merupakan peralihan dari antrian manual ke antrian elektronik Aplikasi ini melayani pencari keadilan dalam mengakses pelayanan yang terangkum dalam PTSP.

(mulai dari informasi, pendaftaran, persidangan, penyerahan produk pengadilan maupun pengaduan yang didukung dengan qrcode perkara.

Selain itu qrcode perkara memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pihak berperkara secara transparan, aplikasi ini terintegrasi dengan website satker sehingga pencari keadilan dapat memperolah informasi antrian poersidangan secara live time.

  1. DASHBOARD SIPP

Aplikasi ini untuk mendukung Perma No. 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung, bertujuan untuk memantau, memonitor dan mengevaluasi kinerja penanganan dan penyelesaian perkara yang dilaksanakan oleh 22 Satker di wilayah Sumatera Utara secara online tanpa harus turun ke daerah.

  1. TV Media

Dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dan UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Aplikasi ini dibuat untuk memberikan informasi tentang jadwal persidangan, pengembalian sisa panjar, rekap jenis perkara dll, juga dilengkapi dengan tayangan hiburan.

  1. Aplikasi ABK (Analisis Beban Kerja)

Aplikasi ini mendukung SK Sekma No. 415/Sek/SK/V/2019 Tentang Pedoman Pelaksanaan Analisis Beban Kerja di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradi

lan yang berada dibawahnya. Aplikasi ini memudahkan untuk membuat SKP dan mengitung beban kerja, dan memperoleh informasi sejauh mana tingkat efektivitas dan efisiensi kerja yang didasarkan pada volume kerja.

  1. ARIAWAN

Aplikasi ini mempermudah kerja bagian kepegawaian dalam mengarsipkan data pegawai, kecepatan dan ketepatan penyajian informasi data kepegawaian serta keamanan arsip data pegawai dari pihak yang tidak berkepentingan, dan backup arsip-arsip vital dan penghematan tempat arsip.

  1. SIMONLEDA (Sistem Infromasi Monitoring Kelengkapan Data)

Aplikasi ini terintegrasi dengan SIKEP MA dan merupakan aplikasi pendukung SIKEP, dimana data yang belum terekam di SIKEP, menjadi lengkap dengan aplikasi ini seperti penyetoran dan pembuatan SPT, sehingga memudahkan memonitoring kelengkapan data pegawai sewilayah Sumatera Utara

  1. NOBEL (Notifikasi Bendaharawan)

Aplikasi ini mendukung Surat BUA No. 52/BUA.2/Kp.04.I/V/2018 tanggal 23 Mei 2018 tentang Pedoman Usul Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO). Aplikasi ini bertujuan mempermudah penyesuaian gaji dan tunjangan yang berhubungan dengan kenaikan pangkat, gaji berkala secara otomatis pada daftar gaji pegawai yang bersangkutan pada bendaharawan satker.

  1. MySIP3K (Sistem Informasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)

Aplikasi ini memuat data seluruh honorer yang bekerja pada satuan kerja di PTA dan PA di wilayah Sumatera Utara, aplikasi ini bertujuan untuk memonitor dan mengevaluasi kinerja Pegawai P3K.

Diakhir sambutannya Ketua PTA Medan menyampaikan terima kasih kepada Bp Dirjen yang berkenan hadir dan mohon untuk melaunching 8 aplikasi inovasi PTA Medan serta memberikan pembinaan kepada PTA Medan dan PA se Sumatera Utara.

6

Suasana hening ketika Bp. Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dengan didampingi Ketua PTA Medan, Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H, memasang barcode sebagai tanda dimulainya launching 8 aplikasi inovasi PTA Medan. Suasana yang tadi hening berubah menjadi gegap gempita diiringi tepuk tangan meriah membahana memenuhi ruang acara peluncuran 8  aplikasi tersebut. Diiringi pemutaran video pemaparan dan penjelasan singkat tentang 8 aplikasi yang baru dilaunching bapak Dirjen tersebut.

Bapak Dirjen memberikan apresiasi kepada PTA Medan atas peluncuran 8 aplikasi inovasi ini. Dan Pak Dirjen menyatakan tim IT Medan memang hebat, bahkan Tim IT Badilag yang ikut mensukseskan launching 9 aplikasi di Jakarta seminggu yang lalu,  3 orang berasal dari Medan, yaitu Sdr. Ahmad Muzayyin, Aminuddin dan Aulia Putera.

Setelah peluncuran 8 aplikasi itu, acara dilanjutkan dengan pembinaan dari bapak Dirjen Badilag. (amr)

  • 955-s-rosmawardani.jpg
  • 956-d-bj-habibie.jpg
  • 957-s-mhd-nuh.jpg
  • 958-s-yayan-liana.jpg
  • 959-s-shalahuddin.jpg
  • 960-s-masalan-bainon.jpg
  • 961-s-royid-mumtaz.jpg
  • 962-s-zubaidah-hanoum.jpg
  • 963-s-basuni.jpg
  • 965-s-eldi-harponi.jpg