1

Setelah sukses melaksanakan Asessment Internal oleh Tim Asesement Internal PTA Medan dengan nilai memuaskan, kini saatnya  Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Agama Medan siap ditinjau ulang /di-surveillance oleh Tim Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu Badilag Mahkamah Agung RI.

Berdasarkan Surat Badilag Nomor 2065/DJA/OT.01.3/5/2019 tanggal 27 Mei 2019 Pelaksanaan Asessment Surveillance dimulai tanggal 12 Juni s.d. 5 Juli 2019, Ada 13 Pengadilan Tinggi Agama yang akan disurveillance termasuk PTA Medan. Kapan kunjungan Tim Surveillance ke PTA Medan tidak diketahui karena tidak diberitahu jadwalnya, namun demikian PTA Medan sudah siap untuk menyambut kedatangan Tim Surveillance dari Badilag.

Hari Kamis, tanggal 20 Juni 2019 pagi sekitar pukul 7.00 WIB PTA Medan dikagetkan dengan kedatangan Tim Surveillance Badilag. Tim berkunjung layaknya tamu, bertanya pada security, bertanya pada petugas pelayanan, melihat dan memantau kondisi lingkungan kebersihan dan keindahan kantor. Setelah mendokumentasikan gedung dan ruangan, kemudian Tim melapor kepada Ketua PTA Medan.  

1 3

Tim Surveillance dipimpin oleh Drs. H. Candra Boy Seroza, S.Ag, M.Ag, sebagai Lead Asessor, H. Abu Jahid Darso Atmojo, Lc., L.L.M., Ph.D, dan Adnan Qori Widsanu, S.E., sebagai Pendamping Asessor. Sekitar pukul 08.15 WIB Opening meeting dimulai dengan dipandu oleh Adelaida Rangkuti, S.H., M.M., sebagai pembawa acara dengan membaca Basmallah. Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipandu oleh Dra. Zuhaira, S.H.,M.M., kemudian pembacaan doa dipimpin oleh Drs. H. Syofyan Souri, S.H, M.H.

2

Dalam sambutannya Ketua PTA Medan, Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H menyampaikan ucapan selamat datang di kota Medan. Lalu Ketua menyampaikan kondisi gedung PTA Medan yang belum prototype, namun dalam soal pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tetap berjalan semaksimal mungkin. Dan PTA Medan sudah siap untuk disurveillance oleh Tim dari Badilag.

4

Lead Asessor Candra Boy Seroza menyampaikan bahwa Surveillance Pertama APM ini menitikberatkan pada implementasi pelaksanaan Akreditasi penjaminan Mutu apakah berlangsung berkelanjutan atau hanya sementara, apabila ada pemeriksaan baru sibuk, setelah pemeriksaan kembali APM tidak dilanjutkan. Kita berharap ada tim penilai baik internal maupun eksternal melakukan pemeriksaan ataupun tidak, implementasi Akreditasi penjaminan Mutu tetap berjalan secara terus menerus, berkelanjutan dan berkesinambungan. Kita juga akan melihat sejauh mana implementasi SOP dilaksanakan, budaya kerja 3S dan 5R berjalan atau tidak. Dokumen juga penting namun tim akan melihat implementasinya di lapangan. Apakah PTA Medan dapat mempertahankan nilai A excellent atau tidak semua itu tergantung pada PTA Medan sendiri, ujar Lead Asseor. Lead Asessor membuka secara resmi Pelaksanaan Asessment Surveillance Pertama di PTA Medan.

7

Sebelum acara opening meeting ditutup, PTA Medan mengumandangkan Yel Yel yang dipimpin oleh Sekretaris H. Hilman Lubis, S.H., dengan semangat yang tinggi Para Hakim Tinggi dan Pegawai mengumandangkan Yel Yel :

Mahkamah Agung : Unggul,

Badilag : Jaya,

PTA Medan : Sukses, Yes Yes Yes!

Setelah itu Tim mulai melakukan penilaian terhadap document master dan implementasinya (eviden), juga melakukan wawancara dengan pihak terkait. Tepat pukul 20.00 malam tim selesai melakukan penilaian. (amr)

  • 954-d-pahlawan-harahap.jpg
  • 955-s-rosmawardani.jpg
  • 956-d-bj-habibie.jpg
  • 957-s-mhd-nuh.jpg
  • 958-s-yayan-liana.jpg
  • 959-s-shalahuddin.jpg
  • 960-s-masalan-bainon.jpg
  • 961-s-royid-mumtaz.jpg
  • 962-s-zubaidah-hanoum.jpg
  • 963-s-basuni.jpg