OH01

Apel Perdana

Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan memimpin langsung apel perdana usai libur bersama Idul Fitri 1440 H, Senin (10/06/2019). Apel pagi yang digelar di lobi PTA Medan ini dihadiri hakim tinggi dan pegawai Pengadilan Tinggi Agama Medan, kecuali seorang hakim tinggi yang tidak hadir karena sakit dengan terlampir surat dokter.

Pada apel tersebut, Ketua PTA Medan menyampaikan beberapa amanat khusus kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait dengan peningkatan kinerja, diantaranya disiplin dan efiensi waktu dalam bertugas.

OH02 OH03

Disebutkannya, kita harus berada pada garda terdepan dalam menyelesaikan tugas yang diemban. "Hindari menunda-nunda penyelesaian pekerjaan sampai besok, padahal pekerjaan tersebut dapat diselesaikan pada hari ini", tegasnya.
Ketua PTA Medan juga mengharapkan kepada para ASN di lingkungan PTA Medan agar terus memupuk rasa kebersamaan dan persatuan mengingat banyaknya program yang harus dijalankan, diantaranya Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan Zona Integritas (ZI).
Di akhir amanat, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan mengucapkan selamat Idul Fitri 1440 H, mohon maaf lahir dan batin dan selamat bekerja. Usai apel dilanjutkan acara bersalam-salaman dengan seluruh peserta apel.

Open House dan Halal bi Halal
Pada hari yang sama, diselenggarakan open house sekaligus acara halal bi halal bertempat di rumah dinas Ketua PTA Medan. Acara yang dipandu oleh Drs. Ali Mukti Daulay, diawali sambutan mewakili seluruh hakim dan pegawai PTA Medan, oleh Drs. H. Soufyan Sauri, S.H., M.H.
Dalam sambutannya beliau terlebih dahulu mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H dan atas nama pegawai mengucapkan permohonan maaf atas segala kesalahan baik sengaja atau tidak, serta tidak lupa menghaturkan terimakasih atas perkenan Ketua PTA Medan mengundang hakim dan pegawai bersilaturrahmi di rumah dinas beliau.
Dalam kesempatan tersebut, H. Soufyan Sauri, yang juga mubaligh kondang di Kota Medan mengatakan penting memposisikan diri sebagi tamu.

OH04   OH05

Harus disadari bahwa kehadiran kita di dunia yang fana ini hanya untuk sementara, bukan untuk selamanya, apalagi untuk hidup abadi. Karena sesungguhnya kehidupan yang kekal dan abadi hanya setelah kehidupan yang sementara ini, yaitu kehidupan akhirat”, ujarnya.

Disamping itu, perlu pula kita sadari bahwa bumi yang kita diami ini dengan segala macam fasilitasnya adalah ciptaan dan milik Allah SWT bukan ciptaan kita dan milik kita. Jadi, kita berada di dunia ini bukan di bumi kita, melainkan di atas bumi milik Allah. Status kita tak lebih dari “seorang tamu” Allah yang mendapat jamuan dengan berbagai fasilitasnya”, tukasnya.

Sebagai tamu, kitapun harus tahu apa misi dan tujuan kita bertamu, yakni menjalankan amanah sebagai khalifah-Nya di bumi dan untuk beribadah, mengabdi kepada-Nya. Tamu yang baik dan tahu diri adalah tamu yang dapat menyesuaikan diri serta mengikuti “aturan main” yang telah ditetapkan oleh “tuan rumah”, pungkasnya.

OH08   OH09

Sementara itu Ketua PTA Medan dalam sambutannya juga menghaturkan terimakasih atas kehadiran seluruh hakim dan pegawai PTA Medan pada acara tersebut. Sebelum meminta maaf beliau telah terlebih dahulu memaafkan kesalahan para undangan yang berhadir.

Tak lupa pula Ketua PTA Medan menyampaikan amanat berupa pengalaman beliau ketika menangani suatu kasus, yaitu perihal “persepsi”. Menurut Ketua PTA Medan persepsi bisa saja menimbulkan prasangka. Prasangka melahirkan energi negatif, sedangkan persepsi positif melahirkan kebaikan. Beliau mencontohkan seorang isteri dapat membenci suaminya karena persepsi yang salah, demikian juga sebaliknya.

OH06   OH07

Disamping itu, masih menurut Ketua PTA Medan, untuk menghindarkan persepsi negatif diperlukan silaturrahim seperti yang dilakukan saat ini. “Silaturrahim dapat mengalahkan energi negatif. Bahkan, menghindari seseorang salah sangka. Berbeda dengan halnya jika silaturahim tidak terbangun. Untuk membangun image positif tadi sangat penting menjalin silaturahim baik pada keluarga, tetangga, maupun orang lain”, imbuhnya.

Open house dan halal bi halal kali ini dihadiri oleh Wakil Ketua, Drs. H. Ahsin Abdul Hamid, S.H., Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, pejabat struktural dan fungsional serta pegawai dan karyawan PTA Medan.
Usai acara, dilanjutkan dengan santap siang bersama dalam suasana hangat dan penuh keakraban (Nas)

  • 965-s-eldi-harponi.jpg
  • 966-s-dian-ingrasanti.jpg
  • 967-s-arif-hidayat.jpg
  • 968-s-syarif-mappiasse.jpg
  • 969-s-rafiuddin.jpg
  • 970-s-abdul-mannan-hasyim.jpg
  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg