1

Musik melayu berdendang merdu, para penari lemah gemulai berlenggang lenggok mengikuti irama musik selayang pandang. Itulah sesi tari persembahan dari ibu-ibu DYK PTA Medan dalam acara pisah sambut Ketua PTA Medan. Tarian selayang pandang khusus dipersembahkan untuk menyambut kedatangan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan yang baru beserta rombongan dan ucapan selamat datang bagi para undangan di Kota Medan.

Pisah sambut Ketua PTA Medan dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Januari 2019 bertempat di Hotel Grand Antares Medan. Acara ini dihadiri oleh Keluarga besar PTA Medan, Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se Sumatera utara. Undangan lain yang hadir Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding wilayah Sumatera Utara, Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan beberapa Ketua PA wilayah PTA Palembang dan juga dari PTA Bandung.

Acara dimulai pukul 9.00 WIB oleh Pembawa acara Addelaida Rangkuti, S.H., M.M. dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Drs. H. Syofyan Sauri, S.H., M.H. Setelah doa dilanjutkan dengan pemberian cendera mata, sambutan, kesan dan pesan dari yang pergi maupun yang datang, dan ditutup dengan pemberian ucapan selamat.

1

Session yang tak kalah menarik dalam acara pisah sambut Ketua PTA Medan adalah tarian Sinanggar Tulo yang kembali dipersembahkan oleh Ibu-ibu DYK PTA Medan, untuk menyambut kedatangan KPTA Medan yang baru. Para hadirin larut dalam tarian ikut menortor berdendang mengikuti irama musik tapanuli utara, sambil memberikan “saweran” untuk memberikan semangat kepada para penari sinanggar tulo.

6 5

Nyanyian onang onang tor tor mandailing terus bergema, membahana mengiringi tarian tor-tor ibu DYK. Para penortor datang menjemput Ketua PTA yang baru Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. (yang sebelumnya menjabat Ketua PTA Palembang) beserta isteri untuk ikut berdendang menortor bersama penari tor-tor lainnya, untuk selanjutnya diberi ulos sebagai penghormatan kepada Ketua PTA yang baru.

Raja Bagodat sebagai pemangku adat di PTA Sumatera Utara, Drs. H. Maraenda Harahap, S.H., M.H. (pensiunan Hakim Tinggi PTA Medan) memimpin acara pengulosan Ketua PTA yang baru, bersama mora, kahanggi anak boru beserta sesepuh PTA Medan yang hadir Drs. H. Syahron Nasution, S.H., M.H. (mantan Ketua PTA Babel), Drs. H. Hasan Basri Harahap, S.H., M.H. (mantan Ketua PTA Padang), Drs. H. Abdurrahman HAR, S.H., M.H. (mantan Ketua PTA Palembang), marga Siregar, Lubis, Nasution, Ritonga, Rangkuti, Dalimunthe, Harahap, Batubara, Daulay dan lainnya berkumpul bersama ikut memeriahkan pemasangan ulos tersebut.

3

Suasana haru bercampur duka, sedih dan gembira bersatu dalam alunan musik syahdu mengiringi pemasangan ulos Ketua PTA baru. Dan Ketua PTA yang lama Drs. M. Taufiq HZ, M.H.I. beserta isteri ikut menortor bersama penari tor-tor lainnya.

5

Ketua PTA lama Drs. M Taufiq HZ, M.H.I. mewakili rekan-rekan yang mutasi (Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H. promosi menjadi Wakil Ketua PTA Pontianak, Dra. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. promosi menjadi Wakil Ketua PTA Bengkulu, Drs. H. Idham Khalid, S.H., M.H. mutasi menjadi Hakim Tinggi PTA Palembang, Dr. H. Zainullah, S.H., M.H. mutasi menjadi Hakim Tinggi Bawas, Drs. Abdul Khalik, S.H., M.H. promosi menjadi Panitera PA Pontianak Kelas IA, dan Liana Roslin, S.H., M.H. mutasi ke PA Lubuk Pakam, serta Drs. H. Syamsuddin Harahap yang telah memasuki masa purnabakti)  menyampaikan kesan dan pesan dalam acara pisah sambut tersebut.

Banyak kesan yang perlu disampaikan dalam kurun waktu 1 tahun 8 bulan bertugas di PTA Medan, ujar Ketua. Dulu ketika baru datang ke Medan, ada ungkapan yang bikin hati was-was, “Ini Medan, Bung!” konotasi negatif, tetapi setelah saya di Medan ungkapan itu berubah, “Ini Baru Medan” adalah konotasi positif, ternyata semua pekerjaan dan masalah bisa diselesaikan di Medan. Salah satu contoh positif adalah, PTA Medan menjadi pelopor SAPM Tingkat Banding, mulai September 2017 PA tingkat pertama berkompetisi melaksanakan Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama, sementara di tingkat banding belum ada SAPM. Dan saya bersama Tim APM PTA Medan menginginkan agar SAPM juga dapat dilaksanakan di PTA/tingkat Banding. Dengan personel yang terbatas, dan sebagian besar sudah berumur, PTA dengan keterbatasan SDM dan dana, ternyata PTA mampu membuat standar Akreditasi Penjaminan Mutu Tingkat Banding yang akhirnya PTA Medan menjadi pilot project bersama PTA Bandung dan PTA Bandar Lampung untuk SAPM Tingkat Banding.

Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang baik selama saya memimpin PTA Medan, kemajuan banyak yang kita raih. Dan tidak lupa kami mohon maaf atas segala kesalahan dan kesilapan baik yang disengaja maupun tanpa sengaja, marilah kita jaga hubungan silaturrahmi antara kita meskipun jauh tetap terjalin dan terjaga.

Sementara itu Ketua PT Medan, Dr. H. Cicut Sutiarso, S.H., M.Hum. memberikan sambutan mewakili Pengadilan Tingkat Banding Sumatera Utara menyampaikan, ucapan selamat kepada Drs. M. Taufiq HZ, M.H.I. mendapat promosi menjadi Ketua PTA Bandung, insya Allah saya akan segera menyusul, biasanya saya dengan pak Taufiq ini tidak jauh beda bulannya untuk mutasi, saya memang suka dan akrab dengan Peradilan Agama, makanya saya sering berpeci/kopiah, katanya diiringi tawa hadirin.

Ungkapan MEDAN memang negatif, dulu siapa yang masuk Medan, berarti (Masuklah Engkau Dalam Api Neraka) namun ungkapan itu kita ganti bahwa MEDAN adalah Memang Enak Damai Aman dan Nyaman. Dan kita merasakan dan berusaha menciptakan lingkungan yang Memang Enak Damai Aman dan Nyaman hidup di Medan ini. Jadi Ketua PTA yang baru tidak perlu takut. Selamat Datang untuk Bapak Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. sebagai Ketua PTA yang baru, semoga kerjasama kita lebih erat, lebih mantap dan lebih akrab.

Drs. H. Ahsin Abdul Hamid, S.H. Wakil Ketua PTA Medan mewakili keluarga besar PTA dan PA se Sumatera Utara menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bapak Taufiq atas bimbingan dan arahan yang diberikan selama menjadi Ketua PTA Medan. Kami ucapkan Selamat mendapat promosi menjadi Ketua PTA Bandung semoga lebih sukses di tempat yang baru. Banyak prestasi yang di raih oleh PTA dan PA se Sumatera Utara dalam kepemimpinan pak Taufiq, PTA Medan mendapat penghargaan terbaik pertama dalam Pengelolaan Anggaran Keuangan yang diberikan oleh Kanwil Kementerian Keuangan Propinsi Sumatera Utara. Dan atas nama PTA dan PA se Sumut mohon maaf atas segala kesalahan dan kesilapan.

2

Sementara itu Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. dalam perkenalannya merasa dagdigdug mendengar kata MEDAN adalah Masuklah Engkau Dalam Api Neraka, namun setelah mendengar penjelasan bahwa Medan Memang Enak Damai, Aman dan Nyaman, hati saya menjadi lega dan tenang, ujarnya. Saya berasal dari Watampone, Sulsel dan isteri dari Pinrang Sulsel dan punya anak 5 orang. Beliau mohon dukungan tetap diberikan sama halnya sebagaimana dukungan yang diberikan kepada Ketua PTA lama, saya tidak bisa berbuat banyak tanpa dukungan dan bantuan dari Bapak/ibu Sdr, warga PTA dan PA se Sumatera Utara, ujar beliau.

Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat dan makan bersama. (amr)

  • 968-s-syarif-mappiasse.jpg
  • 969-s-rafiuddin.jpg
  • 970-s-abdul-mannan-hasyim.jpg
  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg
  • 976-s-rokhanah.jpg
  • 977-s-zainullah.jpg
  • 978-s-nasri.png