“A” Excellent bagi Pelopor SAPM Peradilan Agama Tingkat Banding

1

Masa penentuan terlewati sudah di saat tim external assessor dari Badan Peradilan Agama (Badilag) menyambangi Pengadilan Tinggi Agama Medan pada 03-04 Juli 2018 lalu (baca: External Assessment SAPM pada Pengadilan Tinggi Agama Medan). Kerja keras berbulan-bulan Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Agama Medan pun akhirnya terbayar. Hotel Gran Senyiur di kota Balikpapan menjadi saksi bisu atas peraihan “A” Excellent oleh Pengadilan Tinggi Agama Medan pada Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Peradilan Agama Tingkat Banding pada 12 Juli 2018 lalu.

Seminggu waktu berlalu, namun eforia kegembiraan Pengadilan Tinggi Agama Medan seolah masih membekas. Karena itu pada 19 Juli 2018 Pengadilan Tinggi Agama Medan mengadakan syukuran atas keberhasilannya menyandang predikat “A” Excellent pada SAPM gelombang II ini. Acara seharian penuh ini juga dirangkaikan pelepasan dengan beberapa orang pegawai yang telah dipromosikan menjadi pejabat di satuan kerja lain. Mereka adalah H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Medan dipromosikan menjadi Sekretaris Pengadilan Agama Wonosobo Kelas I A (Provinsi Jawa Tengah); Saripah Rahmah, S.Kom. yang sebelumnya merupakan fungsional umum Pengadilan Tinggi Agama Medan dipromosikan menjadi Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan pada Pengadilan Agama Stabat Kelas I B; beserta dengan Muhammad Syahril, S.H. yang sebelumnya juga fungsional umum Pengadilan Tinggi Agama Medan dipromosikan menjadi Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan pada Pengadilan Agama Sibolga. Acara ini dihadiri oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan.

2   3

Di pagi hari telah tersusun satu set peralatan pengeras suara lengkap beserta dengan keyboard tunggal di area lobby bawah Pengadilan Tinggi Agama Medan. Pukul 09:30 acara dibuka oleh Addelaida Rangkuti, S.H., M.M. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan) yang bertindak sebagai pembawa acara. Sebuah lagu berirama melayu kemudian dibawakan oleh sepasang biduan untuk memulai acara syukurun tersebut. Dan setelah itu Drs. H. Syofyan Sauri, S.H. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan) melantunkan do’a untuk mengambil berkah dari acara syukuran ini.

Acara berlanjut kepada penyerahan cindera mata kepada para pegawai yang dimutasikan. Ketiga pegawai tersebut selanjutnya dipersilahkan berdiri di tengah acara dan kemudian secara bergantian para pajabat yang dimulai oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq, H. Z., M.H.I. memberikan cindera mata secara simbolis.

11   12

Acara berikutnya adalah penyampaian kesan-kesan pegawai yang dipromosikan selama bertugas di Pengadilan Tinggi Agama Medan, dan dalam hal ini diwakilkan oleh H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.H. Mengawali penyampaiannya beliau menceritakan perjalanan panjang karirnya beserta dengan dengan perjalanan karir dari Saripah Rahmah, S.Kom. dan Muhammad Syahril, S.H.; dari awal mula menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga mengabdi di Pengadilan Tinggi Agama Medan ini. Selanjutnya beliau juga mengucapkan terima kasih kepada segala bimbingan dan arahan yang telah mereka terima dari segenap keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan sehingga mereka dapat mendaki karir yang lebih baik seperti saat ini. Mengakhiri penyampaiannya, H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H. mengutarakan permohonan maaf jika ada tingkah laku dan perkataan yang kurang berkenan selama mereka betugas di Pengadilan Tinggi Agama Medan, dan juga berharap semoga komunikasi yang sudah terjalin selama ini tidak akan terputus walau dipisahkan oleh jarak.

5   6

Segala kesan baik yang diutarakan H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.H. kemudian dibalas dengan penyampaian pesan dan kesan yang mewakili Pengadilan Tinggi Agama Medan terhadap kinerja para pegawai yang mendapat promosi tersebut. H. Hilman Lubis, S.H., M.H. diberikan kesempatan untuk melakukan penyampaian. Memulai penyampaian beliau mengucapkan terima kasih atas segala pengabdian ketiga pegawai yang dipromosikan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa selama ini kinerja mereka sangat memuaskan. “Setiap data ataupun sesuatu yang saya minta, mereka mampu menyediakannya dengan cepat dan tepat.” ujar H. Hilman Lubis, S.H., M.H. Mewakili keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan, beliau menghaturkan maaf atas segala kesalahan selama bertugas bersama di Pengadilan Tinggi Agama Medan ini. Mengakhiri penyampaiannya beliau berharap semoga ketiga pegawai ini dapat bekerja dengan lebih baik lagi dan menjadi sukses di satuan kerja barunya masing-masing.

Akhirnya tiba saatnya acara yang paling dinantikan: penyerahan sertifikat SAPM berpredikat “A” Excellent kepada Ketua Tim SAPM Pengadilan Tinggi Agama Medan: M. Ridwan Siregar, S.H. Penyerahan ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq, H. Z., M.H.I.

7

Selepas moment penyerahan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan sambutan di depan seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan. Mengawali sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kerja keras yang tidak kenal lelah dari seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan. Beliau kemudian mengajak untuk meniti sejenak napak tilas perjuangan Pengadilan Tinggi Agama Medan mencapai nilai akreditasi “A” excellent ini. Karena Badan Peradilan Agama (Badilag) saat itu belum memiliki standar akreditasi untuk tingkat banding Peradilan Agama, tercetuslah ide dari H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H. yang juga merupakan anggota Komite Nasional SAPM untuk membuat standar tersebut dan kemudian disambut baik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Beliau juga berpesan untuk jangan hanya mempertahankan nilai akreditasi SAPM namun juga meningkatkan kinerja berdasarkan standar yang telah tertuang di SAPM.

8

Berkenaan dengan promosi dan mutasi pegawai, Drs. M. Taufiq, H. Z., M.H.I. mengucapkan selamat kepada ketiga orang pegawai yang telah dimutasikan. “Anda dipromosikan, adalah kepercayaan. Semoga bisa mengembangkan diri dan meningkatkan prestasi, karena siapapun di sini (pejabat) dimulai dari tingkat bawah.” tegas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Mengakhiri sambutannya beliau berharap semoga komunikasi dan silaturrahim tetap berjalan baik dan berdo’a semua lebih sukses bekerja di satuan kerja yang baru nantinya. Drs. M. Taufiq, H. Z., M.H.I. menutup sambutannya dengan melontarkan sepatah pantun:

Pergi mandi ke Brastagi, singgah ke pekan membeli buah
Untuk tuan dan puan yang akan pergi, semoga senantiasa dicucuri rahmah dan berkah

Kalau ke Binjai membeli rambutan, jangan lupa membeli tali
Kalau pergi, pergilah tuan dan puan, jalin terus silaturrahim

Sungguh manis si jagung bakar boleh dibeli di hari pekan
Meraih SAPM “A” Excellent memanglah sukar, mempertahankannya butuh keseungguhan

Ceremonial keseluruhan acara diakhiri dengan foto bersama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan dengan Ketua Tim SAPM Pengadilan Tinggi Agama Medan beserta penanggung jawab (PJ) manajemen: Drs. Abdul Latif, M.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan); PJ Kepaniteraan: Drs. Kurthubi, M.H. (Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan) dan PJ Kesekretariatan H. Hilman Lubis, S.H., M.H.

9   10

Para vokalis dan pemain keyboard tunggal sudah siap sedia dengan perbedaharaan lagu untuk memeriahkan acara syukuran ini. Satu per satu pejabat dan pegawai Pengadilan Tinggi Agama Medan menyumbangkan suara emas, hingga tak terasa waktu telah beranjak sore. (ap)

  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png
  • 981-s-zulfikar.png
  • 982-s-syahril.png
  • 983-s-rahmah.png
  • 984-s-pelmizar1.jpg
  • 985-d-abdrahman.jpg
  • 986-d-junaida.jpg
  • 987-s-halimatun.jpg
  • 988-s-wahyu-k-lbs.jpg
  • 989-s-husnah.jpg
  • 990-s-khairuddin.jpg