1

Bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan, Rapat Koordinasi digelar oleh Pengadilan Tinggi Agama Medan pada tanggal 16 Juli 2018. Walau terkesan mendadak, namun Ketua, Sekretaris dan Panitera Pengadilan Agama dari seantero Sumatera Utara tetap hadir tepat waktu di Senin pagi tersebut.

Dimulai sekitar pukul 09:30, rapat koordinasi ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I.; Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. Kurthubi, M.H.; Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Hilman Lubis, S.H., M.H. beserta dengan Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara. Acara dibuka oleh H. Hilman Lubis, S.H., M.H. dengan membicarakan 3 pokok bahasan utama: kelanjutan Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM), sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No. 3 Tahun 2018, serta rencana pemberangkatan Tim Persatuan Tenis Warga Peradilan (PTWP) Daerah Sumatera Utara menuju ajang Mahkamah Agung Cup yang diadakan dalam waktu yang akan datang.

2

Sambutan Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan membuka rapat koordinasi ini. Mengawali penyampaiannya beliau mengucapkan selamat kepada Pengadilan Tinggi Agama Medan dan beberapa Pengadilan Agama di Sumatera Utara yang telah menerima sertifikat SAPM di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 13 Juli 2018 lalu, yaitu perincian sebagai Berikut:

  • Pengadilan Tinggi Agama Medan dengan nilai A Excellent
  • Pengadilan Agama Medan Kelas I A dengan nilai A Excellent
  • Pengadilan Agama Tebing Tinggi dengan nilai A Excellent
  • Pengadilan Agama Simalungan dengan nilai A Excellent
  • Pengadilan Agama Balige dengan nilai A Excellent
  • Pengadilan Agama Pandan dengan nilai A Excellent
  • Pengadilan Agama Kisaran Kelas I B dengan nilai B
  • Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I B dengan nilai B
  • Pengadilan Agama Sibolga dengan nilai B

Terhaturkan kata semoga Pengadilan Tinggi Agama Medan dan Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara yang telah mendapat predikat A “Excellent” dapat mempertahankankan predikat tersebut, dan Pengadilan Agama yang saat mendapat nilai B, untuk segera berbenah diri dan lebih berusaha lagi untuk meng-upgrade predikatnya menjadi A Excellent pada kesempatan berikutnya.

3   4

Rapat berlanjut kepada pembahasan tentang pemberangkatan Tim PTWP Daerah Sumatera Utara menuju perhelatan tenis nasional: Mahkamah Agung Cup. Dalam rapat ini dibahas berbagai strategi terbaik untuk memberangkatkan tim dengan tepat dan dengan biaya yang memadai. Para peserta rapat silih berganti mengeluarkan pendapatnya, hingga kata sepakat dicapai dalam waktu kurang lebih 90 menit.

Pembahasan rapat berlanjut kepada penerapan PERMA No. 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (e-Court). Langkah ekspansi dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) yang selama ini menjadi primadona di Mahkamah Agung tersebut menghadirkan Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H. (Hakim Pengadilan Agama Tebing Tinggi) sebagai narasumber.

5

Mengawali penyampaiannya Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H. yang juga selaku Ketua Tim Satgas Teknologi Informasi (Satgas TI) Pengadilan Tinggi Agama Medan menegaskan bahwa dasar dari e-Court itu sendiri adalah SIPP sehingga validasi data, akurasi data dan ketepatan waktu pengisian merupakan hal yang sangat vital bagi e-Court. Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan statistik penggunaan SIPP di Pengadilan Agama se-Sumatera Utara yang menurut kacamata statistik sudah cukup baik dan mengalami perkembangan pesat dibandingkan tahun sebelumnya. Mengakhiri penyampaiannya Hakim Pengadilan Agama Tebing Tinggi ini menyampaikan persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh Peradilan Agama Se-Sumatera Utara terkait dengan pelaksanaan e-Court, yaitu (1) mendisiplinkan kembali pengisian data SIPP dan sinkronisasi SIPP; (2) sumber daya manusia yang memadai; (3) peningkatan pengawasan akurasi data SIPP.

Setelah penyampaian dari Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy., M.H. terkait dengan pelaksanaan e-Court, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan berkesempatan mengemukakan bahwa selain Pengadilan Agama Medan Kelas I A sebagai pilot project, beliau juga menginginkan setiap Pengadilan Agama Kelas I B beserta dengan Pengadilan Agama Kelas II yang berada di wilayah I dan II Provinsi Sumatera Utara untuk ikut berpartisipasi dalam penerapan PERMA No. 3 Tahun 2018 ini.

7

Selesai sudah pembahasan mengenai e-Court dan acara bergulir kepada pembahasan mengenai SAPM yang bernarasumberkan H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M. (Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Medan). Secara garis besar narasumber kedua pada rapat koordinasi hari ini tersebut menyampaikan hal-hal yang terkait dengan tindak lanjut SAPM gelombang I tahun 2018. “Apa yang harus dilakukan setelah menerima sertifikat SAPM?” ujar beliau. H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M. melanjutkan bahwa ada beberapa hal penting yang harus dilakukan setelah menerima sertifikat, dan hal yang terpenting adalah melaksanakan rapat tinjauan manajemen untuk menindaklanjuti permintaan perbaikan dari assessor ekstrernal. Akan berakibat fatal jika rapat tinjauan manajemen tidak dilakukan yang berujung kepada turunnya nilai akhir SAPM suatu satuan kerja menjadi nilai B atau bahkan menjadi nilai C. Beliau juga menyampaikan bahwa yang terpenting dari SAPM adalah menyiapkan dokumen-dokumen, melainkan komitmen bersama suatu satuan kerja, terutama Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris. Mengakhiri penyampaiannya Lead Assessor Badan Peradilan Agama ini menegaskan bahwa selembar sertifikat bukanlah akhir SAPM, melainkan tantangan baru untuk mempertahankan atau meningkatkan nilai yang tertera di sertifikat tersebut.

Matahari yang tegak lurus dengan langit-langit Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan menandakan bahwa pukul 12 siang telah terlewati. Rapat koordinasi pada hari itu pun ditutup dengan saling bersalaman dan makan siang bersama. (ap)

  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg
  • 976-s-rokhanah.jpg
  • 977-s-zainullah.jpg
  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png