Musyawarah Daerah dan Technical Meeting PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan

1

Tak terasa 3 tahun sudah berlalu semenjak Turnamen Persatuan Tenis Warga Peradilan (PTWP) XII yang diadakan di Universitas Negeri Medan tahun 2015 lalu. Saatnya perhelatan tingkat provinsi tersebut kembali dipergelarkan. Sesuai kesepakatan yang telah dicapai sebelumnya, Turnamen PTWP XIII kali ini akan dilaksanakan pada tanggal 06 s/d 08 Juli 2018 yang kembali mengambil tempat di lapangan tenis Universitas Negeri Medan. Demi kelancaran pelaksanaan acara tersebut, pada tanggal 05 Juli 2018 dilaksanakanlah Technical Meeting yang digelar di Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Technical Meeting Turnamen PTWP XIII Peradilan Agama Se-Sumatera Utara

Waktu menjelang pulang kantor tidak menyurutkan langkah dari seluruh pengurus PTWP cabang Peradilan Agama Se-Sumatera Utara untuk bertandang ke kantor Pengadilan Tinggi Agama Medan. Sekitar pukul 15:00 Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan telah dipenuhi oleh perwakilan dari PTWP cabang Peradilan Agama Se-Sumatera Utara.

2

Acara ini dihadiri oleh Ketua Steering Committee Turnamen PTWP XIII Peradilan Agama Sumatera Utara: Dr. H. Ahmad Zainullah, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan); Ketua Organizing Committee Turnamen PTWP XIII Peradilan Agama Sumatera Utara: Drs. H. Imaluddin, S.H., M.H. (Wakil Ketua Pegadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B); Ketua PTWP Cabang Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. H. Mansur Muda Nasution, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan) beserta pihak dari Universitas Negeri Medan: Zulham.

Tepat pukul 15:30 Dr. H. Ahmad Zainullah, S.H., M.H. membuka acara technical meeting ini. Karena singkatnya waktu yang tersedia beliau langsung menyampaikan peraturan-peraturan permainan yang akan dipertandingkan nantinya. Dalam penyampaiannya beliau juga memberitahukan bahwa sampai acara technical meeting digelar, peserta yang telah mendaftar sebanyak 22 tim putra dan 18 tim putri. Setelah selesainya pembacaaan peraturan, Zulham yang merupakan wakil dari pihak Universitas Negeri Medan selanjutnya mempresentasikan teknis pertandingan.

3   4

Rangkaian acara tiba pada saat yang sudah ditunggu-tunggu, yaitu pengambilan nomor undian penentuan posisi pool untuk setiap tim. Satu per satu perwakilan dari PTWP cabang Peradilan Agama Se-Sumatera Utara maju ke mimbar untuk mengambil nomor undian. Penempatan tim pada pool langsung dicatat oleh petugas dari Universitas Negeri Medan dan ditampilkan ke layar proyektor, sehingga seluruh perwakilan peserta dapat melihat lawan-lawan yang akan dihadapi tim mereka secara transparan.

Setelah seluruh peserta sepakat dengan hasil pengambilan undian, technical meeting pun di tutup sekitar pukul 16:30 WIB.

Musyawarah Daerah PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan

Tak lama setelah technical meeting ditutup, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. memasuki Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan. Acara yang sepaket dengan technical meeting yaitu Musyawarah Daerah (Musda) PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan pun di mulai. Sekretaris Pengurus PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. Ali Mukti Daulay (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan) yang bertindak sebagai pembawa acara, mengawali acara musda tersebut.

Sambutan dari Wakil Ketua PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan periode 2015-2018: Drs. Idham Khalid, S.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan) melanjutkan rangkaian acara musda pada sore hari tersebut. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada para peserta Musda karena telah memenuhi undangan acara ini. Beliau juga menyebutkan bahwa agenda utama dari Musda ini adalah memilih kepengurusan baru PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan untuk priode 2018-2021. Mengakhiri sambutannya Drs. Idham Khalid, S.H. berharap dengan adanya Musda ini, PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan akan semakin maju dan berkembang, terutama dalam mempersiapkan atlet-atlet tenis dalam menghadapi berbagai turnamen, terutama turnamen Mahkamah Agung Cup.

5

Acara berlanjut kepada sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. yang juga merupakan Pembina PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan. Dalam sambutannya beliau berharap kepada pengurus baru untuk segera menyingsingkan lengan baju dalam melakukan seleksi dan pelatihan kepada altet tenis PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan, karena Mahkamah Agung Cup akan dilaksanakan pada sekitar bulan Oktober atau Nopember tahun 2018 ini. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan juga berharap agar bijak dalam memilih pengurus PTWP Daerah yang baru, terutama dalam pemilihan Ketua yang baru. Diharapkan untuk memilih Hakim Tinggi yang diperkirakan masih lama bertugas di Pengadilan Tinggi Agama Medan. Mengakhiri sambutannya: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. membuka secara resmi acara Musda PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan ini.

Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Hilman Lubis, S.H., M.H. kemudian dipilih secara aklamasi untuk memimpin Musda ini. Setelah beliau memberikan kata pembuka, Drs. Idham Khalid, S.H. selaku Wakil Ketua PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan periode 2015-2018 membacakan laporan pertanggungjawaban pengurus PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan di masa jabatannya. Beberapa pertanyaan kemudian dilontarkan oleh peserta Musda tentang laporan yang dibacakan tersebut, dan Wakil Ketua PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan mampu menjawabnya dengan baik.

6   7

Acara memasuki inti di saat pemilihan pengurus baru PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan dimulai. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, seluruh peserta rapat bersuara bulat untuk mengangkat pengurus baru dengan komposisi sebagai berikut:

Ketua  : Dr. H. Ahmad Zainullah, S.H., M.H.
Wakil Ketua I  : H. Hilman Lubis, S.H., M.H.
Wakil Ketua II  : Drs. Kurthubi, M.H. (Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan)
Sekretaris  : Drs. Ali Mukti Daulay
Wakil Sekretaris  : Parluhutan, S.H. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan)
Bendahara  : Jasman, S.H. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan)
Ketua Seksi Organisasi  : Drs. Muhammad Kasim, M.H. (Hakim Pengadilan Agama Medan Kelas I A)
Ketua Seksi Pembinaan  : Muhammad Razali S.Ag., S.H., M.H. (Ketua Pengadilan Agama Kabanjahe)
Ketua Seksi Pendanaan  : Fakhruddin Siregar, S.Ag., M.H. (Kepala Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Medan)

Selanjutnya acara bergulir kepada sambutan dari Ketua Pengurus PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan yang baru terpilih: Dr. H. Ahmad Zainullah, S.H., M.H. Mengawali sambutannya beliau menghaturkan terima kasih kepada seluruh peserta Musda atas amanah yang diberikan. Beliau juga meminta dukungan penuh dari seluruh pengurus untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja; karena tak ada suatu pekerjaan yang berat apabila pekerjaan itu dikerjaan berjama’ah. “Tegur kami jika kami keluar dari aturan yang telah ditetapkan, tegur kami jika kami mulai bersikap egoistis.” Merupakan rangkaian kata yang diucapkan oleh Dr. H. Ahmad Zainullah, S.H., M.H. dalam menutup sambutannya.

8

Setelah sambutannya dilakukan acara serah terima jabatan secara simbolis dari pimpinan PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan 2015-2018 yang dilakukan oleh Drs. Idham Khalid, S.H. selaku Wakil Ketua kepada Ketua Pengurus priode 2018-2021 terpilih: Dr. H. Ahmad Zainullah, S.H., M.H. Riuh tepuk tangan mengiringi perpindahan jabatan ini dan menandai mulai bertugasnya para pengurus baru PTWP Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan. Acara pun ditutup dan diakhiri dengan makan malam bersama. (az/ap)