1

Sudah menjadi tradisi di Pengadilan Tinggi Agama Medan, bahwa di setiap bulan Ramadhan diadakan acara Berbuka Puasa Bersama. Tahun 2018 ini tradisi tersebut dilaksanakan pada hari 15 Ramadhan 1439H yang bertepatan dengan hari Kamis, tanggal 31 Mei 2018. Bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Medan, acara ini sendiri merupakan event keempat dari serangkaian kegiatan panjang satu harian (full day) yang digelar oleh Pengadilan Tinggi Agama Medan pada hari tersebut.

Hadir dalam acara tersebut adalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H.Z., M.H.I. beserta istri dan seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan, termasuk juga mantan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan yang sekarang telah resmi menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu: Drs. H. Pelmizar, M.H.I. Selain itu hadir pula Ketua, Wakil Ketua dan beberapa orang hakim Pengadilan Agama se-Sumatera Utara, serta calon hakim Pengadilan Agama se-Sumatera Utara. Turut hadir juga dalam acara ini: para sesepuh Pengadilan Tinggi Agama Medan, yaitu: Drs. H. Abdurrahman HAR, S.H. (mantan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan dan mantan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang); Drs. H. Matardi, E., S.H., M.H. (mantan Wakil Pengadilan Tinggi Agama Medan dan mantan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang); dan Dr. H. Arso, S.H., S.Ag. M.A. (mantan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan dan Anggota Tim Badan Hisab Rukyat Provinsi Sumatera Utara).

2   3

Sebagai informasi, setiap hari kerja di bulan Ramadhan seluruh pejabat dan pegawai Pengadilan Tinggi Agama Medan melaksanakan kegiatan tadarusan Al-Qur’an. Tadarus Al-Qur’an ini dimulai pukul 8:00 WIB ini dilaksanakan dari 1 Ramadhan hingga selesai 30 juz. Agar target 30 juz ini tercapai, dibuatlah 3 kelompok tadarus, yaitu:

  • Kelompok juz 1 s/d 10 yang dipimpin oleh Dra. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan)
  • Kelompok juz 11 s/d 20 yang dipimpin oleh Drs. M. Taufiq, H. Z., M.H.I. (Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan)
  • Kelompok juz 21 s/d 30 yang dipimpin oleh Drs. H. Pelmizar, M.H.I. (Mantan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan/Ketua Pengadilan Agama Bengkulu)

4

Sudah menjadi tradisi pula bahwa di acara berbuka puasa bersama Pengadilan Tinggi Agama Medan diselipkan acara Khataman Al-Qur’an. Dari setiap kelompok di atas, dipilihlah satu orang qori/qori’ah terbaik di kelompok tersebut untuk kemudian membacakan beberapa surah terakhir di juz 30 secara bergantian, dimulai dari surah Adh-Duha hingga surah An-Naas. Mereka yang terpilih adalah:

  • Addelaida Rangkuti, S.H., M.M. dari kelompok juz 1 s/d 10
  • Drs. Abdul Khalik, S.H., M.H., dari kelompok juz 11 s/d 20
  • Drs. H. Syofyan Sauri, S.H., M.H. dari kelompok juz 21 s/d 30

yang ketiganya adalah Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Waktu menunjukkan pukul 18:00 WIB. Matahari sudah condong di ufuk barat, namun belum tenggelam, pertanda dekatnya waktu berbuka puasa di hari tersebut. Ustad Drs. H. Abdul Rahim, S.H., M.H. (Hakim Pengadilan Agama Rantauprapat Kelas I B) mengisi waktu menjelang berbuka tersebut dengan tausiyah singkat.

5

Dalam tausiahnya, Drs. H. Abdul Rahim, S.H., M.H. mengajak kita selalu bersyukur, karena sampai saat ini kita masih bisa mandi sendiri, karena suatu saat nanti, cepat ataupun lambat, suka atau tidak, kita tidak akan bisa lagi mandi sendiri akan tetapi kita akan dimandikan orang lain. Kita juga harus bersyukur karena kita masih bisa berpakaian sendiri, karena suatu saat kita akan dipakaikan orang lain dengan kain kafan. Dan kita juga wajib bersyukur karena kita masih bisa sholat sendiri, karena suatu saat kita akan disholatkan oleh orang lain. Oleh karenanya, sebelum masa itu datang, mari kita meningkatkan dan memperbaiki amal ibadah kita dan berharap amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT, karena itulah bekal yang bakal kita bawa untuk menghadap Allah Tuhan semesta alam.

Melanjutkan tausiyahnya beliau juga mengutarakan bahwa kita harus senantiasa bersyukur kehadirat Allah SWT karena kita masih dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini. Oleh sebab itu, beliau mengajak seluruh hadirin untuk meningkatkan amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini. Bukan hanya ibadahnya saja yang ditingkatkan tetapi kualitas ibadah itu yang lebih penting untuk ditingkatkan. Karena barang siapa Ramadhan ini lebih baik dari Ramadhan tahun lalu maka ia termasuk orang yang beruntung. Kita harus selalu mengintrospeksi diri, baik hubungan kita kepada Allah maupun hubungan kita kepada sesama makhluk Allah.

6   7

Tanpa terasa waktu telah menunjukkan pukul 18:36 WIB yang menandakan tibanya waktu berbuka puasa untuk wilayah Kota Medan. Seluruh hadirin segera menyantap takjil yang telah disediakan panitia. Beberapa menit kemudian Drs. Abdul Khalik, S.H., M.H. mengumandangkan adzan magrib. Sholat magrib berjamaah sesaat kemudian dimulai dengan Dr. H. Arso, S.H., S.Ag. M.A. (mantan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan) sebagai imamnya. Keseluruhan rangkaian acara ditutup dengan makan malam bersama (Amr/Nas/Ap)

  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg
  • 976-s-rokhanah.jpg
  • 977-s-zainullah.jpg
  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png