1

Tidak seperti biasanya, hari Ahad, 06 Mei 2018, hiruk pikuk mengganti suasana sepi yang biasa terjadi gedung kantor Pengadilan Tinggi Agama Medan di saat hari libur. Dua unit Bus Pemerintah Kabupaten Serdang Berdagai tampak terparkir di halaman depan Pengadilan Tinggi Agama Medan diikuti oleh belasan mobil pribadi yang telah berbaris dan telah ditempeli stiker bertuliskan Family Gathering PTA Medan.

Puluhan orang yang merupakan pejabat, pegawai, tenaga honorer beserta keluarganya telah berkumpul dan bersiap melakukan perjalanan menuju tempat wisata yang berjarak kurang lebih 60 Km dari kantor Pengadilan Tinggi Agama Medan. Mobil Toyota Corolla Altis yang berpenumpangkan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan beserta istri tampak berjalan perlahan menuju barisan terdepan dari konvoy, belasan mobil lainnya beserta kemudian mengikuti beserta dengan dua unit bus yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Theme Park Pantai Cermin, adalah tujuan wisata yang dimaksud. Wahana permainan air dengan pemandangan Selat Malaka ini terletak di Kabupaten Serdang Berdagai, Sumatera Utara. Bukan hanya sekedar pemandangan, namun terdapat pula berbagai wahana air seperti seluncuran raksasa, istana air dan lain sebagainya yang sudah tentu dapat menghilangkan kepenatan setiap orang yang berkunjung ke sana.

2   3

Rombongan bergerak sekitar pukul 07:30 WIB dari titik kumpul I yang merupakan gedung kantor Pengadilan Tinggi Agama Medan sendiri menuju titik kumpul II yang berada di daerah Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Setibanya di titik kumpul II, sudah menunggu beberapa mobil lainnya yang ikut bergabung dengan konvoy. Theme Park Pantai Cermin akhirnya berhasil disambangi saat waktu menunjukkan pukul 09:00 WIB. Suasana Ahad pagi yang tidak terlalu panas, menggairahkan semangat peserta Family Gathering untuk mengikuti berbagai acara yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh panitia.

Peserta bergegas turun dari kendaraan yang ditumpanginya menuju pintu masuk Theme Park untuk mengambil tiket dan mengantri masuk. Rombongan yang kurang lebih berjumlah 200-an orang ini membuat pintu masuk Theme park menjadi penuh. Namun kesigapan petugas Theme Park membuat seluruh rombongan dapat masuk dengan tertib dan teratur. Rombongan kemudian menuju tempat acara yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Hadir dalam acara ini adalah: Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I.; Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. H. Pelmizar, M.H.I.; Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Medan: H. Hilman Lubis, S.H., M.H.; seluruh Hakim Tinggi, pejabat, pegawai dan tenaga honorer beserta keluarganya masing-masing. Selain itu turut hadir pula Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B: Drs. Amir Hamzah, S.H., Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B: Drs. Imaluddin, S.H., M.H.; Ketua Pengadilan Agama Kisaran Kelas I B: Drs. H. Alimuddin, S.H., M.H.; dan Ketua Pengadilan Agama Pematang Siantar: Drs. Azizon, S.H., M.H.

4   5

Drs. Abdul Khalik, S.H., M.H. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan) membuka rangkaian acara di pagi hari itu. Dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia Family Gathering: Parluhutan, S.H. (Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan). Mengawali laporannya beliau mengucapkan selamat datang kepada para seluruh keluarga yang telah datang dan juga kepada beberapa personil Pengadilan Agama Tingkat I yang berkesempatan untuk hadir. Dalam laporannya beliau mengutarakan bahwa peserta Family Gathering yang terdaftar sekitar 200 orang, mobil pribadi yang terdaftar sekitar 40 unit mobil dan terdapat 2 unit bus yang merupakan hasil kerja sama antara Pengadilan Tinggi Agama Medan dan Pemerintah Kabupaten Serdang Berdagai. Beliau juga menyampaikan bahwa telah dipersiapkan berbagai lomba untuk memeriahkan acara Family Gathering ini.

Acara berlanjut kepada sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. Dalam sambutannya beliau mengatakan tujuan dari acara ini adalah memupuk kebersamaan dan memperat tali silaturrahmi antar keluarga besar Peradilan Agama Se-Sumatera Utara pada umumnya dan Pengadilan Tinggi Agama Medan pada khususnya. Drs. M. Taufiq H. Z., M.H.I. dalam kesempatan ini juga menyampaikan apresiasi kepada panitia acara yang sudah bersusah payah mempersiapkan acara ini serta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Serdang Berdagai atas bantuan dan kerjasamanya sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan berharap agar momen-momen seperti ini terus diadakan, agar tetap terjalin keakraban. Di akhir sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan menagih janji Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan yang sebentar lagi akan mutasi/promosi menjadi Ketua PTA Bengkulu agar menyelenggarakan Family Gathering seperti ini dalam rangka perpisahan, seketika itu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan menyatakan kesiapannya.

5

Usai sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, panitia kemudian bersiap-siap untuk melaksanakan perlombaan demi perlombaan yang telah direncanakan sebelumnya. Pelombaan membaca do’a, ayat pendek, kumandang adzan dan iqomat untuk anak-anak, mengambil urutan pertama acara perlombaan. Perlombaan yang dipandu oleh Amrani, S.H., M.M. (Panitera Muda Banding Pengadilan Tinggi Agama Medan) mengikutkan peserta dari tingkat TK/PAUD dan SD. Penonton berdecak kagum dengan kemampuan beberapa anak yang masih sangat muda ini dalam melafadzkan asma Allah. Namun tidak sedikit pula kelucuan dan keluguan peserta lomba membuat seluruh penonton tertawa. Walaupun pun begitu tim juri yang terdiri atas: Drs. Abdul Khalik, S.H., M.H.; Sagiran, S.Ag. dan Drs. H. Syofyan Sauri, S.H. yang ketiganya adalah Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Medan, tetap serius dalam menilai penampilan setiap peserta.

7   8

Keseruan acara tersebut berakhir pada tengah hari. Setelah sesi istirahat dan sholat zuhur rangkaian perlombaan dimulai kembali. Kali ini perlombaan tarik tambang untuk para bapak-bapak diperlombakan. Dengan dipandu oleh H. Achmad Zainullah, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan) hingar bingar dari sorakan penonton membahana selama acara berlangsung. Daya tarik acara adu otot ini menarik perhatian tidak hanya rombongan dari Family Gathering Pengadilan Tinggi Agama Medan, tapi tidak sedikit pengunjung Theme Park yang ikut meyaksikan perlombaan ini.

9

Seluruh acara perlombaan telah rampung dilaksanakan. Tibalah acara penyerahan hadiah bagi para jawara. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan beserta istri dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan beserta istri mendapat kehormatan untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba tingkat anak. Sementara untuk perlombaan tarik tambang hadiah diserahkan oleh Ketua Koordinator Perlombaan: Drs. H. Mansur Muda Nasution, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan).

Penghujung rangkaian acara Family Gathering pun akhirnya tiba. Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan: Drs. H. Pelmizar, M.H.I. berkesempatan untuk menyampaikan sambutan acara penutupan Family Gathering ini. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas pertisipasi setiap orang dalam acara Family Gathering ini dan berharap semoga acara keakraban seperti ini dapat diadakan lagi di waktu yang akan datang.

10   12

Keseluruhan rangkaian acara Family Gathering ditutup dengan saling bersalaman sembari diiringi tembang ciptaan Iwan Fals: Kemesraan. Setelah ceremonial penutupan selesai, seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan menikmati wahana air di Theme Park Pantai Cermin tersebut sepuasnya. Waktu menunjukkan pukul 16:30 WIB. Bus pengantar sudah siap untuk mengantar seluruh rombongan kembali ke kediamannya masing-masing (nas/ap).

  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg
  • 976-s-rokhanah.jpg
  • 977-s-zainullah.jpg
  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png