1

Bertempat di Aula Lantai 3 (tiga) Pengadilan Tinggi Agama Medan, hari Selasa tanggal 19 Juli 2022 pukul 09.00 Wib  dilaksanakan Rapat Pembangunan Zona Integritas, optimalisasi implementasi Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama Medan. Rapat dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, serta seluruh Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Rapat dibuka oleh Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan Bapak H. Abd. Wahid, S.H., M.Hum, yang menyampaikan bahwa sesuai dengan surat undangan rapat Nomor : W2-A/1454/ HM.01.2/VII/2022 tanggal 18 Juli 2022 agenda rapat kita pada hari ini adalah Optimalisasi Implementasi Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama Medan.

2

Dalam arahannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Bapak Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H., menyampaikan bahwa kita harus mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi; birokrasi yang efektif dan efisien; dan birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas. Birokrasi sebagai pelaksana tugas pemerintah terus melakukan perubahan dalam mencapai sasaran Reformasi Birokrasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Agar masyarakat dapat merasakan hasil percepatan Reformasi Birokrasi yang telah dilakukan Pengadilan Tinggi Agama Medan. Pembangunan Zona Integritas dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas. Dengan demikian pembangunan Zona Integritas menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi khususnya pada Mahkamah Agung R.I dan jajarannya. Integritas diartikan sebagai sikap ataupun budaya yang menunjukkan konsistensi antara perkataan dan perbuatan serta sikap untuk menolak segala tindakan tercela yang dapat merugikan diri dan instansinya. Adapun zona digambarkan dengan unit-unit instansi pemerintah yang telah menanamkan nilai integritas di dalamnya. Dalam rangka mengakselerasi pencapaian konsep integritas tersebut, maka instansi pemerintah (pusat dan daerah) perlu untuk membangun pilot project pelaksanaan reformasi birokrasi yang dapat menjadi percontohan penerapan pada unit-unit kerja dalam melakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional serta menghapus penyalahgunaan wewenang, praktik KKN, dan lemahnya pengawasan. Terkahir Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan menyampaikan bahwa Zona Integritas ini merupakan milik dan tanggung jawab kita bersama, oleh karena itu perlu kebersamaan pola pikir dan kebersamaan pola kerja yang baik dan mari kita ciptakan lingkungan kerja yang kondusif dengan menjaga kekompakan dan selalu meningkatkan kedisiplinan kerja kita secara terus-menerus.

3

Disamping itu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Bapak Dr. Drs. H. Rafi’uddin, S.H., M.H., menyampaikan bahwa kita di Pengadilan Tinggi Agama Medan ini diperlukan komitmen bersama dalam menerapkan 6 (enam) area Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan komitmen bersama dalam mengawal keinginan kita dalam mewujudkan WBK tersebut.

Demikian rapat optimalisasi implementasi Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama Medan dilaksanakan semoga bermanfaat dan dapat dipedomani sebagaimana mestinya. (Jas)

 

  • 797-s-amrani.jpg
  • 798-s-syarwani.jpg
  • 799-s-asran.jpg
  • 800-s-armiwati.jpg
  • 801-s-edy.jpg
  • 802-p-rohyan.jpg