2

Sesuai dengan surat Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. nomor 2657/DJA/HM.02.3/5/2022 tanggal 20 Mei 2022, menyebutkan bahwa Pengadilan Tingkat Banding harus melakukan monitoring dan evaluasi tentang pelaksanaan ACO (access CCTV online) di satiap satuan kerja yang berada di bawahnya. Monev tersebut dimaksudkan dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan ACO dalam melakukan pengawasan.

Monev ACO tersebut dilaksanakan oleh Hakim Tinggi dengan mengisi setiap item sesuai petunjuk yang ditetapkan. Pengisian laporan monev CCTV setiap titik pada setiap satuan kerja dilaksanakan setiap hari. Khusus ruang kerja hakim, ruang kerja kepaniteraan, ruang kerja kesekretariatan, pengisian monev CCTV dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali sehari yaitu pada jam kedatangan, pada jam setelah selesai istirahat siang dan pada jam mendekati pulang kerja. Kelengkapan pengisian laporan monev CCTV pada aplikasi ACO akan diumumkan pada website Badilag setiap bulan dan akan menjadi penilaian prestasi satuan kerja triwulan untuk kategori CCTV.  

1

Sehubungan dengan hal tersebut di atas dan agar dapat diketahui seluruh Hakim Tinggi tentang ACO, maka Badilag melakukan sosialisasi juknis ACO yang digelar hari Senin (13/06) secara virtual. PTA Medan mengikuti sosialisasi juknis ACO tersebut di command center. Hadir Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Wakil Ketua H. Rafi’uddin, Hakim Tinggi dan seorang admin Muti Asmita Hasibuan, S. Kom.

Dalam arahannya, Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. menyebutkan bahwa ACO tersebut sangat penting untuk melakukan pengawasan terhadap PA tentang aktivitas sehari-hari. Misalnya, lanjutnya lagi, di ruang PTSP, ruang tunggu sidang dan lain-lain. Dengan ACO tersebut, dapat dimonitor dan diawasi aparatur pengadilan untuk meminimalisir terjadinya tindakan yang tidak dibenarkan seperti suap dan lain-lain. “Dengan ACO ini, Pengadilan Tingkat Banding melakukan pengawasan terhadap PA di wilayah hukumnya masing-masing sehingga dapat dicegah terjadinya tindakan penyimpangan,” ujar H. Aco Nur menjelaskan.

Dirjen Badilah H. Aco Nur meminta Pengadilan Tingkat Banding untuk melakukan monitoring dan evaluasi setiap hari terhadap PA yaitu ada 9 titik yang telah ditentukan. Dirinya berharap monitoring dan evaluasi ACO ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Disebutkan lagi oleh Dirjen Badilag H. Aco Nur, bahwa ACO yang telah mendapat sertifikat dari MURI ini telah diresmikan penggunaannya oleh Ketua MA Prof. Dr. H. Syarifuddin, S.H., M.H. beberapa waktu yang lalu di Surabaya. Dijelaskannya lebih lanjut, pada waktu peresmian tersebut diadakan juga uji coba beberapa Pengadilan. “Alhamdulillah, uji coba yang dilaksanakan oleh Ketua MA berlangsung dengan baik dan semua CCTV PA aktif,” kata H. Aco Nur yang disambut tepuk tangan oleh peserta sosialisasi.

Sementara itu, Direktur Binganis Dr. H. Candra Boy Seroza, S. Ag., M. Ag menjelaskan tentang juknis pelaksanaan monev CCTV yang dilakukan oleh Pengadilan Tingkat Banding terhadap PA yang berada di wilayah hukumnya. (ahp)

  • 802-p-rohyan.jpg
  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg