Bina Mental Pengadilan Agama Pematangsiantar di akhir bulan November 2022 dilaksanakan pada 24 November 2022 dan dibawakan oleh Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan Pengadilan Agama Pematangsiantar Renny Wulandary, S.E.. Bina mental ini dilaksanakan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar pada pukul 08:15 WIB.

The Star atau Bintang adalah tema bintal pada hari ini. Seperti kita ketahui bintang adalah salah satu benda angkasa yang memiliki keistimewaan yaitu mampu memancarkan cahaya sendiri. Selain itu, bintang juga dapat memberikan pelajaran hidup melalui eksistensinya di langit.

Oleh karena itu, Renny Wulandary menceritakan bahwa ada 5 hal yang bisa kita pelajari dari eksistensi bintang dilangit yaitu:

 

  1. Jarak yang Jauh Tak Menghalanginya untuk Bersinar

Bintang memang terlihat berkelap-kelip, sebab jaraknya yang sangat jauh dari bumi. Dari keberadaan bintang ini, maka ada pesan penting yang dapat dipetik, yaitu dengan segala keterbatasan yang ada, jangan sampai menghalangimu untuk tetap memberikan yang terbaik bagi dirimu dan orang-orang di sekitarmu.

  1. Meski Tampak Jauh, namun Bintang Tetap Melengkapi Keberadaan Langit

Meski ada banyak sekali benda-benda langit, dengan jumlah yang luar biasa, namun keberadaan bintang tetap menjadi yang terpenting. Maka dapat dipetik filosofi  meski tampak jauh, namun ternyata keberadaan bintang tetap melengkapi langit malam sehingga tampak terlihat indah. Begitu juga dengan manusia, tak peduli seberapa jauh berada, dimana pun berada yang terpenting harus dapat Membawa manfaat bagi orang  di sekitar.

  1. Bintang Memiliki Fase Hidup Tersendiri

Salah satu fakta menarik dari bintang adalah mengenai fase hidup yang secara alami dimiiki oleh setiap bintang. Bahkan bintang masif bertransformasi menjadi supernova, bintang neutron, hingga kemudian meledak menjadi lubang hitam.

Layaknya manusia, bintang juga memiliki fase hidup. Hal inilah yang harus senantiasa dihargai oleh setiap orangnya, sehingga dapat selalu menghargai waktu dengan sebaik mungkin.

  1. Keberadaan Bintang Sangatlah Banyak, namun Masing-masing Memiliki Kisahnya Tersendiri

Jumlah bintang lebih dari 200 miliar. Dari jumlah yang luar biasa ini, maka dapat diambil satu filosofi penting di dalamnya yaitu tak peduli seberapa banyak bintang tersebut, masing-masing memiliki kisahnya tersendiri, entah dari usia, ukuran, hingga kekuatannya. Sama halnya dengan manusia, meski jumlahnya banyak namun tentu ada saja pembeda, ada ciri khas dan keistimewaan yang dimiliki sehingga tidak perlu merasa minder atas hal tersebut.

 

  1. Ukuran Bintang Berbeda dari Apa yang Dilihat

Jika dilihat dari bumi mungkin bintang tampak sangat kecil dan bahkan berkelap-kelip secara sekilas. Mungkin hal ini membuat banyak orang mengira bahwa ukuran bintang termasuk kecil, padahal kenyataannya tidaklah demikian.

Dari sini dapat dipetik bahwa jangan melihat sesuatu hanya dari sampulnya saja. Sebab meski bintang tampak kecil saat dilihat dari bumi, namun ternyata ukurannya jauh lebih besar dari bumi yang menjadi tempat tinggal. Sama halnya dengan manusia, jangan hanya dilihat dari sampul luarnya saja sebab setiap manusia pasti memiliki sisi dalamnya tersendiri dan memiliki potensi serta kemampuan yang besar.

Bintal ini pun ditutup dengan dua “quotes” bermakna yaitu “Kita harus meninggalkan bumi jika ingin mendekati bintang. Kita harus meninggalkan zona nyaman jika ingin mencapai impian”. “Berjuta bintang tidak pernah bersinar jika setiap saat selalu siang. Hanya di dalam kegelapan, bintang-bintang dapat terlihat terang".

 

Tim IT PA Pematang Siantar

  • 790-d-kurniawan.jpg
  • 791-d-khoirul.jpg
  • 792-d-almihan.jpg
  • 793-s-rafi.jpg
  • 794-s-munzir.jpg
  • 795-s-sahrudin.jpg