Pada Selasa, 19 April 2022 Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan Pengadilan Agama Pematangsiantar Renny Wulandary, S.E. berkesempatan membawakan tausiyah Ramadhan 1443 H di Musholla Al-Mizan selepas pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah.

 

            Dalam tausiyahnya, beliau menceritakan bahwa mahluk hidup yang berpuasa tidak hanya manusia melainkan hewan pun juga melakukan berpuasa. Diantaranya ada dua hewan yang akan beliau jelaskan dalam melakukan puasa yaitu Ular dan Ulat.

 

            Ular dalam proses hidupnya akan mengalami perubahan berupa pergantian kulit sedangkan ulat akan berpuasa ketika bermetamorfosa menjadi kupu-kupu.

Ada beberapa poin penting yang dapat diambil dari puasanya ular dan ulat :

Pertama, dari nama dan bentuk, ular sebelum dan sesudah puasa bentuknya tetap sama, sedangkan ulat setelah berpuasa akan berubah menjadi kupu-kupu, menjadi mahluk yang lebih indah.

            Lalu dari segi makanan, ular sebelum dan sesudah puasa makanannya tetap sama. Sedangkan ulat yang sebelum puasa memakan daun setelah proses puasa akan memakan sari bunga. Selanjutnya dari segi pergerakan, ular sebelum dan sesudah proses puasa tetap melata sedangkan ulat yang awalnya merayap di daun setelah melakukan puasa menjadi kupu-kupu kemudian bergerak dengan cara terbang.

 

Adapun dari segi sifat, sebelum dan sesudah puasa ular tetap menjadi pemangsa. Sedangkan ulat yang sebelumnya ia merusak dengan menggerogoti daun setelah melakukan puasa berubah menjadi membantu makhluk hidup lain penyerbukan yang berarti memberi manfaat bagi yang lain.

            Dari cerita diatas, dapat diambil pelajaran bahwa ular sebelum dan sesudah puasa sama saja, tidak ada perubahan yang lebih baik sedangkan ulat setelah puasa menjadi mahluk yang lebih baik, indah, dan memberi manfaat bagi mahluk lain. “Bagaimana dengan kita, apakah ada perubahan sebelum dan sesudah puasa?”, tanya beliau kepada para jamaah. Sebelum menutup tausiyah hari ini, Renny Wulandary berpesan “Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari kedua binatang ini agar puasa kita menjadi lebih berkah dan mampu menjadikan  kita menjadi pribadi dan hamba yang lebih baik”.

 

Tim IT PA Pematangsiantar

  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg