1

Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Dr. Drs.  Aco Nur, S.H., M.H. bersama Direktur Pembinaan Administrasi Badilag, Dr. H. Hasbi Hasan, S.H., M.H. melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Utara di Medan. Kedatangan Pak Dirjen beserta rombongan disambut oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris serta Hakim Tinggi PTA Sumatera Utara. Pak Dirjen akan memberikan pembinaan kepada Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional PTA dan Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se Sumatera Utara.

Sekitar pukul 09.30 WIB, hari Selasa, 16 Oktober 2018 Pak Dirjen dan rombongan tiba di Gedung Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Utara. Setelah beramahtamah dengan pimpinan PTA, Pak Dirjen dan rombongan menuju Aula/ruang pertemuan untuk menyampaikan pembinaan. Hadir dalam pembinaan tersebut, Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional PTA Sumatera Utara, Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se Sumatera Utara. 

2

Acara pembinaan dibuka oleh Ketua PTA Sumatera Utara, Drs. M. Taufiq HZ, M.H.I. Ketua PTA mengucapkan selamat datang kepada Pak Dirjen dan rombongan, dan menyaampaikan terima kasih karena disela-sela kesibukan beliau sebagai Dirjen berkenan hadir untuk memberikan pembinaan di PTA Sumut. Sekitar pukul 01.00 Pak Dirjen sampai di Medan setelah melakukan pembinaan di Kuala Simpang, Aceh Tamiang. Dan pagi ini berada bersama kita untuk memberikan pembinaan. Siang nanti sekitar jam 14.00 Pak Dirjen akan kembali ke Jakarta. Jadi kita sangat bersyukur pak Dirjen bisa memberikan pembinaan di PTA Sumut. Mari kita buka acara ini dengan membaca basmallah.

Pak Dirjen menyampaikan, bahwa Senin tanggal 15 Oktober 2018 tiba di Langsa dalam rangka pembinaan di wilayah Aceh, sekaligus menerima hibah tanah dari Bupati Aceh Tamiang.  PA Kuala Simpang gedungnya sudah prototype dibangun oleh MA, tetapi tanahnya adalah milik Pemda Aceh Tamiang. Gedung milik MA namun berada diatas tanah milik Pemda Aceh Tamiang sehingga ada dua institusi yang mengelola, hal ini bisa menjadi temuan BPK. Alhamdulilah atas kerjasama yang baik Bupati Aceh Tamiang bersedia menghibahkan tanah tersebut menjadi milik MA. Hal ini dapat menjadi contoh bagi PA lain yang gedungnya dibangun diatas tanah milik Pemda/Pemkab.

Beliau juga menyampaikan bahwa Badilag telah menerbitkan surat untuk penilaian kinerja Peradilan Agama. Setiap minggu pada hari Jum’at jam 10.00 WIB Badilag akan merelease penilaian kinerja peradilan agama. Penilaian dibagi 3 zona , zona 1 adalah jumlah perkara dari 1 sampai 1000. Zona 2, jumlah perkara diatas 1000 s.d. 5000. Dan zona 3 diatas 5000 perkara. Saya akan melihat dan menilai kinerja Bapak/ibu dari ruangan saya melalui aplikasi, kata Pak Dirjen. Sistem aplikasi ini dapat melihat, menilai dan mengevaluasi kinerja bapak/ibu di daerah.

 4  5

Saya ingin melihat bapak/ibu meningkatkan kinerja, bersaing secara positif dalam rangka membangun peradilan agama, berjuang agar setara dengan peradilan lain kalau bisa melebihi peradilan lainnya. Lanjut beliau, bulan ini saya baru menandatangani surat kegiatan untuk perlombaan yang tujuannya untuk membangkitkan motivasi, membimbing menuju peradilan excellent, sehingga peradilan agama tidak kalah dengan peradilan lainnya yang sudah lebih maju. Dalam rapat pimpinan MA saya sering disinggung agar kita melihat dan berkaca pada peradilan lain yang lebih maju, oleh karenanya mari kita berjuang bersama agar PA terangkat dan dipuji oleh pimpinan MA.

Adapun yang diperlombakan lanjut Pak Dirjen adalah:

Inovasi; saya melihat banyak inovasi yang diciptakan oleh peradilan agama, hal ini menunjukkan bahwa PA mempunyai kreativitas yang tinggi, PA mempunyai SDM yang mampu mengeksploitasi potensi-potensi yang ada. Inovasi ini banyak sekali, hasil dari lomba ini akan dijadikan inovasi nasional, masuk dalam SOP, menjadi barometer untuk pelaksanaan kinerja dalam melaksanakan tupoksi peradilan.

Lomba Pemberkasan Perkara di SIPP; PA akan dinilai kinerjanya dalam penyelesaian penanganan perkara sesuai waktu yang telah ditetapkan. Setiap saya berkunjung ke daerah saya sempatkan untuk mengaudit kinerja dalam penanganan perkara. Saya akan mengendalikan kinerja  peradilan agama dari ruangan  saya melalui system aplikasi, dengan system ini supaya kinerja bapak/ibu di daerah terkontrol dengan baik Saya tidak ingin system ini menjadi statis, saya ingin dinamis.

Kalau dalam dua minggu posisi PA berada dalam garis merah maka saya akan ingatkan kemungkinan bapak/ibu lagi tidur maka saya bangunkan dengan surat. SIPP merupakan sarana bagi masyarakat untuk melihat sejauhmana proses penyelesaian dari suatu perkara dengan tujuan agar kita mentaati asas peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan. Kalau saya tidak melakukan evaluasi berarti saya membiarkan dinamika yang statis, tidak akan dinamis.

Lomba Website; website adalah sarana komunikasi antara kita dengan aparat peradilan,dengan pencari keadilan,  para pemerhati dan LSM yang mengontrol itu. Website PA sudah mendapat image yang positif dari pimpinan MA, namun sekarang Website PA sudah menurun. Oleh karenanya saya membangkitkan semangat bapak/ibu sbagai leader;

PTSP; PTSP merupakan program nasional Mahkamah Agung, dan ini juga kita lombakan untuk memacu semangat bapak/ibu untuk bersaing secara sehat dalam meningkatkan kinerja agar menjadi peradilan yang excellent.

6

Sebelum Pak Dirjen menutup pembinaannya, Pak Dirjen menyampaikan hasil penilaian kinerja peradilan agama di wilayah Sumatera Utara termasuk PTA Medan. 5 Peradilan Agama terbaik dalam penerapan SIPP dan 5 Peradilan Agama terburuk dalam penerapan SIPP, juga  penilaian Website terbaik/tertinggi nilainya maupun yang terendah nilainya. Bagi peradilan Agama yang nilainya rendah dipanggil ke depan untuk diberi semangat dan motivasi untuk dapat meningkatkan kinerjanya, dan diberi “hadiah” foto bersama Pak Dirjen. (Amr)

  • 971-s-ahsin-abdul-hamid.jpg
  • 972-s-imaluddin.jpg
  • 973-s-zainal-arifin.jpg
  • 974-s-yunadi.jpg
  • 975-s-imron.jpg
  • 976-s-rokhanah.jpg
  • 977-s-zainullah.jpg
  • 978-s-nasri.png
  • 979-s-arief.png
  • 980-d-mumu.png