1

Sesuai dengan surat Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI nomor 115/Tuaka Bin/IX/2021 tanggal 3 September 2021, MA melaksanakan webinar Judicial Training During The Time of Pandemic yang melibatkan berbagai Negara di kawasan ASEAN. Sebagai penyelenggara webinar tersebut adalah Indonmesia dan Pilipina. Disebutkan, seminar ini adalah rangkaian kegiatan pertemuan ke-9 Council of ASEAN Chief Justices pada tanggal 7 Oktober 2021.

Pelaksanaan webinar bertujuan berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam penyelenggaraan pendidikan hukum dan peradilan pada masa pendemi covid-19. Dalam seminar peserta dapat berdiskusi dengan para nara sumber yaitu Prof. Walter Woon (Fakultas Hukum National University of  Singapore) dan berbagai ahli di bidang pendidikan hukum dan peradilan dari Pilipina dan Brunai Darussalam. Webinar yang digelar melalui aplikasi zoom tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (07/09) dari pukul 08.30 s.d. 12.00 Wib.

2

Adapun peserta webinar adalah Pimpinan MA dan 2 (dua) orang Hakim Agung yaitu Dr. Ibrahim, S.H., M.H. LL.M. (Kamar Perdata) dan Dr. H. Yasardin, S.H., M.H. (Kamar Agama). Selain itu, peserta yang lain adalah para Eselon I dan II MA dan Empat Lingkungan Badan Peradilan.

Selain itu, terdapat 14 Ketua pengadilan tingkat banding empat lingkungan peradilan yang menjadi peserta webinar yaitu Ketua PT DKI Jakarta, Ketua PT Surabaya, Ketua PT Medan, Ketua PT Makassar, Ketua PT Bandung, Ketua PTA DKI Jakarta, Ketua PTA Surabaya, Ketua PTA Medan, Ketua PTA Makassar, Kepala Dilmilti II Jakarta, Ketua PTTUN Jakarta, Ketua PTTUN Surabaya, Ketua PTTUN Medan dan Ketua PTTUN Makassar.

Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan merasa bersyukur ikut serta mengikuti webinar Internasional yang digagas MA tersebut. Dirinya akan mengikuti webinar dengan sebaik-baiknya. “Alhamdulillah, saya menjadi peserta webinar Internasional yang diselenggarakan MA bekerjasama dengan Pilipina,” ungkapnya tersenyum.

Sementara itu, Ketua MA Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. dalam kata sambutannya ketika membuka webinar tersebut menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya webinar Internasional tersebut. Dirinya memuji Panitia yang telah bekerja keras sehingga webinar terlaksana dengan baik dan lancar. Apalagi, katanya lagi, dalam suasana pandemi covid-19, maka webinar melalui aplikasi zoom adalah solusi yang tepat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Panitia yang telah menyelenggarakan webinar Internasional ini yang melibatkan berbagai Negara di ASEAN,” ujar H. M. Syarifuddin memuji seraya membuka webinar secara resmi. (ahp)

  • 807-d-bahrin.jpg
  • 808-d-syukron.jpg
  • 809-d-syarifuddin.jpg
  • 900-d-parlan.jpg
  • 901-s-basuni.jpg
  • 901-s-mazharuddin.jpg
  • 902-s-syaifuddin.jpg
  • 903-s-syaiful.jpg
  • 904-s-abdullah.jpg
  • 905-s-nurhayati.jpg
  • 906-s-jamaluddin.jpg