PA.Blg - Bintal Ramadhan : Menyambut Bulan Suci Ramadhan Dengan Gembira

1

Balige, selasa/ 7 Mei 2019, Aparatur Pengadilan Agama Balige melaksanakan Pembinaan Mental (BINTAL) selama bulan Ramdhan 1440 H yang dilaksanakan selesai sholat Dzuhur di mushola Pengadilan Agama Balige.

Pelaksanaan BINTAL dibuka oleh moderator, sekretaris Pengadilan Agama Balige Muliadin, S.H dan pada kesempatan ini Bintal disampaikan oleh ketua Pengadilan Agama Balige M. Shalahudin Hamdayani S.H., M.A dengan tema “Menyambut Bulan Suci Ramadhan Dengan Gembira”.

2

Sebelum memasuki bulan ramadhan para dai, ustadz, dan ulama-ulama sering mengutarakan hadist yang artinya barang siapa yang bergembira dengan datangnya bulan suci Ramadhan diharamkan api neraka baginya. Dan dibulan ramadhan di bukakan pintu-pintu rahmat dan pintu neraka akan dikunci dan para setan di belenggu didalamnya. Dan yang menjadi sumber awal bagi kita dibulan yang suci ini adalah didalam Q.S Al-Baqarah 183 yang artinya hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

Dan ayat inilah yang menjadi dasar yang sering disampaikan ustadz-ustadz untuk bagaimana menumbuhkan keimanan dalam diri kita, agar iman kita terpanggil dan tersentuh bahwasanya dibulan ramadhan ini akan menyajikan beberapa sajian dan menu yang akan membuat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Itulah dasarnya dengan begitu kita telah mengetahui bahwasanya dibulan ramadhan segala amalan yang dibuat akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT, pengetahuan awal tentang kegembiraan mendapatkan bulan ramadhan. itulah yang akan memotivasi kita akan masuknya bulan ramadhan. Oleh sebab itulah kenapa kita dituntut untuk gembira menyambut bulan ramadhan. Apa sih yang disajikan dibulan ramadhan itu sehingga kenapa kita disuruh bergembira menyambutnya. pengetahuan inilah yang mendorong kita agar beribadah lebih baik, kalau tidak ada pengetahuan ini kita tidak akan bahagia melaksanakannya, kita hanya akan mengikuti evoria masyarakat, kita hanya akan mengikuti rutinitas masyarakat. Dengan pengetahuan ini kita tahu apa yang dikemas pada bulan ramadhan itu, itulah yang memotivasi kita untuk bergembira menyambut bulan suci ramadhan ini.

marilah kita meraih tingkat yang lebih tinggi di bulan ramadhan ini sehingga kita mendapatkan rahmat( Kasih Sayang), maghfirah(Ampunan) dan itqun minan nar (pembebasan dari neraka) dari Allah SWT.(TIP)

  • 957-s-mhd-nuh.jpg
  • 958-s-yayan-liana.jpg
  • 959-s-shalahuddin.jpg
  • 960-s-masalan-bainon.jpg
  • 961-s-royid-mumtaz.jpg
  • 962-s-zubaidah-hanoum.jpg
  • 963-s-basuni.jpg
  • 964-d-muhammad-irfan.jpg
  • 965-s-eldi-harponi.jpg
  • 966-s-dian-ingrasanti.jpg