27 1 dyk6

Rantauprapat, 27 Januari 2023.

Dharmayukti Karini Cabang Rantauprapat dengan konsisten menerapkan inovasi terbarunya yaitu kegiatan Pengajian Ibu-Ibu rutin yang kali ini diselenggarakan di Pengadilan Agama Rantauprapat pada hari Jum'at tanggal 27 Januari 2023 pukul 10:00 WIB sampai dengan selesai. Pengajian diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara dan para hadirin dengan semangat melafalkan basmallah. Dalam tausiyahnya ustadzah Fauziah Nur Farida menyampaikan perlunya peningkatan iman dan taqwa seluruh keluarga. 

 

27 1 dyk1

Majelis taklim sebagaimana yang sedang dilaksanakan saat ini adalah hal yang sangat baik meski dengan cara sederhana. Berkumpul bersama, mendengarkan tausyiah dan tahsin Al-Qur'an diikuti oleh ibu-ibu dengan antusiasme yang tinggi. Seorang Ibu sebagai suri tauladan yang baik harus mampu memberi keteladanan yang soleh baik dalam hal ibadah maupun kehidupan sosial. Bekerja dengan ikhlas bersama suami dengan penuh kasih sayang, hormat menghormati untuk keharmonisan keluarga sehingga ke depan akan terwujud keluarga yang sakinah.

27 1 dyk5

Forum pengajian bagi ibu-ibu merupakan salah satu proses untuk mengaplikasikan pendidikian seumur hidup. Sebagaimana kita ketahui bahwa pendidikan ada yang berlangsung secara formal seperti di sekolah, ada yang berlangsung secara informal di rumah tangga dan ada juga yang berlangsung di masyarakat yang dapat disebut pendidikan luar sekolah. Forum yang terakhir ini tergolong ke dalam pendidikan nonformal, karena sekelompok ibu-ibu yang mengadakan pengajian apakah secara berkala mingguan, bulanan atau tiga bulanan sekali. Namun semuanya itu melakukan suatu kegiatan untuk menambah pengetahuan dan pengalamannya, dan proses ini juga disebut dengan proses pendidikan seumur hidup. Oleh karena itu belajar merupakan salah satu fungsi yang paling penting dalam hidup dan kehidupan manusia. Semua proses belajar apakah formal, informal maupun non-formal didasarkan pada kemampuan membaca. Walaupun ada yang disebut pembaca pasif yaitu membaca sekedar untuk tahu atau mengisi waktu, dan pembaca aktif`yaitu karena bacaan menjadi mampu untuk mengembangkan intelektual.

27 1 dyk3

Secara konsepsional pendidikan non-formal sifatnya sangat luas yang tidak terikat oleh waktu dan tempat serta kurikulum atau aturan-aturan formal lainnya. Oleh karena itu, forum pengajian ibu-ibu dapat dijadikan salah satu lahan pendidikan non-formal untuk meningkatkan kualitas pendidikan ibu-ibu, sekaligus mengembangkan sifat-sifat sosial sekaligus sebagai lahan pembinaan aqidah Islam. Dalam kegiatan pengajian ibu-ibu ini biasanya selain berupaya menanamkan serta memantapkan aqidah islam, juga untuk membina kerohanian yang dinamis, subur dan kuat demi pembangunan manusia seutuhnya. (Tim IT PA.Rap)

  • 779-s-alaidin.jpg
  • 780-s-sahrudin.jpg
  • 781-s-fakhruddin.jpg
  • 782-s-mnasri.jpg
  • 783-s-arief.jpg
  • 784-s-tiwi.jpg
  • 785-s-anang.jpg
  • 786-s-ramadhan.jpg