Sibolga, Kamis 19 Januari 2023, Pengadilan Agama Sibolga telah melaksanakan Sidang pemeriksaan perkara secara elektronik (e-litigasi) secara Virtual melalui Meeting Zoom. Sidang Virtual ini merupakan untuk yang pertama kali dilakukan oleh Pengadilan Agama Sibolga. Sidang Virtual kali ini dilaksanakan dan dipimpin dengan Hakim Tunggal Yakni Bapak M. Arif Sani, S.H.I. dengan didampingi oleh Ibu Asmawati Zebua, S.Ag. sebagai Panitera, dengan bantuan sidang ke Pengadilan Agama Arga Makmur Kelas 1B karena salah satu Perkara yang disidangkan pada hari ini adalah Perkara Penguasaan Anak (hadhanah), Dimana padalm Perkara tersebut Anak Pemohon dan Termohon Principal berada di Wilayah Yurisdiksi Pengadilan Arga Makmur Kelas 1B sehingga Hakim memerintahkan untuk menggelar sidang pemeriksaan secara virtual.

letigasi2

Sidang pemeriksaan perkara secara elektronik (e-litigasi) merupakan bentuk inovasi peradilan untuk memudahkan para pihak pencari keadilan dalam berperkara di Pengadilan. Sehingga memberikan kemudahan bagi para pihak pencari keadilan untuk melakukan dan mengikuti proses jalanya sebuah persidangan di tempat yang berbeda. Proses persidangan ini juga dapat dilakukan secara elektronik jugaMeliputi pertukaran dokumen persidangan yakni jawaban, replik, duplik,kesimpulan dan putusan dapat dilakukan secara elektronik. Sejalan dengan maksud dalam Perma Nomor 1 Tahun 2019.

letigasi1

Ketua Pengadilan Agama Sibolga sekaligus Hakim Tunggal dalam perkara ini, M. Arif Sani, S.H.I mengatakan bahwa ini merupakan persidangan virtual pertama yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Sibolga. “Walaupun anak dari para pihak tidak berada di wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Sibolga, perkara ini tetap dapat berjalan dengan bantuan Pengadilan Agama Arga Makmur Kelas 1B. Kami sangat bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada Pengadilan Agama Arga Makmur Kelas 1B yang telah membantu memfasilitasi jalannya persidangan secara virtual ini.

  • 790-d-kurniawan.jpg
  • 791-d-khoirul.jpg
  • 792-d-almihan.jpg
  • 793-s-rafi.jpg
  • 794-s-munzir.jpg
  • 795-s-sahrudin.jpg