Wakil Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Sri Suryada Br. Sitorus, S.H.I., dan Panitera Wahyu Kurniati Lubis, S.Ag. mengikuti Webinar Penyediaan Informasi Layanan Pengadilan Berorientasi Pengguna yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama bekerjasama dengan Family Court of Australia (FCoA) yang difasilitasi oleh Australia-Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2) pada Jum'at, 29 Juli 2022.

 

            Webinar ini dibuka resmi oleh  Direktur Jenderal Badilag, Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H.. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kegiatan webinar ini diselenggarakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan berbasis teknologi dan informasi kepada masyarakat pencari keadilan. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Federal Circuit & Family Court of Australia dam AIPJ2 yang telah meluangkan waktu untuk pengembangan pengadilan di Indonesia khususnya Peradilan Agama dalam melayani masyarakat.

Acara yang dihadiri oleh  The Hon. JudgeSuzy Christie dan  The Hon. JudgeLiz Boyle dari Federal Circuit & Family Court of Australia, Drs. H. Wahyu Widiana, M.A., Herni Sri Nurbayanti, Kate Summer dan Leisha Lister dari AIPJ2, dan secara daring hadir pula Posbakum UIN Bandung, Sentra Advokasi Perempuan Difabel dan Anak (SAPDA) dan Mitra Kerja Badilag lainnya serta seluruh satker Peradilan Agama di Indonesia.

Sekretaris Ditjen Badilag Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M.,  dan Tim IT Ditjen Badilag bertindak sebagai narasuber pada webinar ini dan dimoderatori oleh Herni Sri Nurbayanti. Paparan para narasumber ditanggapi oleh Yayasan PEKKA (Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga), Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Universitas Islam Negeri Bandung, Sentra Advokadi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA).

Dari dialog tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Badilag telah memberikan upaya terbaik dalam memberikan informasi berorientasi layanan pengguna. Serta mendorong Badilag untuk melakukan perubahan dengan masukan-masukan dari masyarakat, kelompok perempuan, penyandang disabilitas dan posbakum.

Sebelum webinar ini berakhir, The Hon. Justice Suzy Christie memberikan closing statement yaitu amat terkesan dengan yang telah dilakukan Badilag dalam memberikan pelayanan ke para pencari keadilan. Terutama dengan video Badilag mengenai layanan yang singkat dan padat akan informasi, serta bisa ditautkan pada website. Beliau juga mengakui kelebihan Ditjen Badilag dari FCFCOA yang telah berhasil menjalin kerjasama dengan berbagai organisasi untuk mendapatkan masukan. Webinar ini pun berakhir dengan saling tukar cinderamata diantar Badilag dan FCFCOA serta foto bersama.

 

 

Tim IT PA Pematang Siantar

  • 797-s-amrani.jpg
  • 798-s-syarwani.jpg
  • 799-s-asran.jpg
  • 800-s-armiwati.jpg
  • 801-s-edy.jpg
  • 802-p-rohyan.jpg